7 Cara Mengenal Target Pasar dalam Menyusun Strategi Telemarketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 27 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"Untuk mengenal target pasar dengan baik, Anda perlu melakukan tujuh langkah di bawah ini. Dengan begitu, penyusunan strategi telemarketing akan lebih efektif!"

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, telemarketing telah menjadi salah satu metode pemasaran yang efektif digunakan. Namun, untuk mencapai keberhasilan dalam telemarketing, penting bagi perusahaan untuk mengenal dengan baik target pasar mereka. Mengenal target pasar dengan baik akan memudahkan tim telemarketing untuk mengoptimalkan penjualan produk maupun layanan perusahaan kepada pelanggan yang dinilai paling berpotensi.  

Kenali Apa Itu Telemarketing

Telemarketing adalah sebuah metode pemasaran produk atau layanan kepada calon pelanggan dengan menggunakan panggilan telepon. Tujuan utama dari telemarketing ini adalah untuk meningkatkan penjualan, mendapatkan prospek baru, dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Pentingnya Mengenal Target Pasar dalam Telemarketing

Inilah beberapa alasan mengapa mengenal target pasar sangat penting untuk bidang telemarketing:

  • Mengoptimalkan Efisiensi

Dengan mengenal siapa target pasar yang tepat, perusahaan dapat mengarahkan telemarketing mereka pada calon pelanggan yang berpotensi untuk melakukan pembelian.

  • Menyesuaikan Pesan Pemasaran

Mengenal target pasar dengan baik membuat perusahaan Anda dapat menyesuaikan pesan pemasaran mereka supaya lebih relevan dan menarik.

  • Meningkatkan Tingkat Keberhasilan

Perusahaan dapat menyusun strategi telemarketing yang lebih terarah dan efektif berkat mengenal target pasar secara mendalam. Dengan begitu, tingkat keberhasilan kampanye telemarketing juga akan meningkat.

  • Meminimalkan Risiko Penolakan

Dengan mengenal siapa calon pelanggan yang berpotensi, perusahaan dapat meminimalisir  resiko terjadinya penolakan dapat diminimalkan. Hal ini disebabkan karena pesan pemasaran lebih relevan dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Apa Saja Target yang Harus Dicapai Agen Telemarketing

Beberapa Kriteria yang Harus Diperhatikan dalam Mengenal Target Pasar

Perusahaan harus memperhatikan beberapa kriteria penting dalam mengenal target pasar, antara lain sebagai berikut:

  • Demografi

Kriteria demografi ini mencakup informasi seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, dan lokasi geografis calon pelanggan.

  • Psikografi

Kriteria berikut ini melibatkan pemahaman tentang nilai-nilai, minat, dan gaya hidup calon pelanggan.

  • Pengalaman dengan Produk/Layanan Serupa

Penting bagi Anda untuk mengetahui apakah calon pelanggan memiliki pengalaman sebelumnya dengan produk atau layanan serupa.

  • Kebutuhan dan Masalah yang Dihadapi

Perusahaan harus memahami kebutuhan dan masalah yang dihadapi calon pelanggan dan bagaimana produk atau layanan mereka dapat membantu mengatasinya.

Cara Mengenal Target Pasar dalam Menyusun Strategi Telemarketing

Berikut ini adalah tujuh cara mengenal target pasar dalam penyusunan strategi telemarketing:

  • Survei dan Wawancara

Lakukan survei dan wawancara kepada calon pelanggan atau pelanggan yang sudah ada untuk mengetahui apai kebutuhan dan preferensi mereka.

  • Analisis Data Pelanggan

Analisis data pelanggan yang sudah ada untuk membantu mengidentifikasi tren dan pola. Dengan ini, perusahaan bisa mengenal target pasar dengan lebih baik.

  • Melakukan Riset Pasar

Lakukan juga riset pasar menyeluruh untuk mendapatkan informasi tentang karakteristik dan perilaku pasar secara keseluruhan.

  • Menggunakan Digital Listening Tools

Gunakan digital listening tools seperti social media listening dan analisis media sosial untuk mengetahui  tentang apa saja yang dibicarakan oleh calon pelanggan di media sosial.

  • Menggunakan Layanan Data Analytics

Olahlah data pelanggan secara lebih efisien dengan layanan data analytics. Layanan ini juga memudahkan Anda mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang target pasar.

  • Mengamati Kompetitor

Jangan lupa untuk selalu amati strategi telemarketing dari perusahaan kompetitor untuk mengetahui bagaimana target pasar mereka dijangkau.

  • Mengadakan Focus Group Discussion (FGD)

Adakan juga FGD dengan calon pelanggan untuk mengetahui secara langsung kebutuhan dan preferensi mereka.

Cara Menyusun Strategi Telemarketing

Inilah beberapa cara menyusun strategi telemarketing secara tepat:

  • Personalisasi Pesan dengan Karakteristik dan Kebutuhan Target Pasar 

  • Gunakan Nada Sapaan yang Ramah saat Lakukan Panggilan

  • Jadwalkan Panggilan dengan Bijak pada Waktu yang Tepat 

  • Berikan Solusi yang Relevan dengan Kebutuhan Calon Pelanggan

  • Tindak Lanjuti Pelanggan dengan Baik setelah Lakukan Panggilan

Baca juga: 10 Tips Telemarketing Dijamin Meningkatkan Penjualan

Optimalkan Telemarketing Perusahaan Anda dengan Sistem CRM Andalan!

Mengenal target pasar dengan baik merupakan langkah penting dalam menyusun strategi telemarketing yang efektif. Dengan menggunakan berbagai cara yang tertera di atas, perusahaan dapat memahami lebih dalam tentang kebutuhan dan preferensi calon pelanggan. Hal ini akan menuntun perusahaan untuk menaikkan tingkat keberhasilan kampanye pemasaran dan mencapai tujuan bisnis yang lebih baik.

Untuk mendukung agen telemarketing menjangkau calon pelanggan yang sesuai dengan target pasar, Anda bisa gunakan sistem contact center terpadu seperti Sociomile. Dengan sistem ini, para agen dapat melakukan panggilan inbound dan outbound ke banyak nomor secara sekaligus berkat adanya fitur PDS. Sistem ini juga mendukung kustomisasi workflow, mulai dari dashboard, flow ticket, hingga reporting menyesuaikan kebutuhan perusahaan Anda. Segera hubungi tim kami, Ivosights, untuk mendapatkan solusi terbaik pendukung pelaksanaan telemarketing produk maupun layanan yang disediakan oleh perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami