Tips Membuat Telesurvey Menarik dengan WhatsApp Business

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 01 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"WhatsApp Business menjadi aplikasi yang berperan penting bagi pebisnis terutama untuk pemilik UMKM. Yuk, simak tips membuat telesurvey yang menarik dengan aplikasi ini"

Telesurvey menjadi bagian yang penting bagi sebuah bisnis. Pendapat yang diberikan oleh pelanggan menjadi salah satu acuan untuk kualitas bisnis tersebut, apakah bisnis tersebut mampu mendapat respon positif atau tidak. Selain itu, pelanggan umumnya juga memiliki banyak potensi untuk membuat sebuah bisnis menjadi jauh lebih baik karena respon dan kritikan yang mereka sampaikan. Lebih lanjut, saat ini melakukan telesurvey bagi pebisnis bukan lagi harus meng-hire pekerja sebagai agen call center untuk menghubungi pelanggan satu persatu. Selain cara tersebut sudah kuno, pemilik bisnis kecil tentu akan merasakan banyak beban yang ditanggung untuk biasa operator tersebut. Untuk itu, adanya keberadaan WhatsApp Business merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi pebisnis yang ingin melakukan telesurvey

Apa itu Telesurvey

Telesurvey adalah suatu cara yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi dari responden dengan melakukan panggilan telepon. Telesurvey biasanya digunakan oleh perusahaan untuk menanyakan pendapat ataupun saran dari pelanggan terkait bisnis, barang, maupun layanan jasa dari perusahaan tersebut.

Biasanya, call center yang melakukan telesurvey tersebut akan menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kepuasan dari pelanggan tersebut. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pun adalah pertanyaan basic yang tidak membutuhkan jawaban yang terlalu panjang. Lebih lanjut, sambungan telesurvey ini memiliki batasan waktu sehingga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

Baca Juga: Intip Tugas dan Manfaat Telesurvey yang Dianggap Remeh

Apa Itu WhatsApp Business

WhatsApp Business merupakan aplikasi yang mendukung bisnis kecil seperti UMKM agar lebih mudah untuk melakukan interaksi dengan pelanggan. Berbeda dengan aplikasi WhatsApp yang kita gunakan sehari-hari, WhatsApp Business memiliki berbagai macam fitur yang berbeda. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, pebisnis dapat dengan mudah melakukan penjualan tanpa terhalang waktu dan keterbatasan. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini juga memungkinkan pebisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan seperti menggunakan fitur automatic chat yang akan memungkinkan pebisnis untuk menjawab secara otomatis saat pelanggan bertanya atau memesan.

Pebisnis tentu akan sulit menjawab pesan yang dikirimkan oleh pelanggan jika harus membalas mereka satu persatu. Banyaknya pesan teks yang berdatangan tapi memiliki pertanyaan serupa juga merupakan hal yang harus dihadapi saat menggunakan aplikasi WhatsApp biasa. Untuk itu, banyak pebisnis yang beralih menggunakan aplikasi WhatsApp Business agar bisnis yang mereka jalani dapat berjalan dengan baik serta membuat peningkatan pada kepuasan pelanggan.

Tips Membuat Telesurvey yang Menarik pada WhatsApp Business

  • Buat Pertanyaan Seputar Produk atau Layanan Jasa

Untuk mengetahui pengetahuan pelanggan terhadap suatu produk atau layanan jasa, perusahaan biasanya akan menanyakan beberapa pertanyaan seputar produk-produk apa saja yang diketahui oleh pelanggan. Hal ini juga bertujuan untuk tidak membuat pelanggan bingung saat melakukan pengisian pada survei.

Untuk itu, buatlah pertanyaan seputar produk atau layanan jasa yang akan menggiring pelanggan menuju pengetahuan mereka tentang hal tersebut. Selain itu, pertanyaan ini juga akan membuat pelanggan mengetahui perusahaan atau bisnis apa yang menghubungi mereka untuk melakukan telesurvey.

  • Tanyakan Pendapat Pelanggan

Tujuan utama dalam melakukan telesurvey ini adalah untuk mendapatkan jawaban dan reaksi pelanggan terhadap produk, layanan jasa, ataupun perusahaan itu sendiri. Namun, perusahaan sebaiknya menghindari melakukan kegiatan ini hanya untuk mendapatkan jawaban pelanggan. Namun, tanyakanlah juga mengenai pendapat pelanggan tentang apa yang mereka pikirkan tentang produk-produk perusahaan.

Hal ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas, kinerja, dan performa produk dan pegawai perusahaan agar menjadi jauh lebih baik lagi. Dengan menanyakan pendapat pelanggan, perusahaan tentu akan mendapat insight baru tentang mereka dan jika ada kritikan dan saran yang membangun akan menjadi terobosan baru untuk perusahaan menjadi jauh lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Langkah Memaksimalkan Tingkat Respon pada Telesurvey Anda

  • Jangan Buat Pertanyaan Terlalu Banyak

Pelanggan tentu akan malas dengan pertanyaan yang diajukan terlalu banyak. Perusahaan ataupun pebisnis seharusnya memikirkan hal ini, karena bukan hanya jawaban memuaskan saja yang harus dimiliki oleh perusahaan, melainkan kenyamanan pelanggan. Pertanyaan seharusnya dibuat dengan protokol agar tidak terlalu banyak dan memiliki pertanyaan yang pantas dengan kata yang baik dan sopan.

  • Hindari Menggunakan Kalimat yang Terlalu Panjang untuk Satu Pertanyaan

Perusahaan tentu ingin membuat pertanyaan yang detail dan berbobot untuk mengulik jawaban yang memuaskan dari pelanggan. Namun, hal ini tentu akan membutuhkan pertanyaan yang panjang dan membuat pelanggan menjadi malas dan enggan menjawab. Untuk itu, hindarilah menggunakan kalimat yang terlalu panjang untuk satu pertanyaan. Buatlah jadi beberapa pertanyaan agar pelanggan mudah menjawabnya.

  • Ucapkan Terimakasih 

Tidak ada pelanggan yang ingin merasa tidak dihargai. Terutama jika mereka sudah melakukan telesurvey yang sebenarnya cukup menyita waktu meski tidak banyak. Untuk itu, lakukanlah telesurvey dan jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih di akhir survei.

  • Buat Multiple Choice

Pelanggan seringkali tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan panggilan telepon untuk melakukan telesurvey maupun mengisi survei yang mengharuskan mereka untuk menulis. Untuk itu, gunakan multiple choice yang memberikan mereka beberapa pilihan untuk menjawab. Pilihan multiple choice dapat Anda temukan pada fitur di WhatsApp Business.

Telesurvey merupakan cara terbaik dan tercepat untuk mendapatkan feedback pelanggan untuk sebuah bisnis. Meskipun terdengar kuno, cara ini dapat digunakan melalui WhatsApp Business yang jadi jauh lebih praktis dan hemat waktu untuk perusahaan dan pelanggan. Itulah beberapa cara yang dapat Anda tiru untuk melakukan telesurvey menggunakan WhatsApp Business. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami