Simak Kekurangan dari Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 17 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Setiap pekerjaan tidak selalu sempurna, masing-masing dari itu memiliki kekurangannya tersendiri, termasuk telesales"

Ada banyak pekerjaan yang memerlukan pelatihan cukup lama agar hasil kerja kedepannya dapat membuahkan hasil yang cukup baik dan signifikan. Namun, kesempurnaan tidak dapat dipastikan oleh siapapun. Ada banyak kekurangan dan kesalahan yang dapat terjadi di masa depan meskipun karyawan telah mendapat bekal yang cukup dari sebuah sesi pelatihan, sama seperti telesales. Tidak sampai di situ, telesales juga seringkali tidak mendapatkan peningkatan yang signifikan terhadap apa yang telah dicapai semasa bekerja.

Banyak yang mengetahui bahwa telesales memiliki segudang pelatihan sebelum ditugaskan pada posisi tersebut. Akan tetapi, tentu saja ada beberapa kekurangan yang dihadapi oleh para telesales saat mengerjakan pekerjaan mereka. Dalam artikel ini, kami akan membahas apa saja kekurangan yang ada pada telesales lebih detail. Simak penjelasannya di bawah.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Customer Relationship Management pada Telesales

Kekurangan Telesales

  • Ketergantungan pada konsumen

Meskipun terlihat hanya sebatas menawarkan produk atau layanan jasa pada konsumen, telesales sebenarnya memiliki pekerjaan yang bukan hanya sebatas itu. Adanya ketergantungan pada konsumen tentang apa yang mereka jual menjadi kekurangan yang paling terlihat untuk pekerjaan ini. Maksud dari ketergantungan pada konsumen adalah panggilan telepon selalu memungkinkan untuk tidak diangkat pada jam-jam tertentu.

Selain itu, ada banyak orang yang tidak menginginkan produk atau layanan jasa yang sedang ditawarkan oleh telesales terutama jika saat waktu panggilan mereka tidak membutuhkannya. Hal ini menjadi kekurangan yang tentu saja sedikit merugikan kinerja dan performa karyawan telesales karena sulit untuk menutup penjualan. Meskipun sudah memiliki strategi yang baik, kemauan dan persetujuan konsumen pada suatu barang atau produk tidak selalu dapat dipastikan.

  • Pelatihan yang lama

Menjalankan tugas menjadi telesales merupakan tugas yang tidak mudah. Bukan hanya karena harus berinteraksi dengan banyak orang dengan berbagai macam kepribadian, tetapi juga butuh waktu yang lama untuk dilatih sebagai telesales. Pelatihan yang digunakan pun tidak sembarangan, selain itu juga butuh seleksi yang tepat untuk karyawan yang ingin bergabung dalam tim pemasaran ini.

Pelatihan yang lama ini sangat berguna untuk memberikan pengalaman profesional yang baik bagi telesales agar mampu mengatasi segala macam bentuk kritikan maupun respon dari pelanggan. Selain itu, pelatihan ini juga dimaksudkan agar telesales mampu beradaptasi dengan baik saat melakukan pekerjaan sehingga tidak kaget saat berhadapan langsung dengan calon pelanggan.

  • Tergantikan oleh media sosial

Bukan sebuah hal baru lagi jika perusahaan saat ini lebih memilih media sosial sebagai tempat untuk mengomersilkan produk atau layanan jasa yang mereka miliki. Keberadaan telesales saat ini sebenarnya sedikit terancam karena media sosial mempermudah perusahaan dalam pemasaran dan menghemat biaya. Tidak dipungut biaya saat membuat akun media sosial pun menjadi alasan kuat mengapa telesales saat ini tergantikan.

Selain itu, akan lebih mudah untuk menawarkan barang serta layanan jasa lewat iklan-iklan yang masuk secara otomatis ke dalam beranda media sosial orang-orang.Selain itu, akan lebih mudah untuk melakukan interaksi sosial lewat pesan-pesan yang ada di media sosial perusahaan sehingga dapat dengan mudah memantau siapa saja yang sudah menjawab atau mengirimkan pesan baru.

Baca Juga: 6 Langkah Sukses Penjulan Telesales

  • Kebanyakan orang menggunakan penyaring panggilan

Kekurangan lain dari telesales adalah sering kali dianggap nomor spam yang iseng. Bukan sekali dua kali, nomor panggilan telesales diabaikan karena dianggap terlalu sering menelepon padahal bisa jadi nomor asing yang menelepon sebelumnya adalah telesales dari perusahaan lain. Hal ini tentu sangat mengganggu bagi kebanyakan orang sehingga penyaring panggilan adalah solusi terbaik di masa sekarang.

Selain itu, banyaknya modus penipuan yang mengatas namakan perusahaan-perusahaan besar semakin marak terjadi. Orang-orang sudah mulai waspada akan hal ini dan semakin menambah keamanan pada ponsel mereka. Sayangnya, telesales terkena imbas dari teknologi maju yang satu ini. Keberadaannya mulai sering dianggap mengganggu dan berakibat pada pembubaran tim karena dianggap sudah tidak terlalu penting.

  • Tergantung pada script

Tidak semua produk atau layanan jasa dapat dipasarkan lewat telepon menggunakan improvisasi. Telesales memiliki batas kemampuan dalam mengingat beberapa barang dan deskripsi produk tertentu sehingga banyak dari mereka yang membutuhkan script untuk mengatasi masalah ini. Namun, ini adalah kekurangan lainnya yang dapat menghambat kinerja mereka saat bekerja.

Ketergatungan pada script bisa menjadikan percakapan antara pelanggan dan perusahaan jadi monoton dan terkesan tidak seru. Ini bisa berdampak pada kemauan pelanggan dalam menentuka apakah mereka menginginkan membeli produk perusahaan atau tidak. Selain itu, ketergantungan pada script juga bisa menjadi alasan seorang telesales tidak terlalu mengerti pada produk yang mereka sedang jelaskan. Ini tentu saja dapat berakibat fatal jika ada pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan tapi tidak bisa dijawab dengan lancar oleh seorang telesales. 

Itulah beberapa daftar kekurangan telesales yang telah kami rangkum di atas. Meskipun begitu, pekerjaan ini tentu memiliki porsi tersendiri pada zaman sekarang di banyak perusahaan. Namun, ada banyak kelebihan lain pada telesales yang dapat kamu cari di internet.

Alihkan dengan Sociomile!

Permasalahan di atas dapat dengan mudah kamu atasi dengan mengalihkan telesales kamu ke Sociomile! Dengan menggunakan layanan dari Ivosights, perusahaanmu dapat dengan mudah mengomersilkan barang atau layanan jasa kepada calon pelanggan. Perusahaan juga dapat dengan mudah melakukan interaksi otomatis menggunakan chatbot sehingga urusan komersil dapat terselesaikan dalam waktu singkat. Tunggu apalagi? Ayo beralih menggunakan SocioMile dan hubungi call center kami sekarang juga! 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami