Panduan Rinci WhatsApp Business API: Langkah Awal Menyukseskan Bisnis

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 24 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock.

"Telusuri panduan rinci mengenai WhatsApp Business API berikut ini sebelum memutuskan mendaftarkan bisnis Anda!"

WhatsApp Business API telah menjadi salah satu alat yang sangat penting dalam strategi pemasaran dan komunikasi bisnis modern. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan, WhatsApp menawarkan platform yang luas dan efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Namun, untuk memanfaatkan sepenuhnya potensi WhatsApp Business API, penting bagi bisnis untuk memahami langkah-langkah awal yang diperlukan untuk mengimplementasikannya dengan sukses. Dalam artikel ini, kita akan membahas panduan rinci tentang langkah-langkah awal yang perlu dilakukan untuk memulai menggunakan WhatsApp Business API dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam strategi bisnis Anda.

Apa yang Dimaksud dengan WhatsApp Business?

WhatsApp tidak hanya menyediakan aplikasi pesan instan personal, tetapi juga WhatsApp untuk pebisnis yang ingin mengelola operasional dengan mudah. Dinamakan WhatsApp Business, alat ini menyediakan berbagai fitur yang dapat mempermudah interaksi dengan pelanggan dan efektifkan proses transaksi. Terdapat 2 jenis WhatsApp Business, yaitu WhatsApp Business biasa untuk bisnis dengan skala kecil dan WhatsApp Business API (Application Programming Interface) yang lebih cocok digunakan bisnis berskala besar.

Perbedaan Fitur WhatsApp Business Biasa dan WhatsApp Business API

Terdapat beberapa perbedaan antara fitur WhatsApp Business dan WhatsApp Business API, yaitu sebagai berikut:

  • Jumlah Agen

Jumlah agen yang dapat mengakses WhatsApp Business biasa sangatlah terbatas, yaitu hanya 2 orang, sementara WhatsApp Business API tidak memiliki batasan jumlah agen pengakses.

  • Centang Hijau

Pengguna WhatsApp Business API diuntungkan dengan dapat memiliki verifikasi green thick atau centang hijau. Verifikasi ini berguna untuk membuktikan bahwa akun bisnis bersifat resmi dan kredibel.

  • Sistem Broadcast Message

Broadcast message atau WhatsApp Blast hanya tersedia pada akun WhatsApp Business API. Fitur ini memungkinkan bisnis untuk dapat mengirimkan pesan secara massal pada beberapa orang sekaligus.

  • Laporan dan Analisa

Fitur yang hanya terdapat pada WhatsApp Business API adalah fitur laporan dan analisa akun. Melalui laporan dan analisa akun, karyawan dapat memantau kinerja pengiriman pesan dan melakukan proses evaluasi dengan mudah.

  • Integrasi CRM

API (Application Programming Interface) pada WhatsApp Business API memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan akun dengan perangkat lainnya, salah satunya dengan CRM (customer relationship management). Integrasi WhatsApp Business API dan CRM dapat menuai keuntungan untuk mengoptimalkan layanan dan kepuasan pelanggan.

  • Sinkronisasi dan Riwayat Chat

Pengguna WhatsApp Business API dapat melakukan sinkronisasi dan mengakses riwayat chat secara otomatis, sementara WhatsApp Business biasa dapat melakukannya secara manual. 

  • Koneksi

Akun WhatsApp Business API memiliki koneksi yang selalu terhubung atau online. Sementara akun WhatsApp Business biasa mengandalkan perangkat agen untuk koneksi online atau offline.

Baca Juga: Intip Cara Kerja WhatsApp Business API Yuk! 

Kegunaan WhatsApp Business API

WhatsApp Business API memiliki berbagai macam keunggulan yang sangat cocok untuk diimplementasikan pada bisnis dengan skala menengah atau besar. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Akun WhatsApp Business yang Kredibel

WhatsApp Business API memiliki fasilitas centang hijau atau green thick. Dengan verifikasi centang hijau tersebut, perusahaan dapat berinteraksi dengan akun yang kredibel. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penipuan yang mengatasnamakan bisnis.

  • Didukung oleh Bot

WhatsApp Business API pada umumnya dapat diintegrasikan dengan berbagai perangkat, salah satunya didukung dengan artificial intelligence (AI). Dengan bot, pelanggan dapat berkomunikasi dan mendapatkan informasi tanpa perlu berinteraksi langsung dengan agen manusia. Sehingga, pelanggan dapat menghemat waktu. 

  • Informasi Tersebar dengan Efektif

WhatsApp Blast pada WhatsApp Business API memungkinkan pelanggan untuk menerima informasi secara menyeluruh. Perusahaan dapat menggunakan fitur ini untuk menyebarkan informasi mengenai produk terbaru, tawaran diskon, kampanye, atau promosi acara. 

  • Real-Time Dashboard & Reporting

WhatsApp Business API dilengkapi dengan fitur real-time dashboard & reporting. Perusahaan dapat melihat status pengiriman pesan (sent, delivered, read, failed), juga menganalisis performa kampanye perusahaan yang disebarkan melalui WhatsApp.

  • Kirim Pesan dengan Berbagai Format Konten

Dengan WhatsApp Business API, perusahaan dapat mengirim pesan dengan berbagai format konten, seperti pesan instan biasa, gambar, video, dokumen, pesan audio, hingga penggunaan template. Sehingga, pesan yang disebarkan dapat menarik perhatian pelanggan.

Persyaratan untuk Bergabung dengan WhatsApp Business API

Sebelum mendaftar pada WhatsApp Business API, Anda perlu memastikan bisnis yang dimiliki sudah sesuai dengan persyaratan, yaitu sebagai berikut:

  • Legalitas Bisnis

WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk bisnis yang memiliki legalitas CV atau PT. CV merupakan Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT singkatan dari perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Perusahaan perlu memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. 

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Persyaratan selanjutnya, jenis bisnis perlu sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy

  • Menghubungi WhatsApp Business Solution Provider

Setelah persyaratan-persyaratan sebelumnya dilengkapi, Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Providor. Salah satunya adalah Ivosights, partner resmi layanan WhatsApp Business API di Indonesia.

Cara Bergabung dengan WhatsApp Business API

Apabila Anda tertarik mendaftarkan bisnis Anda pada WhatsApp Business API, berikut adalah tahapan yang dapat dilakukan:

  • Temukan Business Solution Provider

WhatsApp Business API dapat didapatkan melalui pihak ketiga WhatsApp atau business solution provider. Indonesia memiliki berbagai macam penyedia yang dapat digunakan. Beberapa di antaranya dapat dicek di sini.

  • Masuk ke Akun Facebook Anda dari Situs Web Business Solution Provider

Setelah menemukan business solution provider yang cocok, Anda dapat melakukan log in akun Facebook melalui situs web business solution provider. 

  • Siapkan Akun

Setelah selesai log in, Anda dapat membuat akun Facebook dan WhatsApp Business sesuai dengan nama bisnis yang dimiliki. Anda juga akan diminta untuk memasukkan informasi bisnis seperti kategori dan deskripsi bisnis.

  • Lakukan Verifikasi Nomor WhatsApp

Tahapan terakhir, Anda dapat melakukan verifikasi akun dengan nomor telepon. Setelah itu, akun dapat digunakan. Untuk sistem integrasi, kendala teknis, atau informasi lainnya dapat didapatkan melalui business solution provider.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa WhatsApp Business API Ampuh Tingkatkan Brand Loyalty! 

Berminat Menyukseskan Bisnis dengan Operasional Efisien? WhatsApp Business API dari Ivosights Solusinya!

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis Anda. Ivosights merupakan business solution provider, sekaligus partner resmi WhatsApp Business API di Indonesia. Ivosights menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda, dengan dashboard WhatsApp Business yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dashboard CRM, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami