Cara Mendapatkan Akun WhatsApp Verified Untuk Bisnis

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 12 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Verified. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Verified. Shutterstrock

"Baca artikel ini untuk mendapatkan panduan lengkap tentang cara mudah mendapatkan WhatsApp verified untuk bisnis Anda."

Saat ini, kemajuan teknologi menjadi salah satu faktor utama yang mendukung kehidupan manusia, terutama di dunia bisnis. Para pengusaha memerlukan aplikasi komunikasi yang dapat mendukung interaksi brand dengan pelanggan. Namun, terkadang muncul tantangan baru dengan adanya penipuan atau akun palsu yang mengatasnamakan bisnis tertentuk. Untuk menghindari risiko ini, pengusaha dapat mengamankan akun bisnis mereka dengan memperoleh verifikasi resmi melalui proses pengajuan WhatsApp verified.

Apa yang Dimaksud dengan WhatsApp Verified?

WhatsApp verified merupakan akun WhatsApp Business yang sudah melalui tahapan verifikasi resmi oleh Meta. Dengan adanya WhatsApp verified, pelanggan dapat membedakan akun WhatsApp Business resmi dan tidak resmi. Sehingga, interaksi yang terjalin antara pihak-pihak tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.  Tidak semua bisnis dapat memiliki akun WhatsApp verified. Bisnis perlu mendaftar pada WhatsApp Business API. Berbeda dengan akun WhatsApp Business standar, API (Application Programming Interface) mengacu pada fitur yang dapat mengintegrasikan akun WhatsApp Business dengan platform lainnya, seperti platform CRM (Customer Relationship Management) atau digital listening tools. Akun WhatsApp Business API diperuntukkan untuk bisnis berskala menengah hingga besar dan memiliki legalitas bisnis.

Baca Juga: WhatsApp Verified dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan 

Syarat dan Ketentuan Pengajuan WhatsApp Verified

Jika Anda ingin mendaftarkan bisnis Anda ke WhatsApp Business API, terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Legalitas Usaha

Pelaku bisnis harus memiliki legalitas berupa CV (Commanditaire Vennootschap) atau PT (Perseroan Terbatas).

  • Kepemilikan Website dan E-Mail   

Bisnis harus memiliki website dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya adalah [email protected].

  • ID Facebook Business Manager   

Bisnis harus memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini adalah nomor unik yang sesuai dengan profil bisnis Anda. Jika Anda kesulitan menemukan nomor unik ini, Anda bisa menemukannya di sini. 

  • Kepatuhan terhadap WhatsApp Commerce Policy

Anda perlu memastikan bahwa bisnis Anda sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam Kebijakan Perdagangan Facebook atau WhatsApp. Berikut penjelasan lengkap tentang WhatsApp Commerce Policy.

  • Menghubungi Mitra Resmi WhatsApp

Setelah semua persyaratan dan ketentuan terpenuhi, Anda dapat menghubungi Mitra Resmi WhatsApp yang bisa membantu dalam proses pendaftaran akun serta memberikan bantuan teknis dan operasional bisnis.

Panduan Mengajukan WhatsApp Verified

Setelah mendaftar untuk WhatsApp Business API, Anda dapat mengajukan WhatsApp verified kepada Meta atau meminta bantuan dari mitra resmi WhatsApp. Proses pengajuan untuk mendapatkan WhatsApp verified meliputi langkah-langkah berikut:

  • Melengkapi Dokumen Persyaratan

Bisnis perlu menyediakan berbagai dokumen, seperti lisensi bisnis, bukti alamat bisnis, akta perusahaan, Nomor Induk Berusaha (NIB), NPWP, dan dokumen lainnya yang dapat mendukung kredibilitas bisnis.

  • Verifikasi Akun Bisnis Facebook

Anda dapat melakukan verifikasi akun WhatsApp Business API melalui pengaturan di Facebook. Buka pengaturan bisnis, pilih WhatsApp Accounts > Settings > WhatsApp Manager, lalu klik verifikasi bisnis untuk melanjutkan proses.

  • Mengisi Informasi Bisnis

Selanjutnya, Anda harus melengkapi informasi bisnis seperti nama usaha, alamat lengkap, serta detail kontak perusahaan atau institusi terkait.

  • Menunggu Persetujuan

Proses peninjauan biasanya memakan waktu sekitar 5 hingga 7 hari kerja. Jika pengajuan Anda disetujui, tanda centang hijau yang menandakan verifikasi akun WhatsApp akan otomatis muncul di akun WhatsApp Business Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, bisnis Anda dapat memperoleh verifikasi dari WhatsApp, yang dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas di mata pelanggan.

Baca Juga: Peran WhatsApp Verified dalam Menjaga Integritas Informasi Bisnis 

Ajukan WhatsApp Verified untuk Bisnis Anda dengan Bantuan Ivosights!

Apabila Anda tertarik memiliki akun WhatsApp verified, Anda dapat mendaftarkannya melalui Ivosights. Ivosights merupakan WhatsApp Business Solution Provider atau partner resmi WhatsApp Business API di Indonesia yang memiliki perhitungan yang jelas dan sangat menguntungkan bisnis Anda. Registrasi WhatsApp Business API di Ivosights memakan waktu 5-7 hari kerja dan 2-3 hari kerja untuk mendaftarkan nomor dan display name WhatsApp Business Official. WhatsApp Business API yang disediakan Ivosights terdiri dari dasbor yang lengkap untuk pengiriman pesan, serta dasbor integrasi CRM dengan fitur laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami