Omnichannel Contact Center System Sebagai Strategi Customer Engagement

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 11 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Omnichannel Contact Center System. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Omnichannel Contact Center System. Shutterstock.

"Omnichannel contact center system dapat menjadi strategi customer engagement yang efektif dan optimal. Ketahui lebih dalam di sini!"

Customer engagement merupakan salah satu hal penting dalam dunia bisnis. Keterlibatan pelanggan memiliki peran besar dalam pemberian layanan yang sesuai dan memuaskan sehingga perusahaan dapat meningkatkan profitabilitas bisnis. Ada banyak sekali strategi yang dapat ditetapkan perusahaan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan, termasuk penyediaan layanan contact center yang fleksibel. Untuk melakukan hal ini, perusahaan dapat menggunakan omnichannel contact center system untuk menyediakan layanan dari berbagai kanal. Simak artikel ini untuk mengetahui manfaat omnichannel contact center system sebagai strategi keterlibatan pelanggan!

Apa Itu Customer Engagement Strategies?

Customer engagement strategies adalah strategi yang dirancang untuk melibatkan pelanggan secara aktif dan positif dengan bisnis atau merek. Customer engagement strategies bukan hanya tentang menjual produk dan jasa, tetapi juga menciptakan hubungan yang aktif dan interaktif antara pelanggan dengan merek.

Pentingnya Customer Engagement Strategies bagi Bisnis

  • Meningkatkan Kualitas Pengalaman Pelanggan

Customer engagement strategies yang baik dapat membantu meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan. Dengan menerapkan customer engagement strategies yang berfokus pada interaksi yang personal dan berarti, perusahaan dapat memberikan pengalaman yang berkualitas kepada pelanggan di mana mereka merasa dihargai dan didengar.

  • Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan

Kunci dari hubungan pelanggan yang kuat adalah komunikasi dua arah. Hal inilah yang harus menjadi tujuan utama pembentukan customer engagement strategies. Dengan memastikan pelanggan terlibat, perusahaan dapat membangun komunikasi dan hubungan yang mendalam dengan mereka.

  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Customer engagement strategies yang tepat membuat pelanggan terus terhubung dan memberikan tempat bagi pelanggan untuk berkontribusi dengan merek yang mereka suka. Selain itu, perusahaan juga dapat menerapkan customer engagement strategies sebagai alat untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan agar mereka dapat memberikan produk yang sesuai dan memuaskan pelanggan. Hal ini dapat mendorong pelanggan untuk menjadi loyal dan terus membeli produk dengan merek tersebut.

  • Mengembangkan Bisnis yang Sustainable

Penerapan customer engagement strategies yang sukses juga dapat membantu perusahaan mengembangkan bisnis mereka secara sustainable. Customer engagement strategies yang tepat dapat membantu perusahaan mempertahankan pelanggan yang ada dan menarik pelanggan baru. Hal ini dapat berkontribusi dalam pengembangan bisnis yang berkelanjutan sehingga membantu bisnis meraih kesuksesan jangka panjang.

  • Meningkatkan Profitabilitas

Penerapan customer engagement strategies yang efektif memungkinkan perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan secara lebih personal, menyediakan pengalaman yang baik, serta memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Hal ini dapat mendorong mereka untuk melakukan pemberian berulang sekaligus juga menjadi daya tarik bagi pelanggan baru yang akan berkontribusi dalam peningkatan keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

Baca Juga: Peluang Sukses Usaha dengan Omnichannel Contact Center System

Manfaat Omnichannel Contact Center System Sebagai Customer Engagement Strategies

  • Manajemen Panggilan yang Lebih Optimal

Omnichannel contact center system memungkinkan agen untuk melakukan manajemen panggilan yang lebih optimal. Omnichannel contact center system memiliki monitoring wallboard yang tersentralisasi. Agen dapat memantau aktivitas panggilan, baik keluar dan masuk, melalui wallboard tersebut. Selain itu, fitur call routing juga dapat membantu call center untuk mengarahkan pelanggan ke departemen yang tepat dengan mudah dan lebih teratur.

  • Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Agen

Dengan kemampuan otomatisasi tugas, omnichannel contact center system menjadikan operasi kerja agen call center menjadi lebih cepat. Hal ini membantu agen untuk menangani lebih banyak panggilan, meningkatkan produktivitas mereka. Selain itu, fitur call routing dan IVR membuat pemberian layanan pelanggan menjadi lebih efisien dan juga tepat sasaran, sehingga dapat memuaskan pelanggan.

  • Pengumpulan Data dari Berbagai Platform

Dengan omnichannel contact center system, agen dapat mengumpulkan data pelanggan dari berbagai platform. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengakses data yang lebih beragam sehingga bisa memahami pelanggan dengan lebih mendalam.

  • Peningkatan Fleksibilitas Layanan

Dengan omnichannel contact center system, perusahaan dapat menyediakan layanan contact center melalui berbagai kanal, termasuk telepon, pesan, dan bahkan media sosial. Hal ini berarti omnichannel contact center system memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan yang lebih fleksibel sehingga perusahaan dapat terlibat melalui kanal manapun sesuai preferensi mereka.

Baca Juga: 4 Cara Mengoptimalkan Omnichannel Contact Center System Milik Anda

Dapatkan Omnichannel Contact Center System Terbaik, Sociomile!

Melalui omnichannel contact center system, perusahaan dapat menyediakan layanan yang lebih optimal di mana pelanggan dapat menghubungi perusahaan melalui kanal manapun sesuai preferensi mereka. Dengan penyediaan layanan yang lebih fleksibel, perusahaan dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan mereka sehingga bisa memberikan layanan yang lebih tepat sesuai dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Jika Anda mencari omnichannel contact center system yang dapat membantu peningkatan kualitas layanan pelanggan perusahaan Anda, gunakanlah Sociomile! Sociomile adalah omnichannel contact center system terlengkap yang mengintegrasikan 12 kanal digital dalam satu dashboard dan memiliki kemampuan kustomisasi workflow. Hubungi Ivosights dan dapatkan omnichannel contact center system terbaik, Sociomile, sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami