Jenis-Jenis Telemarketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 12 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Ada beberapa jenis telemarketing yang perlu Anda ketahui untuk kesejahteraan perusahaan Anda. Simak dalam artikel di bawah ini"

Telemarketing merupakan salah satu metode pemasaran yang melibatkan penggunaan telepon untuk menghubungi calon pelanggan secara langsung. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis telemarketing yang umum digunakan oleh perusahaan. Mulai dari outbound telemarketing yang fokus pada inisiasi panggilan aktif kepada pelanggan potensial, hingga inbound telemarketing yang menerima panggilan dari pelanggan yang tertarik. Selain itu, juga akan dibahas telemarketing b2b (business-to-business) yang ditujukan untuk menjual produk atau layanan kepada perusahaan lain, dan telemarketing b2c (business-to-consumer) yang bertujuan untuk memasarkan langsung kepada konsumen.

Hubungan Telemarketing dan Pemasaran Perusahaan

Telemarketing memiliki hubungan erat dengan pemasaran perusahaan. Telemarketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menghubungi calon pelanggan secara langsung melalui telepon. Melalui telemarketing, perusahaan dapat melakukan promosi produk atau layanan, menjelaskan manfaat, dan mengajak pelanggan untuk melakukan pembelian. 

Telemarketing juga dapat digunakan untuk melakukan survei pasar, mengumpulkan data pelanggan, serta membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Dengan menggunakan teknik-teknik penjualan yang efektif dan komunikasi yang persuasif, telemarketing membantu perusahaan dalam meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan penjualan, dan memperluas pangsa pasar. Dengan demikian, telemarketing berperan penting dalam strategi pemasaran perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis mereka.

Jenis-Jenis Telemarketing

  • Outbound Telemarketing¬†

Jenis telemarketing ini melibatkan inisiasi panggilan aktif oleh perusahaan kepada calon pelanggan. Tim telemarketing akan menghubungi daftar kontak potensial untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan, menjelaskan manfaatnya, dan mengajak pelanggan untuk melakukan pembelian.

Baca Juga: Manfaat Telemarketing Bagi Perusahaan

  • Inbound Telemarketing

Berbeda dengan outbound telemarketing, jenis ini terjadi ketika pelanggan potensial menghubungi perusahaan melalui telepon untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan. Tim telemarketing akan menerima panggilan tersebut, memberikan penjelasan yang diperlukan, dan membantu pelanggan dalam mengambil keputusan pembelian.

  • Business-to-Business (B2B) Telemarketing

Telemarketing ini ditujukan untuk menjual produk atau layanan kepada perusahaan lain. Tim telemarketing akan menghubungi perusahaan-target yang mungkin tertarik dengan penawaran yang ditawarkan, melakukan presentasi, dan menjalankan negosiasi bisnis.

  • Business-to-Consumer (B2C) Telemarketing

Jenis telemarketing ini bertujuan untuk memasarkan langsung kepada konsumen. Perusahaan akan menghubungi calon pelanggan secara langsung, memberikan informasi tentang produk atau layanan, dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

  • Telemarketing Survei

Selain tujuan penjualan, telemarketing juga digunakan untuk melakukan survei pasar. Tim telemarketing akan menghubungi pelanggan atau calon pelanggan untuk mengumpulkan data, pendapat, dan umpan balik yang diperlukan untuk analisis pasar atau perbaikan produk dan layanan.

Kiat-Kiat agar Telemarketing Dapat Berhasil

  • Persiapan yang Matang

Persiapkan diri sebelum memulai panggilan telemarketing. Kenali produk atau layanan dengan baik, pahami keunggulannya, dan identifikasi target pasar yang tepat. Buatlah daftar pertanyaan yang mungkin diajukan oleh calon pelanggan dan siapkan jawaban yang komprehensif.

  • Skrip yang Efektif

Buat skrip penjualan yang efektif dan berfokus pada manfaat produk atau layanan yang ditawarkan. Skrip tersebut harus mencakup informasi penting dan mempertimbangkan kebutuhan serta kekhawatiran calon pelanggan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Telesales dan Telemarketing yang Perlu Anda Ketahui

  • Mendengarkan dengan Aktif

Berikan perhatian penuh kepada calon pelanggan selama percakapan. Dengarkan kebutuhan, masalah, atau pertanyaan yang mereka sampaikan dan tanggapi dengan penuh perhatian. Hal ini akan membangun kepercayaan dan meningkatkan peluang penjualan.

  • Menggunakan Bahasa yang Jelas dan Ramah

Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh calon pelanggan. Hindari penggunaan jargon teknis yang mungkin membingungkan mereka. Selain itu, berbicara dengan nada yang ramah, sopan, dan percaya diri dapat membantu membangun hubungan yang baik.

  • Tanya dan Berikan Solusi

Selama percakapan, ajukan pertanyaan yang relevan untuk memahami kebutuhan calon pelanggan dengan lebih baik. Kemudian, tawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Fokus pada nilai-nilai dan manfaat yang dapat diperoleh pelanggan dari produk atau layanan yang ditawarkan.

Yuk, Manfaatkan Telemarketing untuk Bisnis Anda!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Di Ivosights, Anda bisa mendapatkan layanan telemarketing yang terbaik dan memuaskan. Ivosights mampu memberikan layanan telemarketing yang dapat membuat bisnis Anda berjalan lancar. Yuk, hubungi Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami