Urutan Prioritas Prospek Telesales, Fungsi serta Tips Menanganinya

Sociomile

,

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Jumat, 20 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Mengelompokkan prospek dalam urutan prioritas memungkinkan perusahaan untuk fokus pada prospek yang paling potensial"

Urutan prioritas prospek telesales adalah sistem pengelompokan prospek yang digunakan oleh perusahaan untuk menentukan siapa yang harus di kontak terlebih dahulu oleh tim telesales mereka. Prospek telesales dikelompokkan berdasarkan kriteria seperti kecocokan produk atau jasa, tingkat kebutuhan, kemampuan untuk membeli, dan tingkat keaktifan dalam berkomunikasi dengan perusahaan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk fokus pada prospek telesales yang paling potensial dan meningkatkan efisiensi dan hasil dari aktivitas telesales mereka.

Tiap tingkat prioritas prospek telesales tentunya harus yang ditangani dengan cara yang berbeda-beda. Sebab, masing-masing prospek telesales memiliki variabel yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dalam artikel ini Ivosights sebagai penyedia layanan contact center Sociomile yang sudah berpengalaman menangani banyak klien akan memberikan berbagai informasi mengenai urutan prioritas prospek telesales dan bagaimana cara menghadapinya untuk Anda.

Baca Juga: Pengertian dan Tugas Telesales dalam Bisnis

Apa Itu Urutan Prioritas Prospek Telesales dan Mengapa Penting?

Urutan prioritas prospek telesales adalah sistem pengelompokan prospek telesales  yang digunakan oleh perusahaan untuk menentukan siapa yang harus di kontak terlebih dahulu oleh tim telesales mereka. Prospek telesales dikelompokkan berdasarkan kriteria seperti kecocokan produk atau jasa, tingkat kebutuhan, kemampuan untuk membeli, dan tingkat keaktifan dalam berkomunikasi dengan perusahaan.

Mengelompokkan prospek telesales dalam urutan prioritas memungkinkan perusahaan untuk fokus pada prospek telesales yang paling potensial dan meningkatkan efisiensi dan hasil dari aktivitas telesales mereka. Hal ini membuat tim telesales dapat menghabiskan waktu dan usaha mereka pada prospek telesales yang paling mungkin untuk menjadi pelanggan yang sebenarnya, sehingga meningkatkan peluang penjualan.

Selain itu, urutan prioritas prospek telesales juga membantu perusahaan untuk mengalokasikan sumber daya mereka dengan lebih efektif. Hal ini mengarah pada penggunaan sumber daya telesales yang lebih efisien dan meningkatkan efektivitas dari aktivitas telesales.

Urutan prioritas prospek telesales juga membantu perusahaan untuk mengukur kinerja tim telesales. Ini memungkinkan perusahaan untuk menentukan tingkat keberhasilan dari aktivitas telesales dan mengevaluasi strategi yang digunakan. Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasinya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Software Call Center

Urutan Prioritas Prospek Telesales

Urutan prioritas prospek telesales dapat bervariasi tergantung pada industri dan tujuan penjualan, namun beberapa urutan prioritas yang umum digunakan adalah:

  1. Prospek telesales yang sesuai dengan profil target: Prospek telesales yang memenuhi kriteria demografis, geografis, dan industri yang sesuai dengan produk atau layanan yang dijual oleh agen telesales.
  2. Prospek telesales yang memiliki kebutuhan yang jelas: Prospek telesales yang telah menunjukkan minat atau kebutuhan akan produk atau layanan yang dijual oleh agen telesales.
  3. Prospek telesales yang memiliki dukungan dari perusahaan: Prospek telesales yang mendapatkan dukungan dari perusahaan, seperti rekomendasi atau persetujuan untuk mengejar prospek telesales tersebut.
  4. Prospek telesales yang sudah dikenal: Prospek telesales yang sudah pernah dikenal oleh perusahaan atau yang sudah pernah berinteraksi dengan perusahaan.
  5. Prospek telesales yang baru: Prospek telesales yang baru ditemukan atau belum pernah dikenal oleh perusahaan.
  6. Prospek telesales yang tidak sesuai: Prospek telesales yang tidak memenuhi kriteria demografis, geografis, atau industri yang sesuai dengan produk atau layanan yang dijual oleh agen telesales.

Ini hanya contoh umum dan urutan prioritas prospek telesales yang dapat disesuaikan sesuai dengan tujuan penjualan telesales dan kondisi pasar yang berlaku.

Tips Menangani Prospek dari Tiap Urutan Prioritas

Cara untuk prospek telesales dari tiap urutan prioritas adalah dengan cara mengoptimalkan panggilan telesales pada prospek yang paling mungkin untuk membeli. Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara:

  1. Mengatur skor prospek telesales: Agen telesales dapat menentukan skor prospek telesales berdasarkan kriteria seperti profil target, kebutuhan, dukungan dari perusahaan, dan persetujuan untuk bertemu dengan sales. Kemudian, Anda dapat mengelompokkan prospek berdasarkan skor tersebut dan fokus pada prospek dengan skor tertinggi.
  2. Mengevaluasi tingkat kebutuhan prospek telesales: Agen telesales dapat mengevaluasi tingkat kebutuhan prospek telesales dengan melakukan riset pasar dan menganalisis data prospek. Prospek telesales dengan kebutuhan yang jelas akan lebih mungkin untuk membeli produk atau layanan yang dijual oleh agen telesales.
  3. Mengidentifikasi prospek telesales yang memiliki dukungan dari perusahaan: Prospek telesales yang memiliki dukungan dari perusahaan mereka akan lebih mungkin untuk melanjutkan proses pembelian. Agen telesales dapat mengidentifikasi prospek yang memiliki dukungan dari perusahaan dengan mengevaluasi data prospek dan melakukan riset pasar.
  4. Mempersiapkan skrip yang baik dan konten yang berkualitas: Agen telesales dapat meningkatkan keefektifan telesales dengan menyiapkan skrip yang baik dan konten yang berkualitas untuk membuat prospek merasa yakin dan tertarik untuk melanjutkan proses pembelian.
  5. Menggunakan teknologi: Agen telesales dapat menggunakan teknologi seperti software CRM untuk membantu dalam mengelola dan menganalisis data prospek. Ini akan memudahkan Agen telesales dalam mengelompokkan prospek berdasarkan skor dan tingkat kebutuhan, serta membantu dalam mengidentifikasi prospek yang memiliki dukungan dari perusahaan.

Baca Juga: 8 Kemampuan dan Keterampilan yang Wajib Dimiliki Telesales

Tertarik Memiliki Layanan Telesales Profesional di Perusahaan Anda?

Tertarik memiliki tim telesales untuk memajukan penjualan produk dan jasa dari perusahaan Anda? Jika iya, Anda berada di halaman yang tepat. Ivosights melalui layanan Sociomile siap membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis. Dengan dukungan sumber daya manusia dan sistem yang profesional dan canggih, Ivosights akan membantu Anda dalam meningkatkan keuntungan bisnis.

Sistem contact center Sociomile dari Ivosights adalah sistem contact center dengan layanan terlengkap di bidangnya yang bertujuan untuk membantu suatu brand atau perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal secara efektif dan efisien, tidak perlu membuka berbagai platform yang berbeda-beda dalam satu waktu, Anda dapat melakukannya hanya melalui satu dashboard.

Sociomile mengintegrasikan 12 kanal digital dan voice dalam satu dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis. Hal lain yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Ivosights menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang dikembangkan secara cepat dengan dukungan tim lokal. Ayo hubungi Ivosights sekarang dan rasakan manfaat layanan Sociomile dari Ivosights segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami