Intip Tugas dan Manfaat Telesurvey yang Dianggap Remeh

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 05 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Telesurvey juga memungkinkan adanya interaksi dengan pelanggan, yang membuat adanya interksi aktif antara pelanggan dengan agen telesurvey"

Telesurvey atau survei dengan telepon adalah survei yang proses penelitiannya dilakukan melalui lewat telepon. Sering kali dianggap remeh karena sering dianggap sebagai phone spam, yang kerap kali mengganggu waktu seseorang yang dihubungi.

Selain itu, menjadi agen telesurvey tidaklah mudah karena kerap kali pelanggan dapat menutup atau bahkan tidak mengangkat telepon sama sekali. Agen juga tidak tahu pasti apakah seseorang yang dihubunginya saat ini sedang dirumah atau sedang berada di tempat kerja.

Melihat pandangan-pandangan orang terhadap telesurvey ini yang membuat profesi ini dianggap remeh. Padahal survei bermanfaat untuk menentukan tempat, kategori usia, menentukan background, dan lain-lain.

Namun, survei tidak hanya meliputi itu saja. Banyak manfaat dari survei yang nantinya akan dibutuhkan untuk mengetahui kepuasaan pelanggan ketika Anda telah membeli suatu produk atau jasa tertentu, ataupun mengetahui target pasar saat ini.

Telesurvey juga dapat dijangkau karena biaya yang didapatkan relatif murah, dengan mekanisme yang digunakan sangatlah mudah. Lalu, telesurvey juga memungkinkan adanya interaksi dengan pelanggan, yang membuat adanya interksi aktif antara pelanggan dengan agen telesurvey ini.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas apa saja tugas dan manfaat telesurvey yang mungkin Anda belum ketahui. Simak apa saja tugas dan manfaat dari telesurvey berikut ini:

Tugas dan Manfaat Telesurvey meliputi:

  • Mengumpulkan Informasi yang Dibutuhkan

Menjadi agen telesurvey ini rupanya sangat bermanfaat bagi kelangsungan dan perkembangan sebuah bisnis atau perusahaan anda. Nantiya agen akan diutus untuk menelepon beberapa pelanggan perusahaan untuk diminta waktunya sebentar dalam mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan.

Agen telesurvey ini akan mengumpulkan pendapat dari pelanggan yang nantinya digunakan para perusahaan untuk rancangan dan rencana bisnisnya. Survei ini juga akan bermanfaat dalam mengetahui sejauh mana tingkat kepuasaan pelanggan terhadap suatu jasa atau produk, bahkan mengetahui sejauh mana tingkat kepuasaan masyarakat terhadap kepemerintahan atau trend yang sedang naik daun pada saat itu.

Cara kerja agen telesurvey ini dengan menggunakan perangkat komputer untuk merekam dan melacak respon terhadap pertanyaan. Bahkan telesurvey ini dapat dijangkau berbagai provider kartu sim sehingga dapat memudahkan jangkauan pelanggan yang menjadi bagian dari survei yang dilakukan.

  • Menganalisis Hasil dari Survey

Setelah melakukan survei, agen akan mendapatkan hasil dari jawaban-jawaban pelanggan yang diberikan. Dari hasil inilah agen akan melakukan perhitungan matematis berdasarkan, entri data, manajemen basis data, melacak penyelesaian survei, dan mendokumentasikan masalah dengan jejak pendapat.

Dari hasil yang sudah di dapatkan, agen akan membuat laporan-laporan yang berisikan hasil perhitungan survei. Hasil perhitungan survei dapat digunakan perusahaan atau bisnis untuk mengetahui kekurangan dan nantinya akan diperbaiki dikemudian hari. Lalu hasil ini juga akan mengetahui minat pasar yang saat ini terjadi, rancangan yang akan dibuat perusahaan atau bisnis dikemudian hari sehingga perusahaan atau bisnis akan semakin berkembang dan dapat menjaga kesetiaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang di tawarkannnya.

Ternyata tugas dan manfaat telesurvey ternyata tidak seremeh yang ada dipikiran kalian. Tugas dari telesurvey sendiri meliputi pengumpulan informasi dan menganalisa informasi.  Lalu, manfaat yang didapatkan dengan telesurvey ini sangat berguna bagi kelangsungan sebuah perusahaan lho! Bagaimana anda tertarik menggunakan jasa telesurvey untuk perusahaan atau bisnis kalian? Semoga artikel ini dapat membantu ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami