5 Cara Menjadi Agent Telesurvey yang Baik

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 05 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Agen harus melakukan survei dengan baik untuk mencapai tujuan dan hasil yang maksimal"

Survei menggunakan telepon atau telesurvey ini adalah proses mendapatkan data yang dilakukan melalui panggilan telepon. Telesurvey merupakan modifikasi yang menggunakan telepon yang dilengkapi data-data direktori yang berguna untuk mempermudah proses survei dilakukan.

Dalam melakukan telesurvey, ada agen yang nantinya akan berbicara langsung kepada pelanggan. Keberhasilan sebuah telesurvey tidak luput dari bagaimana agent sukses melakukan panggilan kepada pelanggan.

Mengapa agent menjadi bagian penting dalam telesurvey?

Kalian pasti tahu setiap orang bisa saja melakukan survei, tetapi perlu diingat bahwa tidak semua orang mampu melakukannya proses survei dengan baik dan benar sehingga mendapatkan respon yang diharapkan.

Bagaimana jika agent tidak bekerja dengan baik?

Apabila agen tidak bekerja dengan baik maka tujuan dari survei yang dilaksanakan tidak mendapatkan hasil yang diinginkan sehingga ketika agen gagal dalam melaksanakan survei maka agen akan memakan waktu dan biaya yang besar, karena harus menggulang dari awal lagi.

Oleh karena itu, agen haruslah melakukan survei dengan baik sehingga mendapatkan jawaban yang sesuai dengan tujuan dan agent tidak perlu menggulang semuanya dari awal lagi.

Berikut ini kami berikan beberapa cara dalam melakukan telesurvei yang baik dan efektif yang bisa agent coba, simak caranya berikut ini:

  • Membuat Rancangan Pertanyaan

Langkah pertama untuk menjadi agent telesurvey ialah menetukan terlebih dahulu tujuan dari survei ini dilakukan, setelah mengetahui agent bisa merincikan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang nantinya akan ditanyakan kepada pelanggan.

Dalam menuliskan pertanyaan buatlah sesingkat dan sejelas mungkin, buatlah dalam kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami karena dengan begini agent akan lebih mudah mengerti maksud dari pertanyaan yang diberikan. Pertanyaan yang dibuat pastikan tidak ada kalimat yang mengandung opini pribadi, karena dalam survei pertanyaan yang digunakan haruslah relevan.

  • Mengumpulkan Data-Data

Pelanggan Ketika produk atau jasa laku dipasarkan maka perusahaan akan memiliki data-data pelanggannya. Data inilah yang digunakan agen untuk melakukan telesurvey.

  • Mengingat Nama Responden

Sebelum melakukan panggilan sebaiknya mengingat nama calon pelanggan dengan baik dan jangan sampai salah dalam mengucapkan nama. Hal ini, membuat calon pelanggan merasa nyaman dan tertarik untuk melanjutkan pembicaraan yang lebih dalam lagi.

  • Meyakinkan Responden

Kebanyakan orang tidak tertarik menjadi responden ialah karena mereka takut data mereka tersebar ke mana-mana. Untuk itu, langkah selanjutnya agent bisa meyakinkan bahwa data responden akan aman di tangan agen. Berikan penjelasan bahwa apa yang agen lakukan ini bersifar privat dan berada dibawah perusahaan yang produknya pelanggan gunakan.

  • Mencatat Respon yang Diterima

Keberhasilan sebuah survei tidak luput dari respon yang diberikan pelanggan kepada perusahaan. Agen haruslah mencacat setiap respon yang diberikan pelanggan. Dengan respon inilah nantinya agen bisa menganalisa lebih jauh mengenai keluhan dan saran apa saja yang diberikan pelanggan, dan mengetahui sejauh mana tingkat kepuasaan pelanggan terhadap produk atau layanan yang diberikan.

Nah itu dia cara menjadi agen yang baik ketika melakukan telesurvey. Hal tersebut dilakukan agar agen mendapatkan jawaban yang sesuai dengan tujuan survei dilaksanakan dan agen tidak perlu menggulang semuanya dari awal lagi. Semoga artikel ini bisa membantu ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami