5 Rekomendasi Social Media Listening Tools Terbaik

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 15 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Media Listening Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Social Media Listening Tools. Shutterstock.

"Social media listening tools dapat membantu bisnis membentuk strategi yang optimal berdasarkan data percakapan online. Dapatkan rekomendasinya di sini!"

Media sosial sudah menjadi hal yang tidak terlepaskan dari kehidupan sehari-hari kita. Bagi bisnis, media sosial bukan hanya tempat untuk berinteraksi dengan pelanggan, tetapi juga untuk mendapatkan informasi dan wawasan yang dapat membantu pembentukan strategi bisnis yang optimal. Untuk mempermudah melakukan hal ini, bisnis dapat menggunakan social media listening tools. Simak artikel ini untuk mengetahui 5 rekomendasi social media listening tools terbaik untuk bisnis Anda!

Apa Itu Social Media Listening Tools?

Social media listening tools adalah perangkat lunak atau platform yang dirancang khusus untuk melacak, menganalisis, dan mengelola aktivitas dan percakapan di berbagai platform media sosial. Social media listening tools bertujuan untuk membantu bisnis memahami bagaimana merek mereka dipersepsikan oleh audiens mereka, memantau kinerja kampanye, dan mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan kehadiran dan interaksi online mereka.

Manfaat Menggunakan Social Media Listening Tools

  • Memahami Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan

Social media listening tools memiliki berbagai fitur yang memungkinkan bisnis untuk mengumpulkan data percakapan online dari berbagai kanal. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, perusahaan dapat mendapatkan informasi seputar kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka. Data ini dapat digunakan untuk mengembangkan produk dan layanan yang sesuai hingga dapat memuaskan pelanggan.

  • Mengidentifikasi Sentimen Pelanggan

fitur analisis sentimen yang ada pada social media listening tools, perusahaan dapat mengetahui opini atau pandangan pelanggan mengenai produk dan layanan yang mereka tawarkan. Dengan fitur ini, perusahaan dapat mengidentifikasi apabila ada sentimen negatif tentang produk atau layanan mereka dan dapat segera mengambil langkah-langkah strategis untuk menangani krisis dan mengubah sentimen negatif tersebut menjadi positif.

  • Mengetahui Tren dan Melakukan Riset Pasar

Fitur-fitur yang ada pada social media listening tools memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan informasi seputar tren industri dan melakukan riset pasar dimanapun dan kapanpun. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan data komprehensif yang dapat digunakan dalam pembentukan rencana promosi bisnis, pengembangan produk, dan lain sebagainya.

  • Memonitor Aktivitas Kompetitor

Dengan fitur analisis kompetitor, social media listening tools dapat membantu perusahaan untuk memantau dan menganalisis aktivitas, kampanye, dan berita seputar kompetitor industri mereka. Fitur ini sangat bermanfaat karena dengan memantau aktivitas kompetitor, perusahaan dapat mengambil berbagai langkah strategis untuk bisa terus bersaing di dunia bisnis yang kompetitif.

  • Meningkatkan Customer Engagement

Dengan social media listening tools, perusahaan dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan mereka dengan mendalam. Selain itu, social media listening tools juga membantu perusahaan untuk bisa memantau pelanggan mereka dari berbagai kanal digital. Perusahaan dapat menggunakan data-data ini untuk melakukan komunikasi dan interaksi yang lebih relevan dan personal dengan pelanggan mereka. Hal ini dapat membantu menguatkan keterlibatan dan hubungan pelanggan.

  • Membangun Brand Reputation yang Positif

Dengan data-data yang didapat dari social media listening tools, perusahaan dapat mengembangkan produk yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan mereka. Selain itu, social media listening tools juga dapat membantu perusahaan mengidentifikasi sentimen negatif dengan cepat sehingga perusahaan dapat menangani dan menyelesaikan krisis secara efisien. Dengan melakukan hal-hal tersebut, perusahaan dapat menciptakan sentimen yang positif bagi merek dagang mereka dan membangun brand reputation dengan baik.

Baca Juga: Social Media Listening Tools pada Industri Perhotelan dan Pariwisata

5 Rekomendasi Social Media Listening Tools

  • Ripple10

Ripple10 adalah social media listening tools terlengkap, no. 1 di Indonesia yang sudah dipercaya oleh berbagai perusahaan. Ripple10 dapat menangkap percakapan dari beragam kanal media sosial, termasuk Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, dan TikTok, serta kanal digital lainnya seperti portal berita, blog, dan juga forum online. Ripple10 dilengkapi oleh berbagai fitur yang unggul, seperti sentiment analysis, competitive analysis, buzzer tracking and monitoring, dan lain sebagainya.

  • Hootsuite

Hootsuite adalah salah satu social media listening tools yang populer. Fitur-fitur pada Hootsuite memungkinkan Anda untuk mengelola dan memantau berbagai akun media sosial dalam satu dashboard, meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja tim.

  • Sprout Social

Sprout Social juga merupakan social media listening tools yang dapat membantu Anda memantau dan mengelola berbagai kanal media sosial. Sprout Social dirancang untuk membantu bisnis berkomunikasi dengan pelanggan lewat berbagai kanal secara lebih efektif.

  • Brandwatch

Brandwatch adalah social media listening tools yang dapat membantu Anda menganalisis sentimen merek Anda. Brandwatch memungkinkan bisnis untuk mendapatkan wawasan yang penting dari berbagai kanal digital untuk pembentukan strategi yang efektif.

  • Mention

Mention adalah salah satu social media listening tools yang dapat membantu bisnis memantau percakapan digital mengenai merek, produk, atau layanan mereka. Mention dilengkapi oleh berbagai fitur penting, termasuk real-time tracking dan notifikasi yang dapat membantu Anda bekerja dengan lebih efisien.

Baca Juga: Peran Feedback Pelanggan di Social Media Listening Tools untuk Bisnis

Dapatkan Social Media Listening Tools Terbaik, Ripple10!

Dengan menggunakan social media listening tools, perusahaan dapat mendapatkan wawasan penting mengenai pandangan pelanggan terhadap merek dagang, produk, serta layanan mereka berdasarkan percakapan di media sosial. Social media listening tools ini dapat membantu perusahaan untuk membentuk strategi yang tepat agar bisa mencapai kesuksesna. Jika Anda mencari social media listening tools terbaik, Ripple10 adalah jawabannya! Ripple10 adalah social media listening tools terlengkap, no. 1 di Indonesia yang dapat membantu Anda mengubah percakapan online menjadi strategi bisnis yang optimal. Hubungi Ivosights dan dapatkan Ripple10 sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami