5 Alasan Mengapa Kita Membutuhkan IP Telephony

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 10 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony menjadi salah satu perkembangan teknologi yang paling bermanfaat untuk umat manusia. Simak beberapa alasan mengapa kita membutuhkan IP Telephony disini"

Pada era modern saat ini, internet menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan untuk kegiatan sehari-hari. Dengan internet, kita bisa melakukan banyak hal yang pada zaman dahulu tidak bisa dilakukan, seperti berbelanja secara daring, berkomunikasi menggunakan panggilan video, hingga berkenalan dengan orang lain secara virtual melalui aplikasi dan media sosial. Perubahan zaman ini membuat banyak kemajuan mutakhir yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan oleh umat manusia. Kita jadi sangat dimudahkan dalam segala bentuk dan urusan sehingga tidak ada lagi keterbatasan yang harus dihadapi terutama pada bidang komunikasi. Salah satu teknologi yang memiliki peran penting dalam hubungan dan interaksi manusia yang ada pada internet adalah keberadaan IP Telephony.

IP Telephony dan Penjelasannya

Menurut Techopedia, IP Telephony dirancang untuk menggantikan infrastruktur telekomunikasi dari jaringan data publik sirkuit yang dialihkan (CSPDN) dan jaringan telepon yang dialihkan publik (PSTN) dengan jaringan komunikasi IP yang dialihkan paket.

Dalam solusi IP Telephony konsumen, aplikasi softphone IP Telephony dan koneksi Internet backend memungkinkan komunikasi suara dan data, seperti menelpon dan mengirim faks. Seorang pengguna dapat memanggil pengguna softphone lain, mengirim atau menerima faks dan bahkan berkomunikasi dengan layanan circuit switched dan komunikasi seluler.

Baca Juga: Top 5 Industri yang Membutuhkan Layanan IP Telephony

Dalam lingkungan perusahaan, IP Telephony diimplementasikan melalui IP Telephony fisik yang bekerja di atas infrastruktur jaringan IP. Firmware bawaan IP Telephony menyediakan fungsionalitas lengkap untuk memulai dan mengelola komunikasi telepon. Selain itu, IP Telephony juga mendukung komunikasi video antara dua atau lebih pengguna. Sedangkan, Voice over Internet Protocol (VoIP), implementasi IP Telephony yang juga populer, hanya mendukung komunikasi suara melalui jaringan IP.

Lebih lanjut, kita bisa melihat beberapa contoh terdekat mengenai IP Telephony yang ada di sekitar kita yaitu softphone yang kita gunakan sehari-hari. Anda pasti terbiasa menggunakan aplikasi untuk melakukan tukar pesan, bertelepon, maupun melakukan panggilan video, bukan? Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan bagian dari IP Telephony, yakni softphone. Contohnya ada banyak, beberapa diantaranya adalah LINE, Cisco Webex, hingga WhatsApp. Dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut, kegiatan kita dalam melakukan panggilan video dan suara menjadi lebih mudah dan terkondisi.

Alasan Mengapa Kita Membutuhkan IP Telephony

Berikut ini, kami akan membahas beberapa alasan mengapa kita membutuhkan IP Telephony, terutama pada era modern saat ini. Simak penjelasan berikut:

  • Memudahkan Urusan Pekerjaan

Banyak bidang pekerjaan saat ini sudah tidak lagi mengharuskan kita untuk pergi ke kantor. Perkembangan teknologi dan internet yang pesat memudahkan orang dalam urusan pekerjaan sehingga tidak lagi harus mengeluarkan banyak uang untuk transportasi dan bensin. Ada banyak jenis pekerjaan di seluruh dunia yang bisa dilakukan secara remote atau jarak jauh sehingga bisa dilakukan tanpa harus pergi ke kantor seperti pekerjaan pada umumnya.

Hal ini bisa dan dapat terjadi secara nyata salah satunya karena IP Telephony memiliki peran yang cukup penting dan besar dalam hal ini. Adanya teknologi yang memungkinkan manusia untuk melakukan komunikasi dari jarak jauh dengan hanya mengandalkan internet tapi bisa terhubung dan tersambung adalah karena adanya aplikasi dan jaringan IP Telephony. Singkatnya, salah satu alasan mengapa kita membutuhkan IP Telephony adalah untuk memudahkan urusan pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari.

  • Mempermudah Komunikasi

Seperti yang kita ketahui, saat ini komunikasi antar manusia sudah semakin membaik karena ada banyaknya teknologi yang menunjang berbagai macam aplikasi untuk mempermudah kegiatan ini. Komunikasi saat ini bisa dijalankan karena adanya IP Telephony yang membuat banyak orang dapat terhubung hanya dengan internet dan bisa melakukan panggilan suara dan video tanpa harus melakukan kontak fisik secara langsung. Untuk itu, alasan selanjutnya mengapa kita membutuhkan IP Telephony adalah untuk mempermudah komunikasi.

Baca Juga: Jenis-Jenis Keamanan yang Digunakan untuk IP Telephony

  • Untuk Bidang Pendidikan

Pandemi Covid-19 merupakan salah satu penyebaran virus yang besar yang mengharuskan banyak pihak untuk berhenti melakukan kontak langsung dengan dunia luar, salah satunya adalah pelajar dan tenaga kependidikan. Meruginya banyak kampus dan murid membuat seluruh dunia harus mencari solusi terbaik agar pendidikan dapat berjalan secara normal meskipun tanpa adanya aktivitas di dalam kelas secara langsung.

Untuk itu, peran IP Telephony dalam hal ini sangat besar karena murid dan guru dapat melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan aplikasi yang memiliki jaringan IP Telephony yang memungkinkan untuk menyambungkan banyak pelajar dalam satu waktu. Bidang pendidikan sangat membutuhkan IP Telephony karena tanpa adanya teknologi dan jaringan ini, semua materi pendidikan akan tertinggal karena adanya pandemi.

  • Mengikuti Perkembangan Zaman

Perkembangan zaman yang pesat saat ini mau tidak mau harus diikuti oleh seluruh orang di dunia. Jika kita tidak mengikuti perkembangan, kita tentu akan tertinggal jauh dan menjadi terbelakang terutama pada bidang komunikasi. Adanya internet juga membuat orang bisa melakukan panggilan telepon dari jarak jauh tanpa melakukan registrasi pada nomor pribadi, hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa kita membutuhkan IP Telephony untuk mempermudah kegiatan sehari-hari.

IP Telephony singkatnya menjadi salah satu terobosan baru yang baik untuk seluruh umat manusia. Tanpanya, kita saat ini masih belum bisa melakukan komunikasi dari jarak jauh melalui panggilan suara dan video dan hanya bisa bergantung pada keterbatasan telepon konvensional. Itulah 5 alasan mengapa kita membutuhkan IP Telephony. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami