Pengertian dan Tugas Telesales dalam Bisnis

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 14 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock

"Telesales yaitu agent bekerja dengan tujuan untuk untuk menjual produk atau layanan perusahaan melalui media telepon."

Dalam Marketing, tidak hanya melakukan penjualan secara tatap muka, namun, bisa dilakukan dengan melalui media telepon. Bidang ini disebut dengan Telesales. Telesales yaitu suatu kegiatan yang dilakukan dengan telepon untuk menjual produk atau jasa secara langsung kepada calon pelanggan. Profesi ini tentunya sangat dibutuhkan bagi perusahaan karena terkait bagi pemasaran. Apa sih Telesales itu? Pada artikel kali ini akan membahas tentang pengertian, jenis, tugas pada Telesales dalam bisnis.

Apa Itu Telesales

Seperti yang disebutkan pada sebelumnya, telesales yaitu agent bekerja dengan tujuan untuk untuk menjual produk atau layanan perusahaan melalui media telepon. Para agent ini diharuskan untuk menjangkau calon pelanggan secara langsung untuk menggaet mereka membeli produk atau jasa yang telah ditawarkan dari perusahaan.

Telesales biasanya bekerja dengan target perusahaan, terkadang mereka membuat strategi penjualan dengan membnagun koneksi yang kuat dengan calon pelanggan. Agent akan berfokus pada keinginan dan kebutuhan calon pelanggan, daripada menggunakan strategi tradisional yang dinilai sudah kurang efektif.

Jenis-jenis Telesales

Pada umumnya, Telesales itu terdapat dua jenis yang ada di perusahaan. Apa saja jenis telesales? Berikut adalah jenis-jenisnya:

#1 Inbound Telesales

Pada jenis inbound telesales, agent memiliki tanggung jawab untuk menerima panggilan dari pelanggan. Agent biasanya bertugas untuk menjawab semua pertanyaan atau keluhan yang dialami oleh pelanggan. Tujuan ini utamanya untuk menciptakan rasa kepercayaan antara pelanggan dan perusahaan.

#2 Outbound Telesales

Jenis outbound telesales, agent melakukan tugasnya untuk menghubungi calon pelanggan yang sudah ter-target sesuai dengan profil kebutuhan perusahaan. Biasanya, pada tim outbound mereka diberi daftar nama beserta background dari calon pelanggan yang diperlukan untuk mereka hubungi dan menawarkan produk atau jasa milik perusahaan.

Tanggung Jawab Telesales

Tugas dan tanggung jawab seorang agent telesales berdasar dari perolehan hingga penjualan langsung dan hubungannya dengan pelanggan. Seorang agent akan memastikan pelanggan cukup puas dan ingin untuk terus membangun koneksi dengan perusahaan. Berikut ini merupakan tugas dan tanggung jawab telesales:

#1 Lead Generation

Lead generation yaitu tugas penting bagi telesales yang dapat mempengaruhi kesuksesan tim. Mengapa? Fokus ini sangat efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan baru. Agent akan menghubungi calon pelanggan yang telah menanggapi iklan dalam perusahaan. Nantinya, mereka akan mengajukan beberapa pertanyaan ke calon pelanggan terkait apakah mereka berminat atau tidak. Setelah itu, agent bisa meneruskan calon pelanggan kepada tim sales untuk ditindaklanjuti.

#2 Direct Sales

Tugas dan tanggung jawab pada telesales selanjutnya yaitu menghubungi calon pelanggan untuk menawarkan produk atau jasa yang baru dari perusahaan. Biasanya, mereka menggunakan database perusahaan untuk mengidentifikasi pelanggan yang sebelumnya pernah membeli sebuah produk. Tujuan pada direct sales yaitu untuk melakukan penjualan langsung guna meningkatkan angka penjualan dan mengurangi biaya operasional.

#3 Order Processing

Kemungkinan, seorang manajer sales meminta kepada agent untuk mengelola produk dari pelanggan yang bisa disebut dengan order processing. Hal ini dilakukan untuk mengurangi waktu yang terpakai untuk pembelian yang berulang dan difokuskan untuk mengembangkan koneksi bisnis yang baru.

Agent Telesales bisa menawarkan produk atau layanan tambahan kepada pelanggan saat mereka menelepon untuk membuat pesanan.

#4 Customer Service

Tugas agent Telesales juga melaksanakan sebagai customer service dan merupakan hal yang penting. Mengapa? Kegiatan ini juga merupakan langkah yang jitu untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Tiap harinya, agent melakukan panggilan dengan pelanggan untuk memeriksa informasi detail mereka dan memperbarui catatan kontak pada database perusahaan. Tak hanya itu, agent juga harus memberi informasi ke pelanggan terkait produk atau layanan baru yang relevan dengan kebutuhan mereka.

Itu dia tentang telesales seperti pengertian, jenis, dan tanggung jawabnya. Seperti sales lain pada umumnya yang menjual produk atau jasa, telesales lebih bekerja di belakang karena menggunakan media telepon. Walaupun hanya menjual produk melalui telepon, nyatanya Telesales merupakan salah satu profesi yang ikut membantu dalam menyukseskan bisnis perusahaan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami