Manfaat Telemarketing Bagi Perusahaan

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 25 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Cara pemasaran dengan telemarketing terkesan mengganggu pelanggan (spam). Indentifikasi dahulu calon pembeli potensial agar proses pemasaran berjalan lancar."

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, telemarketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui telepon. Seseorang yang berkerja di posisi ini atau telemarketer memiliki tanggung jawab atas keberhasilan pemasaran tersebut. Namun, banyak yang beranggapan bahwa cara pemasaran ini terkesan mengganggu pelanggan, terutama jika dilakukan secara spam. Untuk itu, agar proses pemasaran berjalan dengan lancar, ada baiknya mengindentifikasi terlebih dahulu calon pembeli potensial. Pada artikel kali ini akan dibahas seputar manfaat, tugas dan tanggung jawab telemarketing dan

Manfaat Menggunakan Telemarketing

Meski memiliki image mengganggu waktu pelanggan atau spam, namun banyak perusahaan yang aktif merekrut untuk posisi ini. Hal ini dilakukan karena perusahaan masih merasakan keuntungan menggunakan telemarketing. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan saat menggunakan telemarketing:

  • Meningkatkan brand awareness. Tak hanya menawarkan produk, telemarketing akan menjelaskan keunggulan dan keuntungan produk atau jasa yang dipasarkan. Langkah ini memungkinkan terjadi perbincangan dari mulut ke mulut atau word of mouth, yang mana ini termasuk strategi marketing.
  • ¬†Meningkatkan penjualan. Ada banyak tipe pelanggan, salah satunya adalah lebih memilih mendengarkan daripada membaca. Situasi ini bisa diatasi dengan menggunakan telemarketing. Anda dapat menjelaskan apa yang perusahaan tawarkan secara rinci untuk menarik perhatian pelanggan.
  • Membantu market research. Telemarketing dapat membantu riset pasar dan mengetahui masalah yang calon pembeli hadapi, sehingga dapat merancang strategi bagaimana cara mengkomunikasikan ke pelanggan. Tak hanya itu, dengan telemarketing kita dapat mengidentifikasi target pasar yang tepat. ¬†

Tugas dan Tanggung Jawab Telemarketing

Untuk menjadi telemarketer yang profesional, kamu harus memiliki beberapa skil. Berikut ini beberapa skill yang harus dimiliki telemarketer.

#1 Kemampuan komunikasi yang baik

Kemampuan yang harus dimiliki seorang telemarketer adalah berkomunikasi dengan baik, karena hal ini merupakan kunci lancarnya sebuah percakapan hingga proses penawaran produk. Beberapa hal yang perlu kamu miliki saat melakukan komunikasi dengan pelanggan, di antaranya memiliki kecepatan yang baik dan nada yang tepat dan membangun pembicaraan yang nyaman dengan pelanggan.

#2 Manajemen Waktu

Mengelola tugas dengan baik atau manajemen waktu merupakan keterampilan berikutnya yang harus dimiliki seorang telemarketer. Tugas-tugas tersebut di antaranya, mencatat data pelanggan, memeriksa email, dan melakukan panggilan telepon. Telemarketer juga harus mengetahui waktu yang tepat untuk menghubungi pelanggan. Dengan mengetahui demografi pelanggan, telemarketer bisa mengetahui jam-jam sibuk mereka.

#3 Memahami produk knowledge

Telemarketer yang baik harus menguasai product knowledge, memahami pasar dan target konsumen dari perusahaan Anda, sehingga strategi pemasaran yang direncanakan bisa berjalan dengan lancar. Hal ini menjadi modal untuk perkembangan karier seorang telemarketer.

#4 Menyelesaikan masalah

Seorang telemarketer harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Kemampuan ini dibutuhkan agar masalah yang dihadapi pelanggan bisa diselesaikan dengan baik. Selain itu, dengan adanya kemampuan ini, loyalitas pelanggan akan terjaga.

#5 Multitasking

Kemampuan multitasking dibutuhkan seorang telemarketer. Kesehariannya, seorang telemarketer harus mampu membuat catatan, laporan, mengecek email, dan melakukan panggilan kepada calon konsumen. Dengan tugas-tugas ini, penting untuk memiliki kemampuan ini.

#6 Pendengar yang baik

Terdengar receh, namun ternyata kemampuan mendengarkan menjadi kemampuan yang harus dimiliki seorang telemarketer, karena terkadang pelanggan akan mengutarakan keluh kesahnya.

Demikian penjelasan singkat seputar skill yang harus dimiliki seorang telemarketer. Pasalnya, mereka harus memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami