Indonesia Digital Media Monitoring: Pengertian Dan Manfaatnya

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 18 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Media Monitoring. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Media Monitoring. Shutterstock.

"Banyak sekali beredar istilah media montoring dan social monitoring. Namun banyak orang masih bingung untuk membedakannya. Simak di sini selengkapnya!"

Dalam pertukaran informasi yang sangat cepat dan beragam, banyak perusahaan yang berkompetisi untuk menjadi yang teratas baik secara layanan maupun produk bisnis. Namun, banyak yang tidak mengenal lebih lengkap mengenai Digital Media Monitoring yang sangat bermanfaat untuk check & balance dalam suatu perusahaan. Apalagi terdapat berbagai macam istilah yang membingungkan dan sulit dipahami. Untungnya, di Indonesia mempunyai produk IT lokal yang adaptif terhadap perubahan. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai Digital Media Monitoring yang ada di Indonesia, mulai dari pengertian dan manfaatnya. 

Apa yang Dimaksud Dengan Digital Media Monitoring?

Digital Media Monitoring adalah sebuah alat yang mengumpulkan data akurat dan detail terkait aktivitas digital. Aktivitas tersebut adalah perilaku pengguna, kinerja kampanye pemasaran, dan metrik kinerja. Data yang telah terkumpul dapat berfungsi untuk analisa tren, dan identifikasi peluang. Selain itu, fungsi lain Digital Media Monitoring adalah optimalisasi strategi marketing, operasional, dan keamanan. Digital Media Monitoring ini juga sangat bermanfaat dalam deteksi dan pencegahan ancaman siber, malware atau akses mencurigakan ke sistem atau aplikasi. Terdapat notifikasi real-time di dalam Digital Media Monitoring terkait dengan pelanggaran keamanan untuk respon kilat yang melindungi aset digital Anda. 

Dengan mengoptimalkan Digital Media Monitoring ini, Anda dapat mengukur kinerja kampanye pemasaran yang Anda jalankan serta melihat dampaknya secara objektif melalui analisis perilaku pengguna. Lebih jauh lagi, analisa yang didapatkan bisa menjadi bahan untuk mengambil keputusan untuk menentukan strategi yang akan dipakai selanjutnya, apakah strategi kampanye pemasarannya sama atau berbeda. 

Apa Saja Tahapan Kerja Digital Media Monitoring?

  • Mengumpulkan Data

Ketika Digital Media Monitoring bekerja, langkah paling awal yang harus dilalui adalah untuk mengumpulkan data. Anda sebagai pengguna harus menentukan secara spesifik data apa yang ingin dikumpulkan. Selanjutnya, data yang berkaitan dengan topik tersebut akan didapatkan setelah analisis berbagai sumber media nasional dan juga beragam kanal media sosial. 

  • Mempersiapkan Isu Berita

Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah untuk mempersiapkan isu berita. Digital Media Monitoring akan mempersiapkan berita yang sebelumnya telah terkumpul untuk proses lebih lanjut. Isu berita ini didapatkan dari berbagai media nasional baik media cetak maupun media daring termasuk media sosial.

  • Menganalisa Data

Setelah isu berita terkumpul, tahap selanjutnya dalam Digital Media Monitoring adalah menganalisa data secara mendalam. Proses ini dilakukan menggunakan Artificial Intelligence (AI) dan machine learning dengan pendekatan Natural Language Processing (NLP) untuk mendapatkan hal yang dibutuhkan pengguna termasuk sentiment analysis, emotion analysis, dan trending analysis. 

  • Menyajikan Data

Setelah tiga langkah sebelumnya sudah dilalui, langkah terakhir adalah untuk menyajikan data. Tahapan ini bisa berbentuk grafik yang mudah untuk diakses dan dipahami. Grafik ini kemudian bisa dirangkum dan ditambahkan narasi dalam bentuk penjelasan singkat. Data inilah yang pada akhirnya dimanfaatkan sebagai acuan dalam mengambil keputusan ketika ada krisis atau ketika ingin membuat kampanye untuk merek. 

Baca Juga: Dampak Positif Digital Media Monitoring terhadap Keberhasilan Merek

Manfaat Digital Media Monitoring

  • Mengukur Kinerja Kampanye

Dengan Digital Media Monitoring, perusahaan dapat melacak dan menganalisis kinerja kampanye pemasaran mereka di media sosial. Mereka dapat melihat seberapa banyak perhatian yang diberikan kepada kampanye mereka, tingkat keterlibatan dengan audiens, dan dampaknya terhadap persepsi merek.

  • Mengidentifikasi Peluang Bisnis

Dengan memantau percakapan yang terjadi di media sosial, perusahaan dapat mengidentifikasi peluang-peluang baru untuk bisnis mereka. Mereka dapat menemukan tren terkini, kebutuhan atau keinginan pelanggan, dan masalah-masalah yang perlu dipecahkan. Informasi ini dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan produk baru atau memperluas pasar mereka.

  • Mengelola Reputasi Online

Digital Media Monitoring memungkinkan perusahaan untuk mengelola reputasi online mereka dengan lebih efektif. Dengan melacak setiap kali merek mereka disebutkan dan menganalisis sentimen yang terkait, mereka dapat merespons isu-isu negatif dengan cepat dan menghindari potensi kerusakan reputasi.

  • Memahami Pelanggan

Dengan memantau aktivitas pelanggan di media sosial, perusahaan dapat memahami audiens mereka dengan lebih baik. Mereka dapat melihat apa yang pelanggan bicarakan, apa yang mereka sukai atau tidak sukai, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan merek tersebut. Informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan mereka.

  • Mengukur Perbandingan dengan Pes konkuren

Selain memantau merek mereka sendiri, Digital Media Monitoring juga memungkinkan perusahaan untuk melacak aktivitas pesaing mereka. Mereka dapat melihat bagaimana pesaing berinteraksi dengan audiens mereka, jenis konten yang mereka bagikan, dan bagaimana mereka merespons isu-isu tertentu. Informasi ini dapat membantu perusahaan untuk membandingkan kinerja mereka dengan pesaing dan mengidentifikasi area di mana mereka dapat meningkatkan.

Baca Juga: Selalu Terdepan dengan Praktik Terbaik Digital Media Monitoring

Yuk, Gunakan Ripple10 untuk Pengalaman Digital Media Monitoring untuk yang Lebih Baik!

Alih-alih melakukan digital media monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi ini mampu melacak trending topik yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Segera hubungi call center kami sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami