Bangkitkan Bisnismu. Yuk, Simak Ulasan Fitur-fitur Digital Monitoring

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 16 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Digital monitoring, proses pemantauan dan analisis terhadap data online yang berkaitan dengan brand, produk/jasa yang dijual oleh suatu perusahaan"

Digital monitoring adalah salah satu hal yang saat ini selalu dilakukan banyak perusahaan. Bukan cuma perusahaan yang sedang melebarkan bisnisnya, digital monitoring juga biasa dibutuhkan oleh instansi pemerintah untuk mengusut banyak masalah dan penyebaran hoaks.

Untuk memahami fitur digital monitoring, pertama-tama kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan digital monitoring itu sendiri. Digital monitoring adalah proses pemantauan dan analisis terhadap data online yang berkaitan dengan brand, produk, atau jasa yang dijual oleh suatu perusahaan atau organisasi. Digital monitoring bisa dilakukan melalui berbagai macam media, seperti media sosial, forum online, atau situs web.

Pada artikel ini kamu akan mengetahui sebesar apa urgensi digital monitoring di era digitalisasi saat ini. Dimulai dari alasan fitur digital monitoring dibutuhkan hingga macam-macam fiturnya. Simak terus artikelnya sampai selesai, ya!

Mengapa Fitur Digital Monitoring Dibutuhkan Bisnis?

Mengingat banyaknya penggunaan internet yang berbasis digital saat ini pastinya kita sudah bisa mengetahui kalau digital monitoring sangatlah dibutuhkan. Akan tetapi, jika membahas bisnis, ada beberapa alasan mengapa bisnis perlu fitur digital monitoring:

  1. Membantu mengetahui bagaimana brand dianggap oleh audiens: Dengan menggunakan fitur digital monitoring, perusahaan bisa mengetahui apa yang sedang dibicarakan oleh audiens tentang brandnya. Ini bisa membantu perusahaan mengetahui bagaimana brand dianggap oleh audiens, serta mengidentifikasi apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan brand tersebut di mata audiens.
  2. Membantu mengetahui kebutuhan dan keinginan audiens: Dengan menggunakan fitur digital monitoring, perusahaan bisa mengetahui apa yang sedang menjadi kebutuhan dan keinginan audiens. Ini bisa membantu perusahaan mengembangkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan audiens, sehingga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.
  3. Membantu mengetahui pesaing: Dengan menggunakan fitur digital monitoring, perusahaan bisa mengetahui apa yang sedang dibicarakan oleh audiens tentang pesaingnya. Ini bisa membantu perusahaan mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaingnya di mata audiens, serta memberikan peluang untuk mengembangkan strategi marketing yang lebih efektif.
  4. Membantu mengetahui tren pasar: Dengan menggunakan fitur digital monitoring, perusahaan bisa mengetahui apa yang sedang menjadi tren di pasar. Ini bisa membantu perusahaan mengembangkan produk atau jasa yang sesuai dengan tren tersebut, sehingga bisa meningkatkan daya saing di pasar.
  5. Membantu meningkatkan reputasi: Dengan menggunakan fitur digital monitoring, perusahaan bisa mengetahui apa yang sedang dibicarakan oleh audiens tentang brandnya. Ini bisa membantu perusahaan meningkatkan reputasi brand dengan memperbaiki kekurangan yang teridentifikasi dan memanfaatkan kelebihan yang dimiliki oleh brand tersebut.

Dengan demikian, fitur digital monitoring bisa membantu perusahaan mengetahui bagaimana brand dianggap oleh audiens, mengetahui kebutuhan dan keinginan audiens, mengetahui pesaing, mengetahui tren pasar, serta meningkatkan reputasi brand. Oleh karena itu, fitur digital monitoring sangat penting bagi perusahaan di era digital saat ini.

Fitur-Fitur Digital Monitoring

Setelah mengetahui apa itu digital monitoring dan urgensinya pada bisnis-bisnis. Selanjutnya kamu bisa memahami fitur-fitur yang ada dalam alat atau software digital monitoring yang kamu gunakan. Berikut adalah beberapa fitur yang umumnya ada dalam alat atau software digital monitoring. Penting untuk diketahui, simak terus sampai selesai, ya!

  • Keyword tracking: Fitur ini bisa membantu kamu melacak dan menganalisa data yang berkaitan dengan kata kunci tertentu. Ini bisa membantu kamu mengetahui apa yang sedang dibicarakan oleh audiens kamu tentang brand, produk, atau jasa bisnismu.
  • Sentiment analysis: Fitur ini bisa membantu kamu mengetahui apakah pendapat atau perasaan audiens kamu terhadap brand, produk, atau jasa kamu positif, negatif, atau netral. Ini bisa membantu kamu mengetahui bagaimana reputasi brand kamu di mata audiens.
  • Social media monitoring: Fitur ini bisa membantu kamu melacak dan menganlisis data yang berkaitan dengan brand-mu di media sosial. Ini bisa membantu kamu mengetahui bagaimana brand kamu dianggap oleh audiens di media sosial, serta mengetahui apa yang sedang dibicarakan oleh audiens tentang brand kamu di media sosial.
  • Competitive analysis: Fitur ini bisa membantu kamu menganalisis data yang berkaitan dengan pesaing kamu. Ini bisa membantu kamu mengetahui bagaimana brand kamu dibandingkan dengan pesaing kamu di mata audiens, serta mengetahui apa yang sedang dibicarakan oleh audiens tentang pesaing kamu.
  • Notification alert: Fitur ini bisa membantu kamu menerima notifikasi secara real-time jika ada data yang berkaitan dengan brand kamu yang muncul di internet. Ini bisa membantu kamu menjadi lebih cepat tahu apa yang sedang terjadi di sekitar brand-mu.

Dapatkan Fitur Digital Monitoring Terlengkap di Ivosights

Dengan memahami fitur-fitur yang ada dalam alat atau software digital monitoring, kamu bisa menggunakan fitur tersebut secara lebih efektif untuk memantau aktivitas digital.

Bersama Ivosights kamu akan mendapatkan layanan termudah untuk bantu kamu mengembangkan bisnis. Ripple10 bisa membantu kamu menjadi platform monitoring percakapan digital yang tentunya datanya akan sangat berguna untuk kamu menganalisis banyak hal dari sana. Hubungi Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami