Jenis Perusahaan yang Membutuhkan Layanan Telemarketing, Wajib Tahu!

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 20 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Meskipun terlihat penting, tidak semua perusahaan membutuhkan layanan telemarketing untuk bisnis mereka. Apa saja kira-kira? Simak penjelasan di bawah ini"

Memperkerjakan karyawan untuk layanan telemarketing membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dibutuhkan proses pelatihan yang lama agar petugas telemarketing mampu menguasai bidang ini. Meskipun bisnis untuk sebuah produk bisa sangat membutuhkan layanan ini, tidak semua perusahaan mampu memperkerjakan beberapa orang untuk bidang telemarketing. Maka dari itu, hanya ada beberapa perusahaan yang membutuhkan layanan ini agar sesuai dengan tingkat keuangan dan kebutuhan perusahaan. 

Seberapa Penting Telemarketing bagi Sebuah Perusahaan?

Di era digital saat ini, perusahaan mampu memasarkan produk atau layanan jasa yang mereka miliki kepada pelanggan. Mudahnya akses untuk mengiklankan produk lewat media sosial juga memberikan keuntungan besar bagi perusahaan. lantas, bagaimana nasib layanan telemarketing dalam suatu perusahaan? Jawabannya adalah perusahaan masih butuh layanan ini untuk menjangkau pelanggan lewat panggilan telepon.

Layanan telemarketing juga bisa dengan jelas mendengarkan sugesti atau kemauan pelanggan secara detail dan menyeluruh sehingga memberikan dampak positif bagi perusahaan tentang produk yang mereka miliki. Keberadaan telemarketer dalam hal ini juga berfungsi untuk menaikkan jumlah penjualan yang ada untuk sebuah produk. Layanan telemarketing juga diharapkan  dapat menjelaskan fungsi dan kelebihan produk lebih detail dibandingkan dengan iklan atau kemasan.

Baca Juga: Memahami Prosedur dalam Telemarketing

Jenis Perusahaan yang Membutuhkan Layanan Telemarketing

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang jenis-jenis perusahaan yang membutuhkan layanan telemarketing. Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Asuransi

Kamu pasti sudah tidak asing dengan penawaran yang ditawarkan di telepon untuk urusan asuransi. Perusahaan asuransi adalah salah satu jenis perusahaan yang saat ini masih membutuhkan layanan telemarketing untuk meggaet pelanggan. Masih banyak orang yang belum terlalu paham tentang asuransi serta membutuhkan banyak penjelasan dan bimbingan menyeluruh tentang bidang ini.

Untuk itu, adanya layanan telemarketing ini tentu sangat membantu perusahaan dalam menjelaskan asuransi kepadan orang-orang awam yang belum memiliki perlindungan dalam banyak hal. Perusahaan asuransi bisa bergerak di bermacam-macam bidang seperti asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi elektronik, dan lain-lain. Asuransi merupakan hal yang penting bagi masyarakat sehingga layanan ini sangat dibutuhkan.

  • Bank

Sama seperti asuransi, kita tentu pernah melakukan percakapan seputar produk baru dari sebuah bank. Telemarketing yang dilakukan biasanya dibuat untuk orang-orang yang telah menjadi nasabah pada bank-bank tertentu. Bank biasanya menawarkan produk atau layanan jasa terbaru pada bank untuk ditawarkan kepada nasabah dan beberapa di antaranya bersamaan dengan penawaran bonus.

Telemarketer sebuah bank umumnya memberikan panggilan pada waktu-waktu tertentu dan membahas tentang menaikkan prioritas pada sebuah akun bank. Selain itu, bank biasanya akan menawarkan beberapa keuntungan seperti diskon atau hadiah kepada pelanggan jika melakukan pembukaan akun pada suatu layanan dengan menggunakan bank tersebut. Menarik, ya!

  • Perhotelan

Jenis perusahaan lain yang membutuhkan jasa telemarketing adalah perusahaan perhotelan. Hotel biasanya memberikan info diskon atau bonus upgrade kamar kepada pelanggan-pelanggan setia. Hal ini bisa menjadi kurang menarik jika hanya dikirimkan melaluia email atau SMS kepada pelanggan, sehingga layanan telemarketing dibutuhkan di sini.

Lebih lanjut, layanan telemarketing juga dibutuhkan dalam perhotelan agar pelanggan setia bisa dengan cepat mengetahui potongan harga maupun keuntungan lainnya lebih cepat dari konsumen lain. Biasanya, pelanggan setia telah menyimpan nomor hotel yang mereka gunakan sehingga layanan telemarketing ini dapat dengan mudah menghubungkan pelanggan terhadap promosi hotel.

  • Paket Wisata

Jika kamu sering ketinggalan info tentang paket wisata yang murah dan lengkap untuk liburan, telemarketing akan menghubungimu! Paket wisata merupakan promo yang seringkali diburu oleh masyarakat terutama untuk keperluan healing dan liburan. Selain lebih murah, biasanya paket wisata sudah dilengkapi dengan banyak keuntungan eksklusif seperti sudah termasuk hotel dan transportasi.

Paket wisata biasanya ditawarkan oleh layanan telemarketing saat-saat menjelang waktu libur atau event tertentu. Waktu spesifik ini bsia menjadi promosi yang andal untuk pelanggan karena harga hotel dan beberapa tempat wisata menjadi naik sehingga paket wisata menjadi hal yang paling diburu oleh masyarakat.

Baca Juga: Cara Efektif Menjadi Telemarketing

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Layanan Telemarketing

  • Bahasa yang Baik dan Sopan

Saat menawarkan produk atau layanan jasa, pegawai telemarketing tentu haru menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Hal basic yang satu ini harus selalu ditekankan agar pelanggan yang menerima panggilan tidak ragu untuk melakukan pembelian. Ini juga menjadi bentuk keprofesionalan oleh pegawai telemarketing saat menjalankan tugasnya.

  • Tidak Memaksa

Adalah hal yang wajar jika pegawai telemarketing merasa terburu-buru oleh kinerja baik dari rekan kerja mereka. Adanya pacuan untuk memasarkan produk melampaui target perusahaan menjadikan hal tersebut sebagai pressure tersendiri bagi pegawai telemarketing. Namun, perlu diingat bahwa memaksa pelanggan untuk membeli produk atau layanan jasa adalah hal yang tidak sopan dan bisa menurunkan kualitas pegawai itu sendiri.

  • Menelepon di Jam-Jam Tertentu

Salah satu hal yang membuat banyak orang tidak menyukai layanan ini adalah karena pegawainya terkadang menelepon di jam-jam yang tidak tepat. Bukan sekali dua kali kejadian di mana orang terganggu waktu istirahatnya karena mendapat panggilan dari pegawai telemarketing. Hal ini tentu sangat menyebalkan dan membuat risih karena ditawarkan produk pada jam yang salah. Untuk itu, petugas telemarketing harus meriset terlebih dahulu kapan jam-jam terbaik untuk menelepon pelanggan agar lebih proper dan penjualan meningkat.

Ivosights sebagai Solusi Telemarketing!

Jika kamu merasa kesulitan untuk melakukan promosi dan penawaran produk kepada pelanggan, Ivosights adalah solusi terbaik! Dengan menggunakan solusi end-to-end kepada pelanggan, perusahaan dapat dengan mudah melakukan pendekatan dengan pelanggan. Tunggu apalagi? Cepat hubungi call center Ivosights sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami