Apa Saja Tugas Customer Service?

BPO Contact Center | Senin, 22 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. iStock.
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. iStock.

Customer service merupakan elemen penting dalam sebuah perusahaan. Mereka adalah garda terdepan dalam berhubungan dengan customer, baik untuk mendengarkan keluhan hingga menjawab pertanyaan mereka. Profesi ini dibutuhkan di berbagai lini pekerjaan, mulai dari perbankan, transportasi, kesehatan, hingga teknologi. Kira-kira apa saja tugas customer service? Di artikel kali ini kita akan membahas tentang apa saja tugas dari customer service serta penjabarannya secara singkat.

Tugas Customer Service

Ada beberapa tugas yang dimiliki oleh customer service. Beberapa tugas customer service yang akan dijabarkan di bawah ini merupakan tugas yang umum dimiliki profesi ini.

#1 Memberikan Penjelasan Produk dan Layanan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bila customer service merupakan garda awal dalam berhubungan dengan customer. Oleh sebab itu, penting bagi mereka untuk memiliki pengetahuan mendalam tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Hal ini karena customer service akan menjadi orang yang menjelaskan produk dan layanan kepada customer. Bila ada customer yang bertanya, maka customer service akan menjawab. Dengan kata lain, customer service adalah wakil perusahaan sebagai kontak pertama dari pelanggan atau pihak eksternal.

#2 Membantu Menyelesaikan Masalah Customer

Tugas customer service yang kedua adalah menyelesaikan masalah. Tidak jarang pelanggan datang ke customer service karena ingin mendapat jawaban atas masalah yang mereka alami. Misalnya, orang datang ke customer service ketika ATM miliknya tertelan oleh mesin. Atau, dalam kasus pembatalan tiket kereta, orang datang ke customer service untuk melakukan proses pembatalan tiket.

Oleh karena itu seorang customer service diharuskan memiliki kemampuan problem solving yang baik, serta mampu berkomunikasi dengan jelas. Hal ini berguna untuk menyelesaikan masalah dengan cepat, serta menjelaskan solusi dengan baik agar pelanggan mudah memahaminya.

#3 Membina Hubungan Baik

Customer service merupakan wajah perusahaan di depan customer. Tentunya, setiap perusahaan menginginkan citranya baik di depan pelanggan atau eksternal. Citra yang baik akan menguntungkan perusahaan, dan memperlancar bisnis. Sedangkan, citra buruk tentunya tidak baik untuk sebuah bisnis. Salah saru cara untuk membina hubungan baik lewat pelanggan adalah dengan menggunakan customer service.

Dengan customer service yang baik, cakap, serta tanggap, maka pelanggan akan lebih nyaman untuk bertanya tentang produk, menceritakan masalah, hingga berkemungkinan besar untuk kembali menggunakan suatu produk/layanan. Hal ini tentu akan menciptakan citra perusahaan yang baik di mata pelanggan dan pihak eksternal.

#4 Sebagai Data Entry

Customer service juga punya tugas untuk memasukan data ke dalam komputer. Ketika pelanggan menelepon karena suatu masalah, maka customer service punya tugas untuk mencatat berbagai keluhan yang disampaikan dan memasukkannya ke dalam file. Selain itu, ketika pelanggan membeli suatu produk, customer service juga akan mencatat informasi pembelian ke dalam komputer.

#5 Membantu Penjualan Produk

Tugas customer service selanjutnya adalah membantu penjualan produk bisnis. Tak jarang calon konsumen datang ke bagian customer service untuk bertanya tentang produk atau layanan yang dipunyai suatu perusahaan. Disinilah peran customer service amat penting. Selain diwajibkan untuk memiliki product knowledge yang mumpuni, mereka juga diwajibkan untuk mempunyai kemampuan persuasi yang baik. Mereka bisa memanfaatkan momen ini untuk menunjukan keunggulan-keunggulan produk bisnisnya dibanding yang lain. Mereka juga bisa menjelaskan dengan baik apa saja keuntungan yang bisa customer dapatkan ketika menggunakan layanan mereka.

Maksimalkan Layanan Customer Service

Ada cara yang mudah dan simple untuk memaksimalkan kinerja customer service. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Ivosights BPO Contact Center. Layanan Business Process Outsourcing (BPO) Contact Center menyediakan pengelolaan layanan Customer Service yang berkualitas dan terlatih. Dengan menggunakan layanan ini, kamu bisa berfokus pada mengembangkan bisnis utamamu, tanpa perlu khawatir perihal loyalitas dan kepuasaan customer.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.