Mengenal Apa Itu Software Call Center

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 21 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Call center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Call center. Shutterstock.

"Software call center merupakan solusi digital yang mampu membantu dalam bisnis untuk mengelola hubungan dengan pelanggan melalui telepon."

Saat Anda menjalankan sebuah bisnis terutama pada bidang pemasaran, tentunya membutuhkan seorang agent yang selalu stand by di depan telepon. Hal tersebut merupakan langkah untuk menjangkau pelanggan entah agent yang menelepon pelanggan atau pelanggan yang menelepon agent perusahaan. Agent call center sendiri akan yang akan membantu pelanggan ketika ada kendala pada produknya.

Walaupun agent call center biasanya bekerja dengan telepon, tahukah Anda bahwa agent call center membutuhkan sebuah software. Software apa sih yang dimaksud? Yuk simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Software Call Center

Software call center merupakan solusi digital yang mampu membantu dalam bisnis untuk mengelola hubungan dengan pelanggan melalui telepon. Software call center juga mampu dalam melakukan pekerjaan tim agent call center karena menyediakan informasi untuk prospek dan pelanggan. Alat ini juga mampu membantu proses dalam telepon lainnya seperti telemarketing, telesales, dan lain-lain.

Layanan ini mendistribusikan panggilan dari pelanggan ke agent sesuai dengan dengan alur yang disesuaikan dengan adanya fitur Automatic Call Distribution (ACD). Dengan adanya teknologi tersebut, agent call center dapat bekerja dengan maksimal dalam memberikan layanan dan respon ke pelanggan dengan bantuan yang cepat kepada prospek dan pelanggan bisnis. Software call center juga dapat membantu agent dalam melakukan panggilan inbound calling dan outbound calling.

Pentingnya Software Call Center Bagi Bisnis

Biasanya beberapa perusahaan memiliki sejumlah divisi yang dapat berkomunikasi dengan pelanggan atau klien, namun pembicaraan antara pelanggan dengan agent kerap terkendala beberapa masalah sehingga tidak terjadinya interaksi.

Hal tersebut mungkin saja karena pada beberapa divisi terkendala karena beratnya pekerjaan mereka. Sedangkan pelanggan juga tidak memiliki waktu yang banyak ketika menyampaikan pertanyaan atau uneg-uneg terhadap produk. Software call center dinilai penting karena menjadi solusi yang tepat untuk menangani masalah tersebut.

Jenis Pada Software Call Center

Software Call Center memiliki beberapa jenis, lho. Apa saja? Berikut adalah jenis-jenisnya:

#1 On-premise Call Center Software

Jenis pertama yaitu on-premise call center software. Software jenis ini merupakan perangkat lunak yang bersifat lokal karena hanya dipasang di kantor. Keuntungan pada software ini karena mampu dalam mempertahankan kendali atas data dan sistem yang terintegrasi karena tersimpan di satu lokasi yang sama. Jenis ini sangat strategis pada bisnis yang perlu data lokal punya ahli IT yang dapat memelihara dan menjaga perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur.

#2 Hosted Call Center Software

Software jenis ini merupakan perangkat luas yang host-nya ada di luar situs dan dapat diakses dengan jaringan yang mungkin tanpa menggunakan internet. Dengan software ini, layanan pada call center dapat memiliki akses pada infrastruktur Call center. Kecuali pada terminal agent yang platformnya di host di luar lokasi.

#3 Cloud Base Call Center Software

Dari namanya saja sudah ‘cloud’ yang berarti perangkat lunak ini diakses dimana saja selama ada dan terhubung dengan internet. Dengan adanya perangkat lunak ini, agent dapat menyimpan data secara mudah ke internet melalui cloud database pusat. Selain itu, perangkat lunak ini dikelola oleh provider sehingga Anda tidak perlu memiliki staf IT khusus untuk memelihara sistem.

#4 Browser Based Call Center

Jenis yang terakhir yaitu browser based call center. Perangkat lunak ini merupakan layanan call center yang berbasis web dalam browser. Perangkat lunak ini menyediakan fitur pada call center yang ada di browser dan tentu aksesnya memerlukan internet.

Nah, itu dia penjelasan tentang Software Call Center yang terdiri dari pengertian, pentingnya dalam bisnis, dan jenis-jenisnya. Software call center merupakan teknologi yang tentunya dapat mempermudah pekerjaan agent call center pada perusahaan Anda. Ini juga merupakan hal penting karena agent dapat menyimpan riwayat panggilannya dengan menggunakan software. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami