Cara Memilih Omnichannel Contact Center System yang Paling Tepat

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 25 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Omnichannel Contact Center System. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Omnichannel Contact Center System. Shutterstock.

"Dengan memilih omnichannel contact center system yang tepat, bisnis dapat mengoptimalkan kualitas layanan pelanggan mereka. Ketahui lebih dalam di sini!"

Hubungan pelanggan yang baik merupakan salah satu hal penting dalam dunia bisnis. Untuk itu, penyediaan layanan contact center yang berkualitas merupakan strategi yang krusial bagi perusahaan. Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan contact center pun semakin berkembang. Untungnya, berbagai teknologi telah dibuat untuk membantu bisnis meningkatkan kualitas pusat kontak mereka, seperti omnichannel contact center system. Untuk bisa mengoptimalkan manfaatnya, penting bagi bisnis untuk memilih omnichannel contact center system yang tepat. Simak artikel ini untuk mengetahui caranya!

Apa Itu Omnichannel Contact Center System?

Omnichannel contact center system merujuk pada sistem kontak yang memiliki kemampuan integrasi berbagai kanal digital, termasuk telepon, pesan teks, media sosial, dan platform daring lainnya. Omnichannel contact center system dibentuk untuk memungkinkan komunikasi yang mulus antara pusat kontak dengan pelanggan dari berbagai platform digital.

Manfaat Omnichannel Contact Center System untuk Bisnis

Berikut beberapa manfaat omnichannel contact center system untuk bisnis:

  • Komunikasi yang Mulus Lewat Berbagai Platform

Omnichannel contact center system memungkinkan tim pusat kontak untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara mulus lewat berbagai platform. Sistem omnichannel menggabungkan berbagai kanal digital dalam satu dashboard yang tersentralisasi, sehingga tim pusat kontak dapat tetap terhubung dengan pelanggan mereka lewat kanal manapun dan komunikasi dapat berjalan secara lebih konsisten.

  • Memudahkan Integrasi dengan Platform dan Tools Lain

Adanya omnichannel contact center system juga membantu memudahkan integrasi dengan platform dan tools lain. Hal ini berarti pelanggan dapat menghubungi contact center dengan cara apapun, baik telepon, pesan teks, bahkan media sosial, sehingga komunikasi dapat menjadi lebih aksesibel. Selain itu, omnichannel contact center system juga memungkinkan integrasi dengan tools lain, seperti CRM, yang dapat membantu meningkatkan kualitas layanan pelanggan secara keseluruhan.

  • Memudahkan Pengumpulan Data Pelanggan yang Lengkap

Manfaat lain dari penggunaan omnichannel contact center system adalah memudahkan tim pusat kontak untuk mengumpulkan data pelanggan yang lebih lengkap. Dengan sistem omnichannel, tim pusat kontak dapat mengakses informasi pelanggan dari banyak kanal digital. Hal ini dapat membantu mereka untuk memahami pelanggan dengan lebih mendalam, memungkinkan pemberian layanan yang lebih baik dan membantu menguatkan hubungan pelanggan.

  • Menghemat Waktu dan Biaya

Dengan omnichannel contact center system, agen pusat kontak dapat menghubungi pelanggan lewat kanal manapun di satu dashboard yang tersentralisasi. Agen tidak perlu berpindah-pindah dari satu situs ke situs lainnya sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih efisien. Selain itu, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk setiap kanal karena semuanya sudah terintegrasi dalam satu platform.

  • Memudahkan Personalisasi dan Kustomisasi Layanan

Omnichannel contact center system juga dapat membantu agen untuk melakukan personalisasi dan kustomisasi layanan. Dengan adanya omnichannel contact center system, agen pusat kontak dapat melakukan personalisasi untuk setiap kanal dan setiap pelanggan. Hal ini memungkinkan mereka untuk memberikan layanan yang lebih relevan dan tepat sasaran.

  • Pemberian Layanan yang Lebih Aksesibel

Secara umum, manfaat terbesar dari omnichannel contact center system adalah dapat membantu sistem kontak untuk memberikan layanan yang lebih aksesibel. Sistem omnichannel memungkinkan pusat kontak untuk memberikan layanan dari kanal manapun sesuai dengan preferensi pelanggan. Hal ini membuat pelanggan dapat menghubungi pusat kontak dengan jauh lebih mudah.

Baca Juga: Peluang Sukses Usaha dengan Omnichannel Contact Center System

Langkah-Langkah Memilih Omnichannel Contact Center System

Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti ketika memilih omnichannel contact center system:

  • Pahami Kebutuhan Bisnis Anda

Omnichannel contact center system memiliki banyak jenis dan juga peran tersendiri sehingga penting bagi Anda untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis Anda agar dapat memilih platform yang paling sesuai yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

  • Lakukan Riset Omnichannel Contact Center System yang Ada

Ada banyak sekali omnichannel contact center system yang beredar di pasaran. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan riset mengenai pilihan platform yang ada. Buatlah list berisi berbagai jenis omnichannel contact center system yang sekiranya menarik perhatian Anda.

  • Pertimbangkan Fitur, Benefit, dan Harga

Ketika memilih omnichannel contact center system, pastikan Anda mempertimbangakn fitur, benefit, dan juga harga. Perhatikan fitur-fitur apa yang ditawarkan oleh platform yang dipilih dan benefit yang didapat darinya, perkirakan apakah fitur dan benefit tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pertimbangkan juga biaya implementasi yang dibutuhkan dan anggaran yang dimiliki.

  • Integrasikan Omnichannel Contact Center System Secara Bertahap

Setelah memilih omnichannel contact center system, implementasikan perangkat lunak ini secara bertahap. Jangan lupa untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada tim Anda agar mereka dapat menggunakan omnichannel contact center system dengan baik dan benar.

  • Evaluasi Omnichannel Contact Center System yang Dipilih

Terakhir, jangan lupa untuk mengevaluasi penggunaan omnichannel contact center system yang dipilih. Ketahui sejauh mana implementasi platform ini membantu pengelolaan hubungan pelanggan Anda dan identifikasi area-area mana yang masih harus diperbaiki. Hal ini dilakukan untuk memastikan Anda mendapatkan benefit yang paling optimal.

Baca Juga: Omnichannel Contact Center System: Panduan Lengkap untuk Bisnis

Dapatkan Omnichannel Contact Center System Terbaik, Sociomile!

Omnichannel contact center system adalah alat yang dapat membantu bisnis mendukung kinerja agen pusat kontak mereka. Dengan memilih omnichannel contact center system yang tepat, bisnis dapat mengoptimalkan kualitas layanan pelanggan mereka sehingga hubungan pelanggan tetap terjaga dengan baik. Jika Anda mencari omnichannel contact center system yang dapat membantu Anda mencapai hal ini, Sociomile adalah jawabannya! Sociomile adalah omnichannel contact center system terlengkap dengan berbagai fitur, termasuk sistem tiket, integrasi 12 kanal digital dalam satu dashboard, kemampuan kustomisasi workflow, dan masih banyak lagi. Hubungi Ivosights dan dapatkan Sociomile sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami