5 Keuntungan Melakukan Telesurvey untuk Karyawan

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 16 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Telesurvey memang biasanya ditujukan untuk pelanggan. Tetapi, aktivitas ini tidak terlalu terbatas penggunaannya"

Seperti yang kita ketahui, telesurvey memiliki peran penting bagi perusahaan. Aktivitas yang satu ini memiliki banyak keuntungan untuk perusahaan dalam mendapatkan jawaban dari responden mengenai perusahaan itu sendiri. Penggunaan aktivitas ini tidak terbatas hanya untuk dilakukan pada pelanggan saja, tetapi juga bisa dilakukan untuk mendapatkan jawaban karyawan.

Telesurvey dan Fungsinya untuk Bisnis

Bisnis merupakan suatu hal yang akan menjadi rentan jika tidak memikirkan apa yang pelanggan mereka inginkan. Banyaknya persaingan bisnis dari berbagai bidang membuat banyak perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Banyak riset yang dilakukan untuk memenuhi target pasar agar produk atau layanan jasa laku di kalangan masyarakat.

Pelanggan tentu akan lebih memiliki memakai produk dari bisnis atau perusahaan yang telah mereka ketahui sebelumnya, hal ini membuat perusahaan yang sudah memiliki merek ternama memenangkan persaingan tidak langsung ini. Untuk itu, perusahaan-perusahaan lain akan lebih memaksimalkan interaksi dan brand awareness mereka agar masyarakat dapat lebih mengenal produk atau layanan jasa yang perusahaan pasarkan.

Baca Juga: 5 Langkah Memaksimalkan Tingkat Respon pada Telesurvey Anda

Ada banyak cara agar sebuah brand bisa dikenal oleh masyarakat, salah satunya adalah dengan melakukan strategi pemasaran dengan membuat iklan dan menyebarkannya lewat televisi maupun iklan di koran. Selain itu, perusahaan juga bisa membuat survei yang dapat diisi oleh para pelanggan untuk mengetahui seberapa puas mereka terhadap produk atau layanan jasa yang mereka pakai.

Kegiatan tersebut juga bisa disebut sebagai telesurvey. Telesurvey itu sendiri adalah kegiatan dimana perusahaan akan menghubungi pelanggan untuk menanyakan beberapa pertanyaan seputar perusahaan dan produk serta layanan jasa yang mereka pasarkan. Kegiatan telesurvey ini umumnya dilakukan untuk memantau tingkatan kepuasan pelanggan kepada perusahaan. Selain itu, perusahaan juga mengadakan telesurvey adalah untuk menerima masukan dan kritikan yang membangun dari para pelanggan sehingga dapat memperbaiki sistem, kinerja, dan lainnya yang ada di perusahaan.

Telesurvey untuk Karyawan

Namun, selain untuk pelanggan, kegiatan telesurvey juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan survei keadaan internal di dalam perusahaan itu sendiri. Sebenarnya, telesurvey biasanya dilakukan untuk para pelanggan, para karyawan, hingga stakeholder yang ada di perusahaan. Namun, apa fungsi meminta karyawan untuk melakukan telesurvey? Perusahaan tentu juga berkembang dan semakin meningkat sistem serta kinerja pegawai di dalamnya bukan hanya karena pelanggan saja, melainkan juga karena masukan serta kritikan para pegawai yang bekerja di dalamnya. 

Perusahaan yang baik tentu bisa ikut mensejahterakan pegawai yang bekerja, bukan hanya meningkatkan keuntungan di pelanggan, tetapi karyawan yang bekerja di dalamnya juga tentunya harus mendapatkan keuntungan yang baik. Salah satu cara terbaik perusahaan dalam mensejahterakan pegawainya adalah dengan mendengarkan masukan yang mereka berikan agar internal yang ada di dalam perusahaan tersebut dapat lebih baik dan nyaman.

Kegiatan telesurvey biasanya juga dilakukan untuk kalangan karyawan dalam beberapa waktu sekali. Yuk, simak beberapa keuntungan melakukan telesurvey di kalangan pegawai:

  • Memberikan Hak Suara Kepada Pegawai

Ada banyak perusahaan yang tidak memberikan pilihan kepada pegawainya untuk menyuarakan hak mereka. Ini memang bukanlah hal yang baru tetapi hal ini bisa menjadi krusial karena kesejahteraan dan kebahagiaan pegawai dapat terletak pada suara yang ingin mereka berikan kepada perusahaan. Disinilah peran telesurvey diandalkan, dengan kata lain, telesurvey dapat memberikan hak suara para pekerja untuk perusahaan lewat jawaban-jawaban yang mereka katakan selama survei berlangsung.

  • Memberikan Platform untuk Mengeluarkan Keluhan

Beberapa karyawan mungkin akan takut untuk memberikan keluhan secara terang-terangan kepada manajer atau atasan mereka di perusahaan. Banyaknya sistem yang menyuruh para karyawan bungkam membuat hal ini terkadang menjadi tekanan yang semakin menumpuk di kalangan pegawai. Untuk itu, telesurvey bisa dijadikan sebuah terobosan baru yang dapat menjadikan telesurvey sebagai platform teraman untuk mengeluarkan keluhan.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Agent Telesurvey yang Baik

  • Berstatus Anonim yang Akan Memberikan Keleluasaan Kepada Pelanggan 

Meskipun kegiatan telesurvey bisa menjadi terobosan terbaru bagi karyawan dalam memberikan keluhan, ada beberapa karyawan yang mungkin tetap merasa takut untuk melakukannya. Tetapi jangan khawatir, kegiatan ini bisa didesain agar pengisian survei dilakukan secara anonim sehingga para pegawai dapat leluasa menjawab pertanyaan survei tentang perusahaan tanpa khawatir.

  • Membuka Peluang Masukan dan Saran

Perusahaan yang baik akan memberikan peluang pegawai mereka untuk memberikan masukan dan saran yang membangun sehingga bisa melakukan improvisasi dalam hal peraturan serta sistem yang lebih baik lagi.

  • Membuat Interaksi Antara Pegawai dan Perusahaan

Ada banyak perusahaan yang enggan melakukan interaksi dengan para pegawainya. Hal ini seharusnya dihindari agar perusahaan dapat melihat apakah ada sistem yang rusak atau peraturan yang kurang berkenan di antara para pegawai. Telesurvey adalah kegiatan yang cocok untuk melakukan interaksi antar perusahaan dan pegawai agar terjadi bonding yang kuat antara kedua belah pihak 

Tertarik MelakukanTelesurvey Dengan Bantuan Ivosights?

Ivosights melalui layanan Sociomile siap membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis. Dengan dukungan sumber daya manusia dan sistem yang profesional dan canggih, Ivosights akan membantu Anda dalam meningkatkan keuntungan bisnis.

Sistem contact center Sociomile dari Ivosights adalah sistem contact center dengan layanan terlengkap di bidangnya yang bertujuan untuk membantu suatu brand atau perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal secara efektif dan efisien, tidak perlu membuka berbagai platform yang berbeda-beda dalam satu waktu, Anda dapat melakukannya hanya melalui satu dashboard.

Sociomile mengintegrasikan 13 kanal digital dan voice dalam satu dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis. Hal lain yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Ivosights menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang dikembangkan secara cepat dengan dukungan tim lokal. Ayo hubungi Ivosights sekarang dan rasakan manfaat layanan Sociomile dari Ivosights segera! 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami