Cara Efektif Menjadi Telemarketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 26 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Telemarketing banyak digunakan perusahaan untuk melakukan promosi, memproses pesanan, membantu penjualan, dan melayani pelanggan untuk meningkatkan penjualan."

Telemarketing banyak digunakan perusahaan untuk melakukan promosi, memproses pesanan, membantu penjualan, dan melayani pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Telemarketing dalam pemasaran sudah banyak membantu perusahaan, terutama mengurangi biaya penjualan seperti biaya perjalanan dan biaya meningkatkan volume penjualan.

Dalam telemarketing, biasanya terdapat sebuah skrip yang menjadi standar dalam melakukan proses telemarketing. Namun, agen telemarketing kerap terpaku dengan skrip, sehingga membuat mereka terkesan kaku dengan pelanggan. Hal ini dapat menyebabkan pelanggan tidak tertarik dengan pembicaraan.

Tak hanya itu, menjual produk dan jasa akan terlihat sulit karena pelanggan tidak dapat melihat langsung produk dan jasa yang ditawarkan. Diperlukan sebuah cara efektif untuk menjadi telemarketer untuk menarik pelanggan. Pada artikel ini akan dibahas terkait cara efektif untuk menjadi telemarketing. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

#1 Persiapan

Cara yang pertama yaitu melakukan perispan. Sebelum memulai panggilan ke pelanggan, Anda bisa melakukan persiapan seperti pemahaman produk, database, dan alur pembicaraan. Anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar pelanggan nyaman dengan Anda. Pembicaraan juga akan terarah dan efektif apabila Anda sudah memahami alur percakapan tersebut dan memiliki informasi mengenai siapa orang yang Anda ajak bicara bisa berupa orang tua, anak muda, dan lain-lain.

#2 Awali dengan sapaan

Seorang telemarketing wajib hukumnya untuk mengawali pembicaraan dengan dimulai dari menyapa pelanggan kemudian perkenalan diri. Hal ini akan mendapatkan first impression yang baik bagi pelanggan. Impresi yang baik tentunya akan menghasilkan respon yang baik pula dari pelanggan. Bagaimana cara mendapatkan impresi yang bagus dari pelanggan? Anda harus menjelaskan intonasi nada dan dapat menjelaskan secara singkat tentang perusahaan dan nilai keunggulan yang dimiliki kemudian, Anda jelaskan maksud dan tujuan Anda secara singkat dan jelas.

#3 Membuat pertanyaan

Membuat pertanyaan yang mendasar seperti “apa, kapan, dimana, kenapa, siapa, dan bagaimana” akan membantu Anda untuk menciptakan komunikasi yang terarah. Hal ini dapat membantu Anda dalam untuk menciptakan keterbukaan lawan bicara dan akan menjadi komunikasi yang efektif untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan.

#4 Buatlah persetujuan

Setelah pelanggan menyatakan kalau dia tertarik dengan penawaran yang Anda berikan, minta lah dengan cara yang sopan untuk membuat perjanjian pada waktu yang disetujui oleh pelanggan untuk melakukan pertemuan. Anda bisa meminta alamat jelas dan kontak pribadi dari pelanggan tersebut. Bagaimana jika ada pelanggan tidak mau melakukan pertemuan? Anda bisa melakukan hal yang sama untuk meminta kesediaan apabila Anda ingin menelepon kembali pelanggan tersebut.

#5 Menggunakan ‘Yes set’

Buatlah minimal 3 pertanyaan yang membuat pelanggan Anda akan menjawab ‘ya’. Anda bisa membuat pertanyaan seperti “Maukah Bapak atau Ibu dapat meningkatkan penjualan?” pertanyaan tersebut biasanya akan disetujui oleh pelanggan Anda. Hal tersebut memiliki tujuan agar pelanggan setuju dengan Anda dan akan membuat jalan untuk mencoba menawarkan produk atau jasa perusahaan Anda kepada mereka.

Demikian seperti yang dijelaskan merupakan cara efektif untuk menjadi telemarketing. Intinya untuk menjadi telemarketing yang, diperlukannya persiapan yang matang seperti pemahaman yang mendalam tentang produk atau jasa yang akan Anda tawarkan ke pelanggan. Hal tersebut akan meningkatkan tingkat kemungkinan pelanggan akan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami