Sociobot, Permudah Pelayanan Pelanggan

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 03 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Sociobot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Sociobot. Shutterstock.

"Sociobot adalah mempermudah pelaku bisnis untuk membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya."

Penggunaan internet saat ini meningkat pesat dari beragam seluruh dunia. Pengguna ataupun pelanggan banyak menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi. Dengan live chat, perusahaan agar lebih mudah menjangkau kebutuhan pelanggan. Untuk mempermudah hal tersebut, dibutuhkan sebuah fitur yang dinamakan Sociobot. Dengan adanya Sociobot, akan mempermudah pelaku bisnis untuk membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya.

Fitur Sociobot ini bisa dibilang bot yang mampu melayani pelanggan berupa pesan seperti chat yang dimana ini turut membantu pelanggan dengan keinginannya walaupun tidak se-sempurna layanan dengan manusia.

Apa itu Sociobot?

Sociobot merupakan program atau fitur yang berbasis kecerdasan buatan atau artficial intelligence (AI) yang memiliki fungsi sebagai simulasi percakapan layaknya dengan manusia. Teknologi atau fitur ini bisa disebut sebagai asisten digital yang dapat merespon dan memahami proses permintaan pelanggan dan memberikan jawaban secara cepat dan lengkap. Sociobot merupakan bot yang sering digunakan oleh banyak perusahaan seperti e-commerce, bank, dan layanan masyrakat yang bertujuan untuk mempermudah perusahaan dalam melayani masyarakat secara cepat dan tepat.

Manfaat Sociobot

Selain sebagai bot untuk mempermudah pelanggan, Sociobot juga memiliki manfaat dalam bisnis untuk yang tentunya juga mempermudah para pekerja. Apa saja ya?

#1 Menghemat Waktu

Menggunakan Sociobot tentunya akan menghemat waktu pelanggan. Terkadang, pelanggan tidak perlu datang ke tempat dan mengantri karena apa yang mereka butuhkan sudah terjawab oleh Sociobot. Hal ini tentunya juga akan meningkatkan nilai pelanggaan terhadap perusahaan.

#2 Menghemat Biaya

Sociobot ini merupakan bot yang sangat efektif bagi bisnis yang sedang dalam masa penghematan. Bot juga bisa menjadi solusi bagi perusahaan dalam melayani pelanggan secara cepat dan hemat.

#3 24 Jam

Sociobot juga diperlukan untuk melayani pelanggan selama 24 jam. Hal ini dilakukan agar pelanggan merasa tidak perlu khawatir karena apa yang mereka ingin tanyakan bisa dijawab oleh Sociobot.

#4 Meningkatkan Pengalaman Pelanggan yang Baik

Sociobot bisa membangun percakapan dengan pelanggan secara proaktif melalui fitur dan bantuan yang ditawarkan sehingga pelanggan nyaman karena mendapatkan bantuan. Dengan adanya bot ini, tentu kerap dimanfaatkan sebagai solusi untuk meningkatkan Customer Experience atau Pengalaman Pelanggan yang Baik.

#5 Meningkatkan Jumlah Penjualan

Fitur bot pada Sociobot ini tak hanya membantu untuk meningkatkan Customer Experience saja namun, fitur ini juga berpengaruh pada reputasi. Jika perusahaan memiliki reputasi yang baik, maka pelanggan akan percaya pada perusahaan tersebut saat akan melakukan transaksi.

Reputasi disini juga sangat penting bagi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, jika perusahaan memiliki reputasi yang bagus, maka jumlah penjualan tentunya akan meningkat, namun jika perusahaan tidak memiliki reputasi yang baik, maka penjualan akan sulit ditingkatkan. Tak hanya itu, efektivitas fitur bot sendiri kemudian akan menghasilkan peningkatan pada customer experience yang tentunya itu merupakan hal sangat penting bagi perusahaan dan pelanggan.

#6 Pendukung Lead Generation

Lead generation adalah langkah bisnis untuk menghasilkan konversi dari setiap pengunjung yang datang ke website perusahaan. Dengan menggunakan bot ini, tentunya bisa dimanfaatkan sebagai untuk mengumpulkan data penting seperti alamat email dan nomor telepon hingga memetakan target pasar berdasarkan produk yang disukai atau tidak disukai. Dengan memanfaatkan hal tersebut, perusahaan bisa mengetahui pengunjung yang memiliki potensi untuk menjadi pembeli.

Bagaimana, sangat penting bukan dengan adanya Sociobot ini? Bot ini tentunya akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis serta akan meningkatkan customer experience kepada perusahaan agar terus dikenal baik oleh para calon pembeli.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami