Mengapa Telepon Konvensional Kurang Cocok untuk Zaman Sekarang?

Whatsapp Bussiness API

,

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 09 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Perkembangan zaman membuat banyak kemudahan dan perbedaan yang signifikan jika dibandingkan pada zaman sebelum teknologi dan internet berkembang"

Telepon konvensional memiliki peran yang besar dalam hubungan komunikasi antar manusia. Perannya sangat penting dalam menghubungkan dua orang dari jarak berbeda untuk melakukan percakapan. Adanya telepon konvensional membuat komunikasi dari jarak jauh terpenuhi sehingga orang pada zaman itu membuat kemajuan kecil yang cukup besar untuk dapat menghubungi orang lain. Selain itu, telepon konvensional juga tidak terhubung dengan listrik sehingga meskipun terjadi mati listrik, orang-orang masih dapat menghubungi orang lain. Telepon konvensional biasanya juga lebih efektif untuk menghubungi orang lain dibandingkan dengan telepon koin yang memiliki keterbatasan waktu sehingga orang-orang lebih memilih telepon konvensional pada saat itu. Namun, apakah keberadaan telepon konvensional masih relevan dan cocok untuk diaplikasikan di zaman sekarang? Sangat jarang bagi kita saat ini melihat orang bertukar nomor telepon rumah karena ponsel yang berkembang saat ini membuat kita harus memiliki nomor telepon pribadi yang lebih memiliki privasi. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengapa telepon konvensional kurang cocok untuk zaman sekarang.

Telepon Konvensional dan Zaman Sekarang

  • Perkembangan Teknologi

Salah satu alasan mengapa telepon konvensional saat ini jarang diminati adalah karena adanya perkembangan teknologi yang semakin modern. Teknologi saat ini memudahkan orang-orang dalam berkomunikasi serta melakukan pekerjaan. Berbeda dengan telepon konvensional, teknologi saat ini memiliki perkembangan yang luar biasa yang membuat manusia bisa berkomunikasi menggunakan ponsel.

Ponsel sendiri memiliki banyak manfaat dan kemudahan dibandingkan dengan telepon konvensional. Bentuknya yang kecil dan ringkas membuat banyak orang mudah untuk membawanya kemana-mana. Selain itu, ponsel juga memiliki banyak kelebihan yang membuat banyak orang tidak mudah untuk melepaskan benda kotak yang satu ini. 

Baca Juga: 3 Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan: Salah Satunya dengan Telesurvey!

Lebih lanjut, perkembangan teknologi juga membuat banyak perubahan pada komputer yang dimana saat ini mampu menggantikan peran telepon konvensional dalam menghubungkan satu orang dengan yang lainnya. Jika dibandingkan dengan telepon konvensional yang hanya memiliki satu fungsi, ponsel pintar dan komputer di zaman modern saat ini mampu membuat manusia melakukan banyak hal seperti berkomunikasi, bekerja, dan lain-lain.

  • Adanya Internet yang Memadai

Seperti yang sudah kita bahas di atas, telepon konvensional tidak bergantung pada listrik yang membuatnya menjadi independen dan dapat digunakan meskipun listrik mati. Namun, dengan adanya internet yang saat ini mudah diakses oleh masyarakat membuat telepon konvensional tidak lagi banyak diperlukan karena ponsel memiliki jaringan internet yang tersambung sehingga dapat menghubungi orang lain tanpa listrik.

Jika zaman dahulu orang sudah memiliki banyak kelebihan memiliki telepon konvensional di rumah, itu tidak memiliki hal yang serupa dengan memiliki jaringan internet yang memadai. Internet yang memadai mampu membuat orang-orang untuk melakukan banyak hal seperti menelepon dan melakukan panggilan video. Internet yang memadai juga bisa membuat orang untuk melanjutkan pekerjaan secara daring maupun dari kantor. Singkatnya, keberadaan telepon konvensional menjadi sedikit tergeser karena adanya internet yang memadai saat ini.

  • Telepon Konvensional Kurang Fleksibel

Perkembangan zaman dan teknologi memudahkan manusia untuk bekerja dan melakukan banyak hal dimana saja tanpa takut kehilangan internet. Berbeda dengan telepon konvensional, masyarakat pada zaman dahulu tidak dapat bergantung pada telepon tersebut karena tidak fleksibel dan memiliki keterbatasan dalam jangkauan.

Sedangkan di zaman modern ini, orang-orang membutuhkan banyak kebebasan dalam melakukan pekerjaannya. Jika hanya bergantung pada satu tempat untuk melakukan panggilan seperti telepon konvensional, banyak pekerjaan yang tidak tuntas dan harus diselesaikan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, telepon konvensional tidak cocok untuk zaman sekarang karena kurang fleksibel.

  • Media Sosial

Salah satu alasan lain mengapa telepon konvensional tidak cocok untuk zaman sekarang adalah karena adanya kehadiran media sosial yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Orang tidak lagi dapat berkomunikasi hanya melalui panggilan telepon tetapi dapat melakukannya dengan media sosial. Telepon konvensional tentu memiliki keterbatasan dalam pemakaiannya karena tidak memiliki banyak fungsi seperti media sosial dan aplikasi yang ada di zaman sekarang. 

  • Aplikasi yang Lebih Memadai

Bukan hanya untuk melakukan kegiatan sehari-hari, telepon konvensional juga digunakan dalam urusan bisnis suatu perusahaan. Biasanya, kita dapat menjumpai hal ini saat perusahaan melakukan kegiatan telesurvey yang dilakukan dalam beberapa waktu sekali. Agen telesurvey akan menghubungi satu per satu pelanggan untuk mendapatkan feedback menggunakan panggilan suara dengan telepon konvensional.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan Telesurvey: Survei Berbasis Telepon

Saat melakukan kegiatan telesurvey, perusahaan biasanya menggunakan telepon konvensional untuk melakukan aktivitas telesurvey ini. Telesurvey itu sendiri memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan untuk mendapatkan opini dan masukan yang diberikan oleh pelanggan melalui panggilan telepon. Meskipun beberapa perusahaan masih melakukan telesurvey menggunakan telepon konvensional, ada banyak cara untuk melakukan telesurvey yang lebih mudah dan cepat, salah satunya dengan menggunakan WhatsApp Business.

Telesurvey yang dilakukan menggunakan WhatsApp Business memiliki kemudahan dan kemampuan yang menguntungkan perusahaan. Sehingga, kegiatan telesurvey ini juga dapat dilakukan dengan aplikasi tersebut untuk mempercepat proses telesurvey. Singkatnya, dengan adanya aplikasi yang memadai, telepon konvensional saat ini dapat tergeser keberadaannya terutama dalam urusan bisnis dan melakukan telesurvey.

Telesurvey? Pindah dengan WhatsApp Business API Saja!

Jika Anda mau menghemat uang dan menekan biaya pengeluaran dalam bisnis, berhenti menggunakan telepon konvensional dalam melakukan telesurvey! Yuk, hubungi Ivosights untuk mendapatkan layanan WhatsApp Business API terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami