Inilah Trend CRM Platform 2024!

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 18 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM Platform. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM Platform. Shutterstock.

"Di tahun 2024, tren CRM platform ditujukan untuk semakin memfasilitasi pengelolaan hubungan pelanggan mudah dan optimal. Ketahui trennya di sini!"

CRM platform menjadi salah satu alat yang banyak digunakan berbagai perusahaan untuk mencapai kesuksesan bisnis dengan mempertahankan hubungan positif dengan pelanggan. Sebagai teknologi yang terus berkembang, CRM platform mengalami banyak perkembangan dan perubahan tiap tahunnya. Di tahun 2024 ini, tren penggunaan CRM platform juga semakin berkembang pesat. Simak artikel ini untuk mengetahui berbagai tren CRM platform tahun ini!

Apa Itu CRM Platform?

CRM platform (customer relationship management) adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan mengatur interaksi dan hubungan mereka dengan pelanggan.

Mengapa CRM Platform Itu Penting?

Dengan berbagai fitur canggih dan keunggulan yang menarik, CRM platform memberikan banyak sekali benefit kepada bisnis dalam mengelola hubungan pelanggan mereka, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan Pengelolaan Interaksi dengan Pelanggan

CRM platform memudahkan perusahaan dalam berinteraksi dengan pelanggan mereka. CRM platform dapat membantu perusahaan untuk melacak, menyimpan, dan mengolah interaksi mereka dengan pelanggan dalam satu dashboard yang tersentralisasi. Hal ini berarti perusahaan dapat mengakses data-data seperti kontak pelanggan dan riwayat pesan pelanggan dengan sangat mudah. Penggunaan CRM platform ini dapat memudahkan alur komunikasi antara perusahaan dan pelanggan mereka.

  • Otomatisasi Alur Kerja

CRM platform juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan otomatisasi alur kerja. CRM platform dilengkapi dengan fitur yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas rutin, seperti mengirim email, mengirim pesan, membuat schedule, secara otomatis. Hal ini berarti perusahaan dapat bekerja dengan lebih cepat dengan menggunakan CRM platform.

  • Efisiensi Layanan Customer Support

Dengan pengolahan interaksi yang mudah dan kemampuan otomatisasi, CRM platform dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi layanan customer support mereka. Dengan menggunakan CRM platform, perusahaan dapat mengakses kontak pelanggan, menanggapi pesan pelanggan, dan menganalisis perilaku pelanggan hanya dalam satu dashboard. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menanggapi pertanyaan pelanggan dan menangani masalah atau keluhan pelanggan dengan lebih efisien.

  • Meningkatkan Produktivitas Tim

Dengan memfasilitasi akses yang mudah ke data pelanggan dan alur kerja yang optimal, CRM platform dapat membantu perusahaan meningkatkan produktivitas tim mereka. Dashboard yang aksesibel memudahkan perusahaan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan lebih efektif. Selain itu, fitur otomatisasi yang ada pada CRM platform juga membantu perusahaan untuk mengerjakan tugas-tugas rutin dengan cepat hingga tim dapat fokus ke tugas-tugas lainnya.

  • Memudahkan Analisis Data Pelanggan

Manfaat lain dari penggunaan CRM platform adalah memudahkan perusahaan untuk melakukan analisis data pelanggan. CRM platform juga dilengkapi dengan fitur analytics and report yang memungkinkan perusahaan untuk mengakses laporan riwayat komunikasi dengan pelanggan. Melalui data ini, perusahaan dapat mengetahui pola perilaku, kebutuhan, dan keinginan pelanggan dengan mendalam. Data-data ini dapat digunakan perusahaan untuk mengembangkan strategi komunikasi dan pelayanan yang sesuai dengan pelanggan mereka.

  • Menguatkan Hubungan Pelanggan

Manfaat terbesar dari penggunaan CRM platform adalah perusahaan dapat menguatkan hubungan mereka dengan pelanggan. Melalui CRM platform, perusahaan tidak hanya bisa berinteraksi secara lebih efisien dan produktif dengan pelanggan, tetapi juga bisa memahami pelanggan mereka dengan lebih baik. Perusahaan dapat menggunakan data-data yang ada pada CRM platform untuk mempertahankan komunikasi yang relevan dan sesuai dengan pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dapat melakukan interaksi yang positif dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka.

  • Meningkatkan Kualitas Customer Experience dan Memuaskan Pelanggan

Secara keseluruhan, CRM platform dapat membantu perusahaan untuk memberikan layanan yang optimal kepada pelanggan. Dengan menggunakan platform CRM, perusahaan dapat mengelola interaksi dengan mudah, meningkatkan efisiensi kerja, serta menguatkan hubungan antara mereka dengan pelanggan. Semua hal ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan pengalaman yang positif dan memuaskan kepada pelanggan mereka.

Baca Juga: Menganalisis Interaksi dengan Pelanggan Melalui CRM Platform

Trend CRM Platform di Tahun 2024

CRM platform mengalami peningkatan pengguna tiap tahunnya. Di tahun 2024 ini, muncul banyak sekali inovasi CRM yang semakin canggih dan bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan bisnis yang berbeda-beda. Inilah beberapa tren platform CRM di tahun 2024:

  • Integrasi CRM Platform dengan AI

Trend CRM platform yang pertama adalah integrasi CRM platform dengan AI. Di tahun 2024 ini, sudah banyak CRM platform yang menggunakan teknologi AI atau kecerdasan buatan dalam fitur-fitur mereka. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengotomatisasi proses analisis data, memprediksi perilaku pelanggan, menggunakan chatbot, dan lain sebagainya. Integrasi platform CRM dengan AI ini ditujukan untuk semakin meningkatkan efisiensi workflow dalam menggunakan CRM.

  • Mobile dan Cloud-Based CRM Platform

Tren CRM platform lainnya adalah munculnya platform yang berbasis mobile dan cloud-based. Kedua jenis CRM platform ini merupakan perkembangan teknologi CRM yang memungkinkan penggunaan platform ini secara mobile dengan sistem yang dioperasikan di cloud. Platform CRM yang berbasis mobile dan cloud-based memungkinkan penggunanya untuk mengakses CRM dimanapun dan kapanpun. Hal ini membuat CRM menjadi lebih aksesibel dan juga fleksibel bagi pengguna.

  • CRM Platform Omnichannel

Perkembangan CRM platform omnichannel juga menjadi tren di tahun 2024. CRM platform yang berbasis omnichannel merujuk pada kemampuan CRM untuk menggabungkan semua saluran komunikasi, seperti telepon, email, media sosial, pesan teks, dan lain-lain, dalam satu dashboard. Dengan menggunakan platform CRM omnichannel, pengguna dapat mengelola komunikasi dengan pelanggan lewat berbagai kanal secara lebih konsisten dan tersinkronisasi.

  • Kustomisasi Dashboard CRM Platform

Tren CRM platform lainnya adalah kustomisasi dashboard yang ada pada platform ini. Di tahun 2024 ini, ada banyak platform CRM yang memungkinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi pada dashboard mereka. Hal ini menjadikan CRM menjadi lebih fleksibel dan pengguna dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.

  • CRM Platform Khusus Industri

Terakhir, CRM platform yang dirancang secara khusus untuk industri tertentu juga menjadi tren di tahun 2024 ini. Beberapa platform CRM telah didesain dengan fitur-fitur dan cara kerja yang sesuai dengan kebutuhan beberapa industri tertentu. Hal ini menjadikan CRM lebih aksesibel untuk pengguna dari berbagai industri dan juga dapat memudahkan pelaku bisnis untuk memilih yang sesuai dengan industri mereka masing-masing.

Baca Juga: Meningkatkan Efisiensi Penjualan yang Efektif Lewat CRM Platform

Ikuti Trend dengan CRM Platform Terbaik, Sociomile!

Pengembangan CRM platform yang tepat memiliki peran yang sangat penting dalam kesuksesan perusahaan dalam membangun dan menjaga hubungan yang positif dengan pelanggan. Di tahun 2024, tren platform CRM didominasi oleh pengembangan fitur-fitur yang canggih yang semakin memudahkan perusahaan untuk mengelola hubungan pelanggan mereka. Jika Anda mencari CRM platform yang selalu up-to-date dengan tren, Sociomile adalah jawabannya! Sociomile adalah CRM platform dengan fitur terlengkap yang disertai oleh kemampuan kustomisasi, integrasi AI, dan integrasi berbagai kanal dalam satu dashboard. Sociomile merupakan CRM platform yang aksesibel dan fleksibel yang akan membantu proses pengelolaan hubungan pelanggan bisnis Anda. Hubungi Ivosights dan ikuti tren CRM platform tahun 2024 dengan Sociomile!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami