Memahami Prosedur dalam Telemarketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 26 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Setiap perusahaan memiliki prosedur/SOP saat melayani pelanggan. Prosedur ini digunakan alat mengukur kinerja para telemaketer saat menangani pelanggan."

Marketing merupakan ujung tombak sebuah perusahaan. Cakupannya pun terbilang luas, apalagi jika berkaitan dengan dunia digital atau online. Salah satu bidang jasa marketing digital yang cukup populer digunakan adalah telemarketing. Suatu strategi marketing yang menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan melalui telepon.

Telemarketing hingga saat ini masih digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mempromosikan produk atau jasa kepada pelanggan. biasanya seseorang yang melakukan strategi ini disebut dengan telemarketer.

Dalam menjalankan strategi pemasaran tersebut, setiap perusahaan memiliki SOP atau prosedur saat melayani pelanggan. SOP ini sebagai alat untuk mengukur kinerja para telemaketer saat menangani telepon dari pelanggan. Ada banyak SOP yang bisa Anda terapkan, seperti seluruh percakapan direkam. Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja agar layanan yang diberikan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berikut ini beberapa prosedur yang bisa Anda terapkan dalam dunia telemarketing.

#1 Memberi salam

Prosedur pertama, seorang telemarketer wajib mengucapkan salam kepada pelanggan. Anda bisa mengucapkan seperti ‘Selamat pagi, saya dari..’. Memberikan salam dan dilanjutkan dengan perkenalan sebagai bentuk perlakuan yang ramah perusahaan Anda kepada pelanggan.

#2 Menanyakan info tentang pelanggan

Langkah selanjutnya adalah menanyakan informasi dasar mengenai pelanggan Anda. Informasi yang ditanyakan cukup seperti nama, usia, pekerjaan, keluhan apa yang dialami pelanggan, atau barang apa yang ingin dibeli oleh pelanggan. Hal ini penting untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan dapat melacak pelanggan jika akan terjadi pembelian.

#3 Bertanya secara singkat namun jelas

Setelah menanyakan informasi dasar tentang pelanggan, seorang telemarketer memiliki kewajiban untuk bertanya terkait keperluan pelanggan. namun, pertanyaan yang diajukan bukanlah pertanyaan yang asal-asalan. Pertanyaan yang dimaksud dalam prosedur itu harus singkat, jelas, dan padat. Hal ini dilakukan agar telemarketing bisa melayani banyak pelanggan tanpa membuang banyak waktu.

#4 Durasi telepon secara terbatas

Seorang telemarketer tidak boleh menghabiskan waktu lama saat menghubungi pelanggan. banyak perusahaan yang menetapkan durasi telepon hanya sekitar 3-5 menit. Singkatnya durasi ini berkaitan dengan efisiensi. Perusahaan menganggap jika melakukan telepon dengan durasi yang tergolong lama, hal tersebut tidaklah efektif dan mempengaruhi kinerja seorang telemarketing.

#5 Memahami produk dengan baik

Seorang telemarketer harus memahami produk dengan baik. Hal ini diperlukan agar pelanggan mendapatkan informasi produk dan jasa secara jelas dan rinci. Apabila pelanggan mengajukan satu atau dua pertanyaan, setidaknya Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan baik.

Itu dia penjelasan terkait prosedur secara umum tentang telemarketing. Selain lima prosedur di atas, seorang telemarketing juga harus memperhatikan intonasi suara dengan baik apapun kondisi Anda nantinya, agak pelanggan merasa nyaman. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda tentang telemarketing.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami