7 Cara Meningkatkan Penjualan yang Efektif dan Ampuh

Sociomile | Rabu, 14 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Penjualan. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Penjualan. Shutterstock.

Angka penjualan yang kian meningkat pasti menjadi tolak ukur kesuksesan bagi setiap perusahaan. Namun untuk meningkatkan penjualan, perusahaan perlu melakukan beberapa strategi yang tepat dan cemerlang. Nah pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan penjualan yang jitu dan efektif? Simak pada pembahasan berikut ini! Berikut beberapa cara meningkatkan penjualan yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda, di antaranya yaitu:

#1 Menjaga Kualitas Produk

Ini merupakan cara meningkatkan penjualan yang paling penting. Kualitas produk merupakan prioritas utama baik dari sisi konsumen maupun produsen. Produsen harus memastikan kualitas produknya tetap baik, sebab konsumen lebih tertarik terhadap produk yang unggul dalam segi kualitas. Semakin banyak yang tertarik membeli produk yang berkualitas tersebut, maka secara otomatis nilai penjualan dapat meningkat.

#2 Memberikan Pelayanan yang Unggul

Jika perusahaan anda berfokus menjual jasa, maka Anda harus memberikan pelayanan yang unggul terhadap konsumen. Buatlah konsumen merasa terpenuhi ekspektasinya terhadap pelayanan yang diberikan! Jika mengalami kendala, bantulah permasalahan mereka melalui semacam customer service atau customer support. Dengan begitu, konsumen akan merasa puas dan akan terus memakai layanan Anda.

#3 Membuat Konsumen Puas dan Loyal

“Pembeli adalah raja”, ungkapan tersebut memang mewakilkan keadaan di dalam kegiatan bisnis. Kepuasan konsumen harus dijaga oleh perusahaan. Perusahaan tidak boleh membuat kecewa konsumen di saat mereka memakai produknya. Perusahaan bisa menjaga kepuasan konsumen dengan cara menjaga kualitas produk atau memberikan pelayanan yang prima. Dengan dua hal tersebut, kesan emosional konsumen akan baik dan mereka merasa dihargai.

Konsumen yang merasa puas akan cenderung melakukan pembelian ulang. Konsumen yang puas juga bisa berubah menjadi konsumen loyal. Konsumen yang loyal akan tetap terus menggunakan produk yang bersangkutan secara repetitif. Konsumen yang loyal juga akan rela merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Dan semua hal tersebut bisa berpotensi meningkatkan penjualan.

#4 Membuat Promo Menarik

Siapa konsumen yang tidak tertarik dengan promo? Pemberian promo atau diskon menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan yang efektif. Dengan memberikan promo semisal “Buy 2 Get 1”, hal tersebut akan memancing konsumen untuk membeli produk promo tersebut. Apalagi jika promo tersebut berlaku pada batas waktu tertentu atau pada hari spesial, dijamin produk Anda akan banyak dibeli oleh konsumen dan penjualan pun dapat meningkat.

#5 Memanfaatkan Media Periklanan

Media periklanan sekarang terbagi menjadi media offline dan online. Dalam dua media tersebut, Anda harus pintar memanfaatkan peluang agar iklan yang Anda sebarkan dapat menjaring banyak konsumen dan meningkatkan penjualan. Pada media offline, Anda bisa memanfaatkan media cetak seperti memasang iklan pada koran, majalah, atau membuat brosur. Anda juga bisa memanfaatkan media seperti billboard atau reklame yang biasa dipasang pada tempat-tempat publik. Media semacam itu terbukti bisa memancing awareness orang banyak. Tetapi untuk memasang iklan pada media offline, biasanya Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Namun, masih ada satu media periklanan lagi yaitu media online. Media periklanan satu ini lebih mengeluarkan biaya yang cukup terjangkau dan juga memiliki peluang besar untuk menarik banyak konsumen. Sebab zaman sekarang eranya digital, mayoritas orang menggunakan media sosial untuk berinteraksi. Media online memiliki beberapa kanal yang dapat membantu Anda melakukan periklanan. Anda bisa memasang iklan pada media sosial seperti Email, Facebook, Instagram, Youtube, atau Tiktok. Anda juga bisa melakukan strategi SEO (Search Engine Optimization) atau SEM (Search Engine Marketing) yang mengoptimalkan kualitas konten di halaman mesin pencari. Atau Anda bisa bekerjasama dengan influencer online untuk memasarkan produk Anda.

#6 Menjangkau Target Pasar yang Luas

Semakin banyak orang yang tahu dengan produk Anda, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan konsumen yang membeli produk Anda. Jangkaulah target pasar yang luas seperti pada dua atau lebih regional tertentu. Anda bisa memanfaatkan media pemasaran untuk menjangkau target pasar yang lebih luas pada beberapa target regional tersebut.

#7 Membagikan Testimoni dan Review

Cara meningkatkan penjualan yang satu ini berkaitan dengan citra perusahaan dan kepercayaan konsumen. Seseorang akan tertarik membeli produk yang mendapat ulasan positif dari pelanggan lain. Tetapi ingat, bagikan hasil ulasan tersebut apa adanya, jangan terkesan menipu atau terlalu dibuat-buat. Anda bisa menampilkan testimoni dan review konsumen pada halaman website jika perusahaan Anda memilikinya.

Kesimpulan

Dan itulah tadi beberapa rekomendasi cara meningkatkan penjualan dalam bisnis. Intinya, untuk meningkatkan penjualan, Anda harus membuat konsumen merasa puas dengan produk yang Anda tawarkan. Untuk menciptakan interaksi yang baik dengan pelanggan, Anda bisa memanfaatkan penggunaan sistem CRM (Customer Relationship Management). Ivosight kebetulan menyediakan sistem CRM terlengkap yang Bernama Sociomile. Dengan Sociomile, Anda bisa melakukan interaksi dengan pelanggan secara efektif dan efisien. Di samping membuat puas pelanggan, anda harus melakukan proses pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan Anda.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.