Kenali Ciri Sentimen Buruk ke Bisnis dengan Sentiment Analysis Tools

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 25 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Sentiment Analysis Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Sentiment Analysis Tools. Shutterstock.

"Pelajari cara mengidentifikasi sentimen buruk terhadap bisnis Anda menggunakan Sentiment Analysis Tools. Tingkatkan respons dan reputasi merek dengan efektif!"

Keberlangsungan bisnis bukan hanya tentang menghasilkan keuntungan, tetapi juga tentang membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan. Memahami sentimen pelanggan  menjadi kunci untuk mencapai hal tersebut. Sentimen pelanggan mengacu pada opini, perasaan, dan keyakinan mereka terhadap suatu produk, layanan, atau brand. Mengetahui sentimen pelanggan yang buruk  terhadap bisnis Anda sangatlah penting. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi masalah, meningkatkan kualitas produk dan layanan, dan mencegah hilangnya pelanggan. Salah satu cara efektif untuk memahami sentimen pelanggan adalah dengan menggunakan Sentiment Analysis Tools. Sentiment analysis tools menganalisis teks dan data online  seperti ulasan media sosial, komentar forum online, dan artikel berita untuk mengidentifikasi sentimen positif dan negatif.

Apa Itu Sentiment Analysis Tools?

Sentiment Analysis Tools atau alat analisis sentimen adalah alat yang digunakan untuk meneliti dan menentukan sentimen atau pendapat dari teks, seperti komentar, ulasan, atau posting media sosial. Tujuan dari sentiment analysis tools adalah untuk mengidentifikasi apakah teks tersebut bersifat positif, negatif, atau netral. Teknik ini bekerja dengan menggunakan algoritma machine learning (NLP) untuk menganalisis teks dan mengekstrak informasi penting yang berkaitan dengan emosi atau sentimen yang terkandung dalam teks tersebut. Dengan menganalisis kata-kata kunci, struktur kalimat, dan konteks, algoritma dapat menentukan apakah suatu teks mengandung sentimen positif, negatif, atau netral. 

Baca Juga: Pelajari Sentiment Analysis dalam 10 Menit!

Ciri-Ciri Sentimen Buruk yang Sering Ditinggalkan oleh Netizen

Berikut adalah beberapa ciri-ciri sentimen netizen yang buruk terhadap bisnis Anda yang diserap oleh sentiment analysis tools:

  • Ulasan negatif sosial media

Pelanggan yang tidak puas dengan produk atau layanan Anda mungkin akan meninggalkan ulasan negatif di media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Ulasan ini bisa berisi keluhan tentang kualitas produk, layanan pelanggan yang buruk, atau pengalaman buruk lainnya. Sentiment analysis tools dapat dikostumisasi dengan bebas sesuai dengan media sosial yang digunakan. 

  • Komentar negatif

Pelanggan juga dapat meninggalkan komentar negatif di postingan media sosial Anda. Komentar ini bisa berisi kritik terhadap bisnis Anda, produk Anda, atau layanan Anda. Dengan sentiment analysis tools, semua komentar baik negatif, positif, dan netral akan tersaring dan terfilter melalui ticket yang dapat dianalisis oleh agen. 

  • Peringkat rendah

Pelanggan juga dapat memberikan peringkat rendah pada bisnis Anda di situs web ulasan seperti Yelp atau Google Bisnisku. Peringkat rendah ini dapat berdampak negatif pada reputasi online Anda dan dapat membuat pelanggan potensial enggan untuk menggunakan bisnis Anda. sentiment analysis tools membantu Anda memprediksi lebih awal sehingga peringkat rendah dapat dicegah.

  • Sebutan negatif

Pelanggan yang marah atau frustrasi dengan bisnis Anda mungkin akan menyebutkannya secara negatif di media sosial. Sebutan ini bisa berupa tweet, postingan Facebook, atau bahkan video YouTube. Sebutan negatif ini dapat merusak reputasi online Anda dan dapat menyebar dengan cepat di internet.  Berapa alat pemantau sosial yang terdapat sentiment analysis tools dapat menemukan kepada siapa bisnis atau brand telah di-tag dan disebutkan. 

  • Keluhan di forum

Pelanggan yang tidak puas dengan produk atau layanan Anda mungkin akan memposting keluhan di forum online. Forum ini bisa menjadi tempat bagi pelanggan untuk mendiskusikan pengalaman negatif mereka dengan bisnis Anda dan untuk memperingatkan orang lain agar tidak menggunakan bisnis Anda. Sentiment analysis tool yang dimiliki oleh alat pemantauan sosial memungkingkan Anda untuk menukan percakapan tentang brand Anda di berbagai forum termasuk dalam forum internal. 

  • Diskusi negatif

Pelanggan juga dapat mendiskusikan bisnis Anda secara negatif di forum online. Diskusi ini bisa berisi kritik terhadap bisnis Anda, produk Anda, atau layanan Anda. Dalam hal ini, sentiment analysis tools dapat menemukan letak sentimen negatif terjadi dan memprosesnya melalui proses kompleks lalu dilanjutkan dalam bentuk ticketing. 

  • Ulasan negatif bisnis keseluruhan 

Pelanggan juga dapat meninggalkan ulasan negatif tentang bisnis Anda di forum online. Ulasan ini bisa berisi keluhan tentang kualitas produk, layanan pelanggan yang buruk, atau pengalaman buruk lainnya. Sentiment analysis tools bisa memberikan skor sentimen dan mengategorikannya sesuai dengan maksud kalimatnya. 

Baca Juga: Optimalkan Keputusan Bisnis dengan Sentiment Analysis Tools

Sudah Siap Menguasai Pasar? Mulai dengan Ivosights Sekarang!

Ivosights membantu Anda merampingkan urusan analisis konsumen dengan mudah dengan sentiment analysis tools yang super yaitu Ripple10. Anda tidak perlu repot-repot mengembangkan atau mengimplementasikan sentiment analysis tools apa yang cocok untuk brand Anda. Dengan teknologi kami yang didukung oleh slang words identification, Anda dapat memantau percakapan online tentang merek Anda, memahami sentimen pelanggan, mengantisipasi komentar negatif yang muncul, mengurasi bahasa-bahasa slang atau gaul, dan mendeteksi tren pasar yang sedang berkembang. Dapatkan wawasan mendalam tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan Anda, dan responsif terhadap perubahan dalam perilaku konsumen. Jadikan Ripple10 , sentiment analysis tools, dari Ivosights sebagai mitra strategis Anda dalam mengembangkan bisnis dan memenangkan persaingan pasar. Segera bergabung dengan kami dan raih kesempatan untuk menjadi yang terdepan dalam industri Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami