Peran Feedback Pelanggan di Social Media Listening Tools untuk Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 25 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social media listening tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social media listening tools. Shutterstock.

"Feedback pelanggan melalui social media listening tools berperan penting untuk stabilitas perusahaan. Simak ulasannya di sini!"

Di era dominasi digital, hampir segala bentuk operasional suatu bisnis dilakukan di dunia maya. Dimulai dari sistem transaksi, pembayaran, hingga pengiriman suatu barang. Aspek lain yang pemahamannya perlu ditanamkan oleh perusahaan adalah fenomena branding atau pencitraan merek. Hal ini mengacu pada suatu persona yang dibangun pebisnis untuk menjadikan brand mereka bercitra positif di hadapan masyarakat. Segala bentuk branding ini ditunjang oleh suatu alat bernama social media listening tools.

Apa itu Social Media Listening Tools? 

Social media listening tools merupakan perangkat atau alat yang digunakan oleh perusahaan untuk memonitor percakapan digital masyarakat di berbagai platform, seperti media sosial, blog, dan forum online.

Dengan memantau percakapan digital ini, diharapkan perusahaan dapat terus terhubung dengan tren terbaru dan memahami topik yang sedang dibicarakan oleh masyarakat. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk memahami sentimen publik terhadap industri mereka dan merek mereka sendiri. 

Salah satu contoh social media listening tools adalah Ripple10 dari Ivosights. Ripple10 menyediakan solusi yang mudah digunakan bagi perusahaan dan bisnis lainnya untuk memantau respons masyarakat melalui dasbor yang intuitif, cocok untuk pengguna pemula.

Baca Juga: Mengenal Ripple10, Social Media Listening Tools dengan Fitur Variatif! 

Peranan Feedback Pelanggan dalam Berbisnis

Feedback atau umpan balik dari pelanggan merupakan hal yang dapat diketahui ketika perusahaan menggunakan social media listening tools. Feedback yang berhasil terdeteksi oleh social media listening tools akan muncul di dasbor Ripple10, termasuk dengan kecenderungan sentimen positif atau negatif dari data tersebut. Meskipun terkadang feedback yang muncul tak selalu bersifat positif, feedback tetap berperan sebagai kritik yang membantu pebisnis untuk bertumbuh. 

Secara keseluruhan, terdapat beberapa peran feedback pelanggan yang perlu diketahui oleh pebisnis, yaitu sebagai berikut:

  • Memperbaiki Produk dan Layanan Perusahaan

Ketika mengetahui feedback dari pelanggan, sebuah perusahaan dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari produk dan layanan yang ditawarkan. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai ajang evaluasi untuk perusahaan agar dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja serta kualitas brand. Menyesuaikan preferensi dan opini publik nantinya berpengaruh pada peningkatan penjualan.

  • Meningkatkan Customer Experience

Mengidentifikasi feedback pelanggan melalui social media listening tools dapat membantu perusahaan untuk dapat memahami sudut pandang pelanggan. Sudut pandang inilah yang akan membantu perusahaan untuk mengetahui titik permasalahan hingga kekurangan dari sisi operasional bisnis. Apabila di poin sebelumnya terdapat peningkatan dalam produk, poin ini lebih mengerucutkan pada customer experience secara keseluruhan. Salah satu aspek yang dapat dikembangkan misalnya sistem contact center.

  • Menciptakan Pelanggan yang Loyal

Perusahaan yang selalu ‘mendengarkan’ keluhan pelanggan dapat memberikan persepsi yang sangat positif di mata publik. Inovasi serta perbaikan produk dan layanan yang dilakukan secara konstan juga dapat menarik perhatian pelanggan, sehingga menciptakan kesetiaan pelanggan yang mendorong pembelian berulang atau repeat order. Loyalitas ini juga mengacu pada kecenderungan pelanggan untuk tidak beralih pada produk atau brand lain.

  • Mengidentifikasi Tren Pasar

Feedback pelanggan biasanya tidak hanya memuat testimoni atau respon terhadap layanan dan produk perusahaan. Akan tetapi juga pengetahuan mengenai tren terkini, situasi pasar, hingga preferensi dan permintaan yang sering bermunculan. Pengetahuan ini dapat membantu perusahaan untuk selalu terdepan dalam perubahan, inovasi, dan adaptasi terhadap zaman.

Baca Juga: 7 Manfaat Social Media Listening Tools dalam Pembuatan Konten Digital Marketing   

  • Mendorong Brand untuk Berinovasi

Ide dan inovasi terkadang bermunculan dalam data yang terdeteksi social media listening tools. Dengan terus mendengarkan saran dan keluhan pelanggan, perusahaan dapat mengidentifikasi celah yang dapat diisi dengan inovasi baru tersebut. Perusahaan dapat menyesuaikan inovasi ini dengan preferensi pelanggan, sehingga melahirkan produk dan layanan yang langsung tepat sasaran.

  • Membantu Penyusunan Strategi Marketing

Strategi marketing atau pemasaran produk dan layanan memerlukan pendalaman dan pendekatan terhadap segmentasi pasar untuk dapat menyajikan strategi yang efektif dan tepat sasaran. Untungnya, social media listening tools menyediakan platform yang memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan perspektif strategi pemasaran melalui feedback pelanggan yang terkumpul.

  • Membantu Mengatasi Manajemen Krisis

Data percakapan digital yang berhasil dideteksi social media listening tools dapat membantu perusahaan menggali potensi risiko atau tantangan bisnis secara lebih awal. Dengan mengetahui masukan pelanggan, bisnis dapat mendeteksi suatu permasalahan sebelum akhirnya situasi memburuk. Sehingga, perusahaan dapat mengambil langkah preventif untuk mencegah dampak buruk menyebar lebih besar lagi. Fitur yang tercipta di Ripple10 dalam aspek ini dinamakan early alert notification.

Berminat Mengetahui Feedback Pelanggan melalui Social Media Listening Tools? Segera Hubungi Ivosights!

Dapatkan manfaat dan keunggulan Ripple10 dari Ivosights! Ripple10 merupakan social media listening tools yang sangat cocok untuk dipakai pelaku bisnis yang ingin menghimpun feedback pelanggan untuk meningkatkan produk dan layanannya. Social media listening tools ini memiliki berbagai macam fitur yang saling melengkapi satu sama lain sehingga efektif untuk digunakan dalam memahami konsumen, mengetahui kompetisi dan tren pasar, juga mengawasi persepsi dan mengetahui respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ripple10 juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. Dengan kedua perangkat ini, perusahaan dapat memaksimalkan penjagaan reputasi brand dengan baik. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami