Kegunaan Layanan SocioBot, Dapat Tingkatkan Customer Experience!

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 08 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - SocioBot. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - SocioBot. Shutterstock.

"Artikel ini membahas tentang fitur hingga pengaplikasian layanan SocioBot untuk meningkatkan interaksi pelanggan dengan bisnis Anda."

Berbagai jenis robot dengan kecerdasan artifisial baru-baru ini mendapatkan perhatian dunia. Program-program buatan manusia tersebut dibuat dengan tujuan mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu bentuk program buatan ini dikenal dengan sebutan SocioBot. Dengan menggabungkan beberapa elemen kecerdasan artifisial, SocioBot memanfaatkan program komputer ataupun robot untuk berinteraksi sosial dengan manusia. Lalu, apa sajakah keuntungan menggunakan fitur SocioBot? Untuk itu, Anda diharuskan untuk menyimak penjelasan mendalam mengenai SocioBot berikut ini.

Kenali Pengertian SocioBot

SocioBot adalah sebuah layanan program komputer dengan dasar kecerdasan buatan dan diintegrasikan dengan sistem contact center Sociomile. Chatbot ini dapat menerima dan memproses pesan dari pengguna terkait jawaban atau solusi dari pertanyaan yang diajukan sebelumnya. SocioBot dapat dikoneksikan ke beberapa kanal digital, misalnya web chat, Telegram, dan Whatsapp.

Fungsi Layanan SocioBot

Sebagai fitur pendukung, SocioBot memiliki empat fungsi utama, yaitu:

  • Sarana Edukasi dan Pembelajaran

SocioBot dapat berfungsi untuk membantu kegiatan pembelajaran di sekolah maupun institusi pendidikan lainnya. Chatbot satu ini dapat memberikan penjelasan materi, menguji pemahaman siswa, serta memberikan saran dalam beberapa mata pelajaran. Semua ini dilakukan melalui interaksi menarik yang adaptif.

  • Menjadi Asisten Pribadi yang Interaktif

Untuk kehidupan pribadi penggunanya, SocioBot dapat mengatur penjadwalan, mengingatkan jadwal penggunanya, dan mencari informasi yang dibutuhkan. Pengalaman yang ditawarkan terasa lebih personal dan intuitif berkat interaksi sosial menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) yang terasa alami.

Baca juga: Sociobot, Permudah Pelayanan Pelanggan

  • Tempat Layanan Pelanggan

SocioBot umumnya digunakan untuk keperluan bisnis. Hal ini disebabkan karena SocioBot dapat berperan sebagai asisten chat yang dapat aktif selama 24 jam. Chatbot ini juga bisa menanggapi pertanyaan serta permintaan pelanggan secara cepat, menawarkan solusi, hingga memberikan layanan dengan menyenangkan.

  • Pendukung Kesehatan Mental Pelanggan

Beberapa pihak kesehatan menggunakan SocioBot untuk membuat penggunanya merasa nyaman. Melalui interaksi dengan manusia, SocioBot bisa memonitor kesehatan mental penggunanya, memberikan dukungan secara emosional, dan terakhir memberikan solusi untuk mengatasi segala permasalahan kesehatan mental penggunanya.

Manfaat Pengaplikasian Layanan SocioBot

Ada beberapa manfaat dari penggunaan layanan SocioBot, yaitu sebagai berikut:

  • Mempermudah Interaksi dengan Pelanggan

SocioBot bisa digunakan di berbagai aplikasi digital, seperti Whatsapp, Telegram, dan Webchat. Layanan ini menggunakan NLP yang membuat bot bisa berkomunikasi menggunakan bahasa manusia. Dengan begitu, komunikasi antar dua arah jadi lebih natural. Jawaban yang diberikan bot juga bisa sesuai dengan keinginan penggunanya berkat fitur pattern matching. Selain itu, SocioBot juga menampilkan beberapa widget yang berisikan jawaban di layar perangkat penggunanya. Widget ini mempermudah Anda melakukan pengaksesan dengan cukup menekan tombol saja.

  • Tersedia Selama 24 Jam

Selainaktif hingga 24 jam lamanya,SocioBot dapat memberikan respon ke keluhan pelanggan secara cepat dibandingkan agen live chat pada umumnya. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk menerima pelayanan dari perusahaan.

Baca juga: SocioBot, Chatbot dengan Teknologi Termutakhir

  • Menghemat Waktu

Seperti yang disebutkan di atas, penggunaan layanan SocioBot terbukti memangkas waktu pelayanan pelanggan sehingga mereka tidak perlu menunggu antrian untuk berkonsultasi dengan perusahaan. Hal ini berbeda dengan layanan live agent yang hanya bisa menangani konsultasi satu per satu sesuai antrian.

  • Menghemat Biaya Pelayanan

Biaya layanan pelanggan dapat terpangkas berkat SocioBot karena perusahaan dapat mempekerjakan lebih sedikit agen contact center.

  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Respon yang cepat dan penawaran solusi tepat bisa membuat pelanggan merasa terbantu dengan pelayanan yang diberikan SocioBot.

  • Meningkatkan Penjualan Perusahaan

SocioBot bisa menambah penjualan produk perusahaan berkat pelayanan pelanggannya yang cepat dan tepat. Layanan ini juga berpotensi meningkatkan hasil investasi sebesar 305%.

Dapatkan Layanan SocioBot melalui Ivosights

Ivosights menyediakan layanan SocioBot yang terintegrasi dengan sistem contact center Sociomile. Sistem Sociomile mendukung sebanyak 13 platform digital yang dapat diakses bersamaan melalui satu dashboard utama yang user friendly. Anda juga bisa mendapatkan laporan keluhan pengguna dalam berbagai format dan mengkustomisasi workflow menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda. Dapatkan layanan Sociomile sekarang dengan menghubungi call center Ivosights!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami