Ukur Loyalitas Pelanggan dengan Telesurvey, Wajib Tahu!

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 22 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Loyalitas pelanggan merupakan hal yang harus dipantau oleh perusahaan. Menggunakan telesurvey dapat membantu Anda untuk mengukurnya"

Loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat menguntungkan perusahaan. Hal ini juga menjadi hal yang dapat diukur untuk mengungguli perusahaan saingan yang memiliki produk atau layanan jasa yang serupa. Loyalitas pelanggan juga menjadi patokan perusahaan untuk melihat peningkatan penjualan yang ada pada produk-produk terbaru. Dalam telesurvey, pegawai perusahaan dapat mengukur loyalitas pelanggan dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang mengacu pada seringnya pelanggan melakukan pembelian produk dan lain-lain. Untuk itu, salah satu kepentingan telesurvey adalah dapat mengukur loyalitas pelanggan.

Apa itu Telesurvey?

Telesurvey adalah kegiatan survey yang dilakukan oleh perusahaan melalui panggilan telepon kepada pelanggan untuk menerima masukan dari pelanggan. Kegiatan survey yang satu ini juga bertujuan untuk mengevaluasi kinerja serta produk-produk perusahaan yang telah diedarkan agar semakin baik. Kegiatan telesurvey ini juga dimaksudkan untuk mendengarkan pelanggan agar interaksi perusahaan dan pelanggan dapat terjalin dengan baik.

Manfaat lain dari melakukan telesurvey adalah guna membangun kepercayaan pelanggan dengan menanyakan beberapa pertanyaan dan menjadikan telesurvey sebagai platform tempat mengadu dan menerima masukan dari pelanggan agar mereka bisa meluapkan ungkapan tentang perusahaan dan produk-produknya lebih leluasa dengan call center yang ditugaskan.

Baca Juga: 5 Tips Memastikan Responden Jujur dalam Telesurvey

Peran Penting Telesurvey untuk Perusahaan

  • Mengukur Loyalitas Pelanggan

Telesurvey bukan hanya sekedar sarana untuk menanyakan beberapa pertanyaan kepada pelanggan tentang perusahaan. Kegiatan ini juga berfungsi untuk mengukur loyalitas pelanggan terhadap perusahaan dengan cara melihat seberapa sering mereka melakukan pembelian terhadap produk-produk atau layanan jasa perusahaan.

Mengukur loyalitas dengan telesurvey juga merupakan cara populer yang ampuh untuk mendapatkan jawaban jujur dan memuaskan dari pelanggan. Biasanya, agen telesurvey akan menanyakan beberapa pertanyaan seputar apakah sering pelanggan membeli barang atau produk dan pertanyaan lain seperti apakah mereka mengetahui produk baru dari perusahaan atau tidak.

  • Menerima Keluhan dan Kritikan

Salah satu peran penting telesurvey adalah sebagai tempat untuk menerima keluhan dan kritikan dari pelanggan. Pelanggan tentu saja memiliki unek-unek mereka tersendiri terhadap produk atau layanan jasa yang ditawarkan perusahaan. Ini bisa menjadi ladang untuk melakukan intropeksi serta membuka jalan agar perusahaan menjadi lebih baik kedepannya.

Selain itu, menerima keluhan dan kritikan juga bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan karena mengikutsertakan mereka dalam prospek lebih baik dari suatu perusahaan. Untuk itu, kepentingan telesurvey juga untuk menerima keluhan dan kritikan dari konsumen.

  • Membangun Interaksi dengan Pelanggan

Telesurvey juga menjadi ajang untuk membangun interaksi dengan pelanggan agar semakin erat serta untuk melihat koneksi dalam komunikasi antar perusahaan dengan konsumen. Interaksi menjadi daya yang penting agar masyarakat dapat dengan mudah melabeli perusahaan secara positif maupun negatif. 

Membangun interaksi pelanggan melalui telepon dengan layanan telesurvey juga bisa membangkitkan kemauan pelanggan untuk memberikan masukan membangun untuk perusahaan sehingga ke depannya perusahaan dapat menjadi lebih baik dan merapihkan struktur yang dianggap kurang oleh pelanggan.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Penjualan dengan Telesurvey

Cara Mengukur Loyalitas Pelanggan dengan Telesurvey

  • Menanyakan Tentang Produk-Produk Perusahaan

Salah satu cara terbaik untuk mengukur loyalitas pelanggan dengan telesurvey adalah dengan menanyakan tentang produk-produk perusahaan yang mereka pakai. Hal ini juga berfungsi untuk melihat seberapa luas pengetahuan mereka tentang perusahaan. Selain itu, menanyakan produk-produk perusahaan juga berguna untuk melakukan penawaran produk terbaru kepada pelanggan.

Menanyakan tentang produk-produk perusahaan juga berfungsi untuk memberikan pemahaman kepada pelanggan tentang produk apa saja yang mereka sebutkan namun keliru dengan menyebutkan produkd ari perusahaan lain. Ini juga dapat mengukur seberapa loyal pelanggan terhadap produk perusahaan dan produk lain yang menjadi pesaing perusahaan.

  • Seberapa Puas Mereka dengan Produk atau Layanan Jasa Perusahaan

Kepuasan yang didapat dari pelanggan tentunya menjadi kesenangan tersendiri bagi perusahaan. Kepuasan yang dimiliki pelanggan terhadap produk atau layanan jasa perusahaan juga memberikan dampak positif bagi perusahaan di mata masyarakat. Selain itu, kepuasan pelanggan juga menjadi tolak ukur loyalitas bagi perusahaan saat melakukan telesurvey.

Saat melakukan telesurvey, perusahaan biasanya menanyakan hal-hal tentang apakah pelanggan merasa puas dengan adanya produk-produk yang perusahaan edarkan di masyarakat. Jika perusahaan tersebut menyangkut bidang jasa, biasanya mereka akan menanyakan seberapa puas pelanggan dengan layanan jasa yang dilakukan oleh pegawai-pegawai perusahaan. Jawaban puas dan tidaknya bisa meyakinkan perusahaan seberapa banyak pelanggan membeli atau melakukan interaksi dengan perusahaan sehingga tingkat loyalitas dapat diukur.

  • Menanyakan Seberapa Sering Mereka Memakai Produk Perusahaan

Salah satu cara terbaik untuk mengukur loyalitas dengan menggunakan telesurvey adalah dengan menanyakan seberapa sering pelanggan memakai produk dari perusahaan. Pemakaian produk yang sering dan berulang dapat menjadikan tolak ukur perusahaan dalam menilai pelanggan yang setia. Seringnya pelanggan tersebut melakukan pembelian produk juga bisa membuat langkah pemasaran yang nantinya perusahaan akan dapat menawarkan produk-produk baru kepada pelanggan tersebut.

Jika pelanggan mengatakan mereka tidak terlalu sering memakai produk perusahaan, ini juga bisa menjadi peluang pemasaran kepada pelanggan tersebut agar dapat membeli produk-produk perusahaan lainnya. Singkatnya, strategi menanyakan seberapa sering melakukan pemakaian dan pembelian produk perusahaan bisa dimaksudkan untuk melihat seberapa banyak pelanggan setia dan peluang untuk memasarkan produk baru.

Ada banyak cara untuk melakukan penilaian terhadap loyalitas pelanggan bagi perusahaan, tetapi telesurvey memiliki tempatnya tersendiri untuk melakukan penilaian ini. Itulah beberapa penjelasan mengenai beberapa cara untuk menilai loyalitas pelanggan melalui telesurvey serta kepentingan yang telesurvey miliki untuk perusahaan. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami