7 Cara Agen Telemarketing Tentukan Produk Relevan untuk Setiap Pelanggan

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 15 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"Inilah beberapa cara agen telemarketing menentukan produk yang relevan. Dengan begitu, target penjualan akan lebih terfokus pada pelanggan yang benar berminat."

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, keberhasilan dalam menjual produk dalam bisnis sangat bergantung pada kemampuan agen telemarketing. Agen telemarketing  memiliki banyak tugas, salah satunya memahami dan menawarkan produk yang tepat kepada setiap pelanggan. Dengan melakukan kedua hal ini, agen telemarketing dapat memfokuskan penjualan produk bisnis dengan pelanggan yang lebih berpotensi untuk membelinya. Sebelum mengetahui bagaimana cara agen telemarketing menentukan produk relevan, adanya baiknya Anda ketahui dahulu pengertian telemarketing itu sendiri.

Kenali Apa Itu Telemarketing

Telemarketing adalah salah satu metode pemasaran yang melibatkan interaksi antara agen dengan calon pelanggan melalui telepon. Dalam telesurvey ini, agen telemarketing dapat mempromosikan produk atau layanan kepada penerima telepon sehingga meningkatkan profit bagi bisnis.

Beberapa Peran Agen Telemarketing di Bidang Penjualan

Inilah beberapa peran agen telemarketing di bidang penjualan dalam bisnis:

  • Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

Agen telemarketing bertugas menjalin hubungan dengan pelanggan, memahami kebutuhannya, dan memberikan solusi yang sesuai.

  • Memperkenalkan Produk

Kemudian, agen telemarketing bertugas untuk memperkenalkan produk atau layanan kepada pelanggan dengan cara yang persuasif.

  • Memberikan Informasi

Agen telemarketing juga memberikan informasi detail tentang produk kepada pelanggan, termasuk keunggulan dan manfaatnya.

Baca juga: 7 Tips Gunakan Telemarketing untuk Kampanye Peluncuran Produk Baru

Manfaat Menentukan Produk Relevan dengan Setiap Pelanggan

Inilah sejumlah manfaat menentukan produk relevan dengan setiap pelanggan:

  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Produk yang relevan dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan dapat memenuhi harapan mereka dan memberikan solusi yang efektif atas masalah yang dihadapi.

  • Meningkatkan Tingkat Konversi

Pelanggan cenderung melakukan pembelian jika melihat adanya nilai dan manfaat yang jelas dari produk tersebut. Dengan ini, tingkat konversi pelanggan juga akan meningkat.

  • Mengurangi Tingkat Penolakan

Produk yang relevan cenderung memiliki tingkat penolakan yang lebih rendah. Pelanggan akan lebih cenderung menerima penawaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Selain tingkat penolakannya yang cukup rendah, menawarkan produk yang relevan juga dapat meningkatkan efektivitas upaya pemasaran.

  • Meningkatkan Retensi Pelanggan

Pelanggan yang merasa bahwa bisnis memahami kebutuhan mereka akan cenderung untuk tetap setia. Pemberian produk relevan dapat membantu membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, meningkatkan retensi, dan mengurangi churn rate.

  • Meningkatkan Efisiensi Pemasaran

Saat produk yang relevan ditawarkan kepada pelanggan yang tepat, semua upaya pemasaran menjadi lebih efisien.

  • Mendorong Pembelian Berulang

Produk yang relevan dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian berulang. Apalagi jika pelanggan merasakan manfaat dari produk yang dibeli sebelumnya.

  • Meningkatkan Efektivitas Kampanye Pemasaran

Saat produk yang relevan dipromosikan dalam kampanye pemasaran, pelanggan akan lebih tertarik untuk memahami produk dan manfaat yang ditawarkan secara mendalam.

Pentingnya Agen Telemarketing Menentukan Produk Relevan untuk Setiap Pelanggan

Inilah pentingnya agen telemarketing mampu tentukan produk relevan untuk setiap pelanggan:

  • Peningkatan Penjualan

Pelanggan lebih cenderung membeli jika mereka merasa bahwa produk yang ditawarkan relevan dengan kebutuhan mereka.

  • Kepercayaan Pelanggan

Menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan akan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap agen telemarketing.

  • Peningkatan Loyalitas Pelanggan

Layanan yang personal dan relevan membuat pelanggan merasa dihargai sehingga meningkatkan loyalitas.

7 Cara Agen Telemarketing Mampu Tentukan Produk Relevan untuk Setiap Pelanggan

Inilah tujuh cara agen telemarketing mampu tentukan produk relevan untuk setiap pelanggan:

  • Analisis Data Pelanggan

Agen telemarketing perlu menggali informasi dari database pelanggan. misalnya riwayat pembelian, preferensi, dan perilaku pelanggan. Dengan ini, agen dapat mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Pertanyaan Terarah

Kemudian, agen telemarketing harus mengajukan pertanyaan terarah kepada pelanggan untuk dapat memahami kebutuhan dan masalah pelanggan dengan lebih baik.

  • Mendengarkan Aktif

Agen perlu memberi perhatian pada informasi yang diberikan oleh pelanggan, baik kebutuhan yang spesifik maupun harapan mereka terhadap produk yang ditawarkan.

  • Pengetahuan Mendalam tentang Produk

Lalu, agen telemarketing harus memiliki pengetahuan mendalam tentang produk yang ditawarkan. Dengan ini, agen dapat lebih mencocokkan produk dengan kebutuhan pelanggan.

  • Personalisasi Penawaran

Berdasarkan informasi yang diperoleh, agen dapat menyusun penawaran personal dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Personalisasi penawaran ini akan meningkatkan kemungkinan pelanggan tertarik untuk melakukan pembelian.

  • Pemahaman Industri dan Tren

Agen telemarketing perlu memahami tren industri dan perkembangan pasar terkini. Dengan begitu, mereka dapat menyarankan produk yang tidak hanya relevan saat ini, tetapi juga mempertimbangkan kebutuhan mendatang pelanggan.

  • Pelatihan dan Pengembangan

Terakhir, pihak bisnis Anda perlu memberikan pelatihan dan pengembangan yang tepat kepada agen telemarketing, misalnya pemahaman berbagai produk, teknik penjualan, dan keterampilan komunikasi untuk menentukan produk yang tepat.

Baca juga: 7 Cara Membujuk Prospek untuk Membeli Produk dari Agen Telemarketing

Berikan Dukungan Agen Telemarketing dengan Sistem CRM!

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan supaya agen telemarketing mampu menentukan produk relevan untuk setiap pelanggan bisnis Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, agen telemarketing juga dapat memberikan layanan yang lebih baik, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan dekat dengan pelanggan.

Untuk meningkatkan efisiensi strategi telemarketing, sediakan agen telemarketing bisnis Anda dengan berbagai teknologi pendukung panggilan, contohnya sistem CRM serbaguna. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih Sociomile, sistem contact center milik kami yang mengintegrasikan sebanyak 13 platform digital dan suara dalam satu dashboard utama. Sociomile juga dapat diakses dari berbagai lokasi berkat adanya IP PBX Telephony System. Jangan ragu untuk menghubungi tim Ivosights untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai sistem Sociomile ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami