Jenis Contact Center yang Jarang Diketahui, Saatnya Anda Harus Tahu!

Sociomile

,

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Jumat, 20 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstock.

"Contact center sangat dibutuhkan karena memberikan layanan bantuan kepada pelanggan yang memiliki pertanyaan atau masalah dengan produk atau layanan perusahaan"

Contact center adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menangani interaksi pelanggan melalui telepon, email, chatting, atau media sosial. Contact center dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti memberikan dukungan pelanggan, menangani keluhan, menjawab pertanyaan, atau melakukan penjualan. Beberapa jenis contact center yang umum diketahui, diantaranya adalah inbound contact center, outbound contact center, blended contact center dan virtual contact center. Namun, selain 4 jenis contact center tersebut, ternyata masih banyak jenis contact center yang belum banyak diketahui, loh. Dalam artikel ini, Ivosights akan memberitahu Anda mengenai jenis-jenis contact center yang jarang diketahui. Informasi ini sangat penting, terutama bagi Anda yang ingin mulai masuk ke dunia contact center, baik sebagai profesional maupun pengguna jasanya.

Mengapa Contact Center Sangat Dibutuhkan?

Contact center sangat dibutuhkan karena memberikan layanan bantuan kepada pelanggan yang memiliki pertanyaan atau masalah dengan produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan. Dengan adanya contact center, pelanggan dapat menghubungi perusahaan kapan saja dan dari mana saja untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan. Ini meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga hubungan yang baik antara pelanggan dan perusahaan.

Selain itu, contact center dapat membantu perusahaan dalam mengelola dan menganalisis data pelanggan. Dengan mengumpulkan data dari interaksi pelanggan, perusahaan dapat mengetahui kebutuhan dan harapan pelanggan sehingga dapat meningkatkan layanan dan produk yang ditawarkan. Data ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dengan meningkatkan proses pelayanan kepada pelanggan.

Contact center juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan dengan meningkatkan tingkat penjualan dan pemasaran. Melalui interaksi dengan pelanggan, contact center dapat memberikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan sehingga dapat meningkatkan penjualan. Contact center juga dapat digunakan untuk melakukan pemasaran yang efektif dengan menawarkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Pengertian, Tugas, dan Fungsi Call Center

Jenis Contact Center yang Jarang Diketahui

Beberapa jenis contact center yang jarang diketahui adalah sebagai berikut.

  • Self-service contact center: Contact center yang menyediakan layanan pelanggan melalui sistem otomatis, seperti telepon atau internet, yang memungkinkan pelanggan untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri.
  • Video contact center: Contact center yang menyediakan layanan pelanggan melalui video call, seperti menggunakan aplikasi video conferencing.
  • Cloud-based contact center: Contact center yang menggunakan teknologi cloud computing untuk menyimpan dan mengelola data dan aplikasi.
  • Proactive contact center. Contact center yang mengontak pelanggan secara proaktif untuk memberikan dukungan, seperti mengingatkan pelanggan tentang rencana layanan yang akan berakhir atau memberikan update produk.
  • AI-powered contact center: Contact center yang menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan pelanggan.
  • Integrated contact center: Contact center yang terintegrasi dengan sistem CRM (Customer Relationship Management) atau ERP (Enterprise Resource Planning) untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan pelanggan.
  • Co-browsing contact center. Contact center yang memungkinkan agent untuk berbagi layar dengan pelanggan dalam sesi layanan pelanggan, membantu dalam memberikan solusi atau panduan.
  • Nearshore contact center: Contact center yang berada di negara-negara tetangga dan memiliki kultur yang serupa dengan negara asal perusahaan.
  • Offshore contact center: Contact center yang berada di negara-negara yang berbeda dari negara asal perusahaan, seringkali digunakan untuk menghemat biaya.
  • Hybrid contact center: Contact center yang menggabungkan beberapa jenis contact center, seperti inbound dan outbound, atau on-premise dan cloud-based.
  • Fraud detection contact center: Contact center yang bertanggung jawab untuk mendeteksi dan mengatasi dugaan aktivitas penipuan yang dilakukan oleh pelanggan atau pihak lain.
  • Fraud prevention contact center: Contact center yang dikelola untuk mencegah dan mengatasi dugaan aktivitas penipuan yang dilakukan oleh pelanggan atau pihak lain.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Contact Center Bagi Perusahaan

Ingin Memiliki Contact Center yang Lengkap Perusahaan Anda?

Tertarik memiliki BPO Contact Center yang lengkap meningkatkan kepuasan pelanggan? Jika iya, Anda berada di halaman yang tepat. Ivosights melalui layanan Sociomile siap membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis dan memuaskan pelanggan. Dengan dukungan sumber daya manusia dan sistem yang profesional dan canggih, Ivosights akan membantu Anda dalam memaksimalkan customer engagement dalam bisnis.

Sistem contact center Sociomile dari Ivosights adalah sistem contact center dengan layanan terlengkap di bidangnya yang bertujuan untuk membantu suatu brand atau perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal secara efektif dan efisien, tidak perlu membuka berbagai platform yang berbeda-beda dalam satu waktu, Anda dapat melakukannya hanya melalui satu dashboard.

Sociomile mengintegrasikan 13 kanal digital dan voice dalam satu dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis. Hal lain yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Ivosights menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang dikembangkan secara cepat dengan dukungan tim lokal. Ayo hubungi Ivosights sekarang dan rasakan manfaat layanan Sociomile dari Ivosights segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami