Apa Saja Hal yang Dievaluasi Dari Kinerja Telesales? Yuk Simak Disini!

Sociomile

,

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Kamis, 12 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Evaluasi kinerja telesales ini penting dilakukan untuk membuat perbaikan dan meningkatkan kinerja penjualan perusahaan"

Telesales adalah teknik penjualan yang dilakukan melalui telepon. Dalam teknik ini, seorang sales atau penjual menghubungi calon pelanggan dengan tujuan untuk menjual produk atau layanan yang ditawarkan. Sales akan menggunakan script yang telah ditentukan untuk menjelaskan produk atau layanan, menanyakan kebutuhan calon pelanggan, menawarkan solusi, dan menyelesaikan transaksi. Telesales biasa digunakan untuk menjangkau calon pelanggan yang berada di wilayah yang jauh atau yang sulit dijangkau secara fisik.

Mengapa Kinerja Telesales Harus Diukur?

Kinerja telesales perlu diukur karena beberapa alasan penting, diantaranya:

  1. Untuk menentukan efektivitas penjualan: Melalui pengukuran kinerja telesales, perusahaan dapat mengetahui seberapa efektif sales dalam menjual produk atau layanan. Ini sangat penting untuk menentukan apakah strategi penjualan yang digunakan efektif atau perlu diperbaiki.
  2. Untuk mengevaluasi kinerja individu sales: Pemantauan kinerja telesales juga memungkinkan perusahaan untuk mengevaluasi kinerja individu sales. Ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi sales yang berkinerja baik dan memberikan dukungan yang diperlukan bagi sales yang kurang berkinerja.
  3. Untuk mengukur pengaruh investasi: Perusahaan dapat mengukur pengaruh investasi yang dilakukan untuk mendukung penjualan melalui telesales. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengukur manfaat dari investasi dalam hal penjualan dan menentukan apakah investasi tersebut layak atau tidak.
  4. Untuk mengukur kualitas layanan: Kinerja telesales juga dapat digunakan untuk mengukur kualitas layanan yang diberikan oleh sales. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengevaluasi apakah sales memberikan layanan yang baik dan profesional kepada pelanggan
  5. Untuk mengukur customer satisfactions: Dengan mengukur kinerja telesales, perusahaan dapat menentukan tingkat kepuasan pelanggan dan mengambil tindakan untuk meningkatkan kualitas layanan.

Baca Juga: Manfaat Call Center Bagi Perusahaan

Apa Saja Hal yang Dievaluasi Dari Kinerja Telesales?

Evaluasi kinerja telesales ini penting dilakukan untuk membuat perbaikan dan meningkatkan kinerja penjualan perusahaan. Beberapa hal yang dievaluasi dari kinerja telesales adalah sebagai berikut:

  1. Jumlah panggilan yang dibuat: Ini mengukur aktivitas sales dalam mencari potensi pelanggan.
  2. Tingkat respon: Ini mengukur seberapa baik sales dalam menanggapi panggilan yang diterima dan membuat percakapan yang efektif.
  3. Tingkat penutupan: Ini mengukur seberapa baik sales dalam menyelesaikan transaksi penjualan atau menyelesaikan proses penjualan.
  4. Tingkat penjualan: Ini mengukur jumlah produk atau layanan yang terjual atau nilai penjualan yang dihasilkan.
  5. Tingkat kepuasan pelanggan: Ini mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diterima dari sales
  6. Tingkat produktivitas: Ini mengukur seberapa efisien waktu yang digunakan oleh sales dalam menjual produk atau layanan.
  7. Retention: Ini mengukur seberapa baik sales dalam mempertahankan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada
  8. Cost per sale : Ini mengukur biaya yang dikeluarkan per penjualan yang tercapai.
  9. Pengetahuan produk: Ini mengukur seberapa baik sales dalam menjelaskan produk atau layanan yang ditawarkan dan menjawab pertanyaan pelanggan tentang produk.
  10. Etika penjualan : Ini mengukur tingkat profesionalisme sales dalam berinteraksi dengan pelanggan dan mengikuti aturan etika penjualan yang berlaku.

Mengukur kinerja telesales sangat penting bagi perusahaan untuk menentukan efektivitas penjualan dan untuk mengevaluasi kinerja individu sales, mengukur pengaruh investasi, mengukur kualitas layanan dan mengukur customer satisfaction. Dengan demikian akan memberikan gambaran yang jelas bagi perusahaan untuk mengetahui kondisi penjualan saat ini dan membuat strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja penjualan.

Baca Juga: Kekurangan dan Kelebihan Telemarketing

Ingin Memajukan Bisnis Anda Dengan Dukungan Telesales Profesional?

Tertarik memiliki tim telesales untuk memajukan penjualan produk dan jasa dari perusahaan Anda. Jika iya, Anda berada di halaman yang tepat. Ivosights melalui layanan Sociomile siap membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis. Dengan dukungan sumber daya manusia dan sistem yang profesional dan canggih, Ivosights akan membantu Anda dalam meningkatkan keuntungan bisnis.

Sistem contact center Sociomile dari Ivosights adalah sistem contact center dengan layanan terlengkap di bidangnya yang bertujuan untuk membantu suatu brand atau perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal secara efektif dan efisien, tidak perlu membuka berbagai platform yang berbeda-beda dalam satu waktu, Anda dapat melakukannya hanya melalui satu dashboard.

Sociomile mengintegrasikan 12 kanal digital dan voice dalam satu dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis. Hal lain yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Ivosights menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang dikembangkan secara cepat dengan dukungan tim lokal. Ayo hubungi Ivosights sekarang dan rasakan manfaat layanan Sociomile dari Ivosights segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami