7 Cara Menjaga Reputasi Brand Menggunakan Social Media Listening Tools

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 19 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social media listening tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social media listening tools. Shutterstock.

"Menjaga reputasi merupakan aspek penting untuk menjaga stabilitas perusahaan. Reputasi bisa dipantau dengan social media listening tools. Simak ulasan berikut!"

Dengan adanya media sosial dan pengaruh digital yang semakin besar, penting bagi setiap perusahaan untuk menjaga reputasinya dengan baik dengan berhati-hati dalam berinteraksi di ranah publik digital. Terkadang, perusahaan menghadapi krisis digital di mana mereka menghadapi tantangan atau konflik yang dapat merusak reputasi mereka secara online. Untuk menjaga reputasi brand di dunia digital, perusahaan dapat menggunakan social media listening tools.

Apa itu Social Media Listening Tools? 

Social media listening tools merupakan perangkat atau alat yang digunakan perusahaan untuk memantau percakapan digital masyarakat. Percakapan ini pada umumnya diambil dari media sosial, blog, forum online, dan kanal digital lainnya. Perangkat ini digunakan perusahaan agar dapat selalu up-to-date pada perkembangan dan mengetahui topik perbincangan masyarakat, baik mengenai hal yang berhubungan dengan industri yang digeluti, atau mengenai perusahaan itu sendiri secara spesifik.

Ivosights menyediakan satu social media listening tools bernama Ripple10. Ripple10 dapat dijadikan solusi bagi perusahaan, institusi, atau pelaku bisnis lainnya untuk dapat mengelola reputasi brand dengan mudah melalui dasbor yang mudah diakses untuk pemula. Ripple10 juga memiliki berbagai macam fitur menarik yang dapat membantu perusahaan menangani berbagai macam krisis digital.

Baca Juga: Mengenal Ripple10, Social Media Listening Tools dengan Fitur Variatif! 

Cara Menjaga Reputasi Brand dengan Social Media Listening Tools

Berikut merupakan strategi yang dapat diterapkan perusahaan untuk dapat menjaga reputasi brand dengan menggunakan social media listening tools:

  • Menjaga dan Meningkatkan Customer Experience

Meningkatkan customer experience merupakan langkah menuju menjadikan pelanggan menjadi loyal terhadap brand. Hal ini dapat dijaga dengan beberapa cara, seperti memperbaiki sistem contact center, membuat interaksi atau konten yang dipersonalisasi, hingga terus mengembangkan produk dan layanan sesuai dengan feedback dari pelanggan. Social media listening tools menyediakan fitur integrasi dengan Sociomile, platform CRM (Customer Relationship Management) yang memungkinkan perusahaan untuk mengakses 13 kanal digital dalam 1 dasbor. Dengan menggunakan fitur integrasi tersebut, perusahaaan dapat merespon komplain, pertanyaan dan feedback dari pelanggan dengan responsif dan penuh empati. 

  • Menerima dan Mempertimbangkan Feedback dari Pelanggan

Dengan menerima feedback langsung dan jujur dari masyarakat, perusahaan dapat mempertimbangkan dan menjadikan itu suatu patokan untuk mengembangkan produk dan layanannya. Sehingga, perusahaan tidak terjebak dalam zona nyamannya saja. Feedback ini biasa didapat apabila perusahaan memantau percakapan digital atau memantau langsung pesan yang masuk dalam contact center. Perusahaan dapat menggunakan fitur integrasi CRM Sociomile atau dengan membaca langsung percakapan digital yang masuk di command center social media listening tools.

  • Memantau Pergerakan Digital

Perusahaan perlu memantau mentions, keywords, dan hashtags mengenai perusahaan secara keseluruhan dari berbagai jenis media sosial. Tak hanya untuk mengetahui tentang obrolan berbau negatif atau krisis, tetapi juga untuk meningkatkan brand awareness. Social media listening tools menyediakan fitur untuk memantau sentimen masyarakat dengan sentimen analysis dan audience analysis. Tak hanya itu, apabila terdapat potensi krisis digital, perusahaan akan mendapatkan pemberitahuan secara dini dengan fitur early alert notification. Untuk merangkum keseluruhan analisis sentimen, perusahaan juga dapat mengecek langsung seberapa sehat brand di dunia digital melalui digital health index.

  • Berkolaborasi dengan Pihak Eksternal

Menjaga reputasi brand dapat juga dilakukan dengan berkolaborasi bersama stakeholders, influencer, atau bahkan jurnalis dan wartawan. Perusahaan dapat membuat kampanye digital yang relevan tentang produk dan layanan yang ditawarkan dengan melibatkan pihak-pihak tersebut. Dengan fitur buzzer tracking & monitoring, perusahaan juga dapat mengawasi apakah kolaborasi tersebut berhasil dan efektif atau tidak.

  • Menjaga Alur Kerja Karyawan

Alur kerja karyawan yang terlalu memberatkan dapat berpengaruh pada kinerja karyawan yang menurun. Social media listening tools Ripple10 menyediakan command center yang mudah diakses untuk pemula. Tak hanya itu, perusahaan juga dapat mengakses platform tanpa batasan log in pengguna. Sehingga, beban kerja karyawan dapat berkurang. Perusahaan seringkali melupakan tahapan menjaga hubungan dengan karyawan. Padahal, memperlakukan karyawan dengan baik dapat membantu mengurangi potensi krisis nama baik di masa depan.

  • Mengenal Audiens Secara Mendalam

Pada social media listening tools, perusahaan dapat mencoba memahami audiens dengan fitur bernama audience analysis, sociograph keyword dan daily mention & buzz geo. Audience analysis mengacu pada mengetahui audiens mana saja yang sering membicarakan brand. Sementara sociograph keyword berfungsi untuk mengetahui kata kunci apa yang sering muncul pada media sosial yang berkaitan dengan brand. Terakhir, daily mention & buzz geo dapat membantu perusahaan untuk mengetahui kapan dan dimana brand paling sering dibicarakan. Dengan menggunakan fitur-fitur tersebut, perusahaan dapat mengenal audiens dengan baik, yang nantinya berpengaruh pada strategi pemasaran yang akan dibuat, langkah jangka panjang, pengembangan produk, hingga cara menjalin komunikasi yang baik. 

  • Menyusun Sistem Monitoring dan Laporan

Menyusun sistem monitoring dan laporan merupakan langkah akhir yang perlu dilakukan perusahaan. Salah satu fitur social media listening tools yang dapat digunakan adalah infographic data report, yang merupakan hasil visualisasi data yang mudah dipahami dalam bentuk infografis. 

Baca Juga: Bangkitkan Bisnismu. Yuk, Simak Ulasan Fitur-fitur Digital Monitoring

Ingin Menjaga Reputasi Brand dengan Menggunakan Social Media Listening Tools? Segera Hubungi Ivosights!

Dapatkan manfaat dan keunggulan Ripple10 dari Ivosights! Ripple10 merupakan social media listening tools yang sangat cocok untuk dipakai pelaku bisnis yang ingin menjaga reputasi brand-nya. Perangkat ini memiliki berbagai macam fitur yang saling melengkapi satu sama lain sehingga efektif untuk digunakan dalam memahami konsumen, mengetahui kompetisi dan tren pasar, juga mengawasi persepsi dan mengetahui respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Social media listening tools ini juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. Dengan kedua perangkat ini, perusahaan dapat memaksimalkan penjagaan reputasi brand dengan baik. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami