Ukur Efektivitas Buzzer dan KOL dengan Social Media Listening Tools

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 04 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Media Listening Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Media Listening Tools. Shutterstock.

"Perusahaan dapat mengukur kinerja dan efektivitas pemasaran buzzer dan KOL dengan social media listening tools by Ripple10"

Di era digital saat ini, peran influencer dan buzzer dalam pemasaran telah menjadi semakin signifikan. Namun, untuk memastikan investasi pemasaran Anda menghasilkan hasil yang diinginkan, penting untuk dapat mengukur efektivitas kampanye yang melibatkan mereka. Itulah mengapa penggunaan social media listening tools menjadi sangat penting. Dengan alat-alat ini, perusahaan dapat menganalisis dampak dan respons dari setiap postingan atau konten yang dibagikan oleh influencer dan buzzer. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang bagaimana social media listening tools dapat membantu Anda mengukur efektivitas kampanye yang melibatkan buzzer dan Key Opinion Leader (KOL), serta bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Anda.

Apa itu Social Media Listening Tools? 

Social media listening tools adalah alat yang dipakai oleh institusi, perusahaan, atau pelaku bisnis untuk memantau, menganalisis, dan memahami percakapan digital di media sosial, blog, atau forum online. Tujuannya adalah agar perusahaan dapat mengikuti perkembangan dan memperoleh pemahaman tentang topik yang sedang dibicarakan oleh masyarakat. Biasanya, perusahaan berupaya untuk mendapatkan informasi terkait industri di mana mereka beroperasi atau tentang perusahaan dan produk mereka secara khusus. Dengan menggunakan alat pendengar media sosial, perusahaan dapat menjaga reputasi mereka dari isu-isu negatif. Salah satu contoh social media listening tools dari Indonesia adalah Ripple10.

Baca Juga: Mengenal Ripple10, Social Media Listening Tools dengan Fitur Variatif! 

Mengukur Efektivitas Buzzer dan KOL dengan Social Media Listening Tools

Social media listening tools memiliki berbagai macam fitur penunjang media monitoring. Seperti mengukur sentimen masyarakat, mengukur kesehatan brand di dunia digital, memantau bisnis dalam sisi kompetitif, hingga mengukur efektivitas buzzer dan KOL. Pada zaman ketika sosial media menjadi kanal paling populer untuk masyarakat berinteraksi, keberadaan buzzer dan KOL seringkali dijadikan prioritas untuk pemasaran produk dan layanan suatu perusahaan.

Buzzer merupakan seseorang atau sekelompok yang sengaja dibayar oleh perusahaan untuk memasarkan produk dan layanan di sosial media. Setiap buzzer pada umumnya memiliki tingkat dan dampak yang berbeda terhadap audiensnya, terdapat buzzer dengan dampak yang tinggi dan buzzer dengan dampak yang tidak terlalu tinggi untuk audiensnya. Sementara KOL (Key Opinion Leader) merupakan seseorang yang dianggap memiliki pengaruh dalam industri atau komunitas tertentu. Perbedaan utama dari buzzer dan KOL adalah bahwa KOL cenderung memiliki keterlibatan dan pengaruh yang lebih terfokus dan besar pada audiensnya. 

Perusahaan dapat mengukur kinerja dan efektivitas pemasaran buzzer dan KOL dengan social media listening tools. Ripple10 memiliki fitur bernama Buzzer Tracking & Monitoring, berisi metriks yang dapat dimanfaatkan untuk menilai apakah buzzer dan KOL yang dipekerjakan sudah sesuai dengan target yang diinginkan perusahaan.

Peran Buzzer dan KOL pada Strategi Pemasaran Bisnis

Buzzer dan KOL memiliki berbagai macam peran yang dapat dimanfaatkan suatu bisnis untuk memasarkan produk dan layanannya, yaitu sebagai berikut:

  • Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan Audiens

Key Opinion Leaders (KOL) dan buzzer menggunakan media sosial sebagai penunjang komunikasi dengan audiens. Ketika KOL dan buzzer mempromosikan produk atau layanan dari suatu brand, audiens akan merasa brand tersebut kredibel. Sehingga, akan muncul kepercayaan audiens terhadap brand tersebut. Terutama bagi para KOL yang sudah memiliki audiens dengan minat dan komunitas yang sama.

  • Mendorong Interaksi Audiens

Tak hanya meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan audiens, KOL dan buzzer dapat meningkatkan interaksi audiens dengan brand melalui KOL dan buzzer. Audiens biasanya akan berinteraksi melalui fitur like, comment, dan share pada media sosial yang digunakan.

  • Meningkatkan Kesadaran Merek

Brand yang masih merintis dan belum memiliki pelanggan tetap pada umumnya akan diuntungkan dengan jasa buzzer dan KOL. Dengan pihak-pihak yang mempromosikan brand, masyarakat umum akan mulai mengenal brand baru tersebut. Kerja sama yang dilakukan dalam jangka waktu yang panjang juga berpengaruh untuk tingkatkan jangkauan audiens.

  • Mempengaruhi Audiens untuk Membeli Produk dan Layanan

Buzzer dan KOL memiliki keahlian untuk mempengaruhi audiens dengan konten-konten yang dibuatnya. Ketika mereka merekomendasikan produk dan layanan, audiens akan mempertimbangkan untuk membeli produk berdasarkan kepercayaan dan kredibilitas yang mereka miliki pada KOL dan buzzer.

  • Menjangkau Audiens yang Lebih Bertarget

Key Opinion Leaders (KOL) memiliki audiens yang sesuai target dengan komunitas dan minat yang serupa. Suatu brand yang dapat menemukan KOL yang sesuai dapat diuntungkan dengan pemasaran yang sesuai segmentasi ini. Sehingga, jangkauan audiens akan langsung relevan dan penawaran yang diberikan akan jauh lebih efektif.

  • Menghasilkan Konten Pemasaran

Buzzer dan KOL pada umumnya akan membuat konten pemasaran mengenai review produk dan layanan suatu brand. Konten ini bersifat otentik dan menarik untuk meningkatkan kepercayaan audiens. Sehingga, audiens akan merasa yakin untuk membeli dan menggunakan produk dan layanan dari brand tersebut.

Dengan peran-peran tersebut, perusahaan akan merasa penggunaan buzzer dan KOL merupakan taktik paling ampuh untuk mendapatkan keterlibatan dan interaksi audiens secara instan. Anda juga dapat mengukur efektivitas strategi ini dengan salah satu fitur pada social media listening tools.

Baca Juga: Peran Feedback Pelanggan di Social Media Listening Tools untuk Bisnis

Ingin Mengukur Efektivitas Buzzer dan KOL dengan Social Media Listening Tools? Segera Hubungi Ivosights!

Dapatkan manfaat dan keunggulan social media listening tools, Ripple10, dari Ivosights! Ripple10 merupakan social media listening tools yang sangat cocok untuk dipakai pelaku bisnis yang ingin mengukur efektivitas strategi pemasaran melalui buzzer dan KOL. Social media listening tools ini memiliki berbagai macam fitur yang saling melengkapi satu sama lain sehingga efektif untuk digunakan dalam memahami konsumen, mengetahui kompetisi dan tren pasar, juga mengawasi persepsi dan mengetahui respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Social media listening tools juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. Dengan CRM dan social media listening tools ini, perusahaan dapat memaksimalkan penjagaan reputasi brand dengan baik. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami