Kenali Lebih dalam Social Media Listening Tools dan Benefitnya!

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 22 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Media Listening Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Media Listening Tools. Shutterstock.

"Social media listening tools memiliki banyak benefit bagi pembentuk strategi bisnis yang efektif. Ketahui lebih dalam di sini!"

Media sosial sudah menjadi hal yang tidak terlepaskan dari kehidupan sehari-hari kita. Bagi bisnis, media sosial dapat menjadi tempat meluncurkan kampanye promosi dan berkomunikasi dengan pelanggan. Selain itu, media sosial juga dapat menjadi sumber data pembentuk strategi bisnis yang efektif. Untuk mempermudah melakukan hal ini, perusahaan dapat menggunakan social media listening tools. Simak artikel ini untuk mengetahui apa itu social media listening tools dan berbagai benefitnya!

Apa Itu Social Media Listening Tools?

Social media listening tools adalah perangkat lunak atau platform yang dirancang khusus untuk melacak, menganalisis, dan mengelola aktivitas dan percakapan di berbagai platform media sosial. Social media listening tools bertujuan untuk membantu bisnis memahami bagaimana merek mereka dipersepsikan oleh audiens mereka, memantau kinerja kampanye, dan mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan kehadiran dan interaksi online mereka.

Fitur-Fitur yang Ada pada Social Media Listening Tools

Berikut beberapa fitur penting yang harus Anda perhatikan pada social media listening tools:

  • Keyword Analysis

Fitur keyword analysis atau analisis kata kunci pada social media listening tools memungkinkan Anda untuk mendapatkan analisis mendalam mengenai percakapan digital yang mengandung kata kunci yang Anda masukkan. Kata kunci tersebut termasuk nama produk, jenis industri, nama brand, topik tertentu, dan lain sebagainya.

  • Sentiment Analysis

Fitur sentiment analysis atau analisis sentimen pada social media listening tools memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi sentimen pelanggan terhadap produk, brand, atau topik yang dipilih berdasarkan percakapan digital mereka.

  • Competitor Analysis

Fitur competitor analysis atau analisis kompetitor pada social media listening tools memungkinkan Anda untuk memantau dan menganalisis aktivitas kompetitor Anda.

  • Audience Analysis

Fitur audience analysis atau analisis audiens pada social media listening tools memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil analisis yang mendalam mengenai audiens atau pelanggan Anda, termasuk segmentasi, demografi, preferensi, dan lain sebagainya.

  • Alert Notification

Fitur alert notification pada social media listening tools merupakan fitur notifikasi pengingat yang akan muncul sentimen negatif. Fitur ini berguna untuk membantu Anda mengidentifikasi krisis secara real time dan menanganinya dengan lebih efisien.

  • Trend Monitor

Fitur trend monitor pada social media listeing tools memungkinkan Anda untuk memantau perubahan tren industri untuk memastikan Anda tetap up-to-date dan kompetitif,

  • Report and Analytics

Fitur report and analytics pada social media listening tools memungkinkan Anda untuk mengakses laporan analisis data yang didapat dari social listening tools.

  • Integrasi dengan CRM

Beberapa social media listening tools memiliki kemampuan untuk berintegrasi dengan CRM (Customer Relationship Management). Integrasi social listening tools dengan CRM dapat membantu Anda untuk bekerja dengan lebih efektif dan memahami pelanggan dengan lebih mendalam.

Baca Juga: Peran Feedback Pelanggan di Social Media Listening Tools untuk Bisnis

Benefit Menggunakan Social Media Listening Tools

  • Pemahaman Kebutuhan Pelanggan yang Mendalam

Social media listening tools memiliki berbagai fitur yang memungkinkan bisnis untuk mengumpulkan data percakapan online dari berbagai kanal. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, perusahaan dapat mendapatkan informasi seputar kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka. Data ini dapat digunakan untuk mengembangkan produk dan layanan yang sesuai hingga dapat memuaskan pelanggan.

  • Mengidentifikasi Sentimen Pelanggan

Dengan fitur analisis sentimen yang ada pada social media listening tools, perusahaan dapat mengetahui opini atau pandangan pelanggan mengenai produk dan layanan yang mereka tawarkan. Perusahaan dapat mengidentifikasi apabila ada sentimen negatif tentang produk atau layanan mereka dan dapat segera mengambil langkah-langkah strategis untuk menangani krisis dan mengubah sentimen negatif tersebut menjadi positif.

  • Menjaga Reputasi Brand yang Positif

Dengan data-data yang didapat dari social media listening tools, perusahaan dapat mengembangkan produk yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan mereka, mengidentifikasi sentimen negatif dengan cepat, serta menangani dan menyelesaikan krisis secara efisien. Dengan melakukan hal-hal tersebut, perusahaan dapat menciptakan sentimen yang positif bagi merek dagang mereka dan membangun brand reputation dengan baik.

  • Mempermudah Riset Pasar dan Tren

Fitur-fitur yang ada pada social media listening tools memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan informasi seputar tren industri dan melakukan riset pasar dengan lebih mudah. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan data komprehensif yang dapat digunakan dalam pembentukan rencana promosi bisnis, pengembangan produk, dan lain sebagainya.

  • Membantu Monitor Aktivitas Kompetitor

Dengan fitur analisis kompetitor, social media listening tools dapat membantu perusahaan untuk memantau dan menganalisis aktivitas, kampanye, dan berita seputar kompetitor industri mereka. Fitur ini sangat bermanfaat karena dengan memantau aktivitas kompetitor, perusahaan dapat mengambil berbagai langkah strategis untuk bisa terus bersaing di dunia bisnis yang kompetitif.

  • Meningkatkan Customer Engagement

Dengan social media listening tools, perusahaan dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan mereka dengan mendalam, memantau pelanggan mereka dari berbagai kanal digital, dan menggunakan data-data ini untuk melakukan komunikasi dan interaksi yang lebih relevan dan personal dengan pelanggan mereka. Hal ini dapat membantu menguatkan keterlibatan dan hubungan pelanggan.

  • Memudahkan Pemantauan Kampanye Online

Dengan menggunakan social media listening tools, perusahaan dapat memantau perkembangan kampanye online yang mereka luncurkan dan melihat bagaimana persepsi terhadap kampanye tersebut. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengevaluasi dan semakin mengembangkan kampanye yang telah dibuat.

Baca Juga: Peran Social Media Listening Tools: Dapat Lakukan Competitive Analysis

Dapatkan Social Media Listening Tools Terbaik, Ripple10!

Social media listening tools memiliki banyak benefit yang dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi bisnis yang efektif dengan pemahaman pelanggan yang mendalam, meningkatkan customer engagement, dan membentuk kampanye promosi yang sukses. Jika Anda ingin menggunakan social media listening tools untuk membantu perkembangan bisnis Anda, Ripple10 adalah solusinya! Ripple10 adalah social media listening tools terlengkap, no. 1 di Indonesia yang dapat membantu Anda memonitor percakapan dari berbagai jenis media sosial, blog, forum online, dan juga portal berita. Hubungi Ivosights dan dapatkan Ripple10 sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami