Media Sosial Apa yang Cocok Untuk Bisnis Saat Ramadan? Simak Disini!

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 31 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Pemilik bisnis banyak mengandalkan media sosial agar produk atau barang yang mereka jual lebih laku saat Ramadan"

Saat ini, perkembangan bisnis yang semakin maju lantaran peningkatan dalam bidang teknologi memudahkan banyak pemilik bisnis untuk mengembangkan karirnya dalam hal memproduksi barang atau layanan jasa. Media sosial adalah salah satu bentuk perkembangan teknologi yang membuat banyak pemilik bisnis memanfaatkan platform tersebut untuk berjualan karena memiliki banyak pengguna. Ramadan juga menjadi salah satu faktor utama media sosial ramai dengan pengguna dan menjadi salah satu alasan lainnya pemilik bisnis mengembangkan bisnisnya disini. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya disini.

Alasan Mengapa Media Sosial Cocok untuk Berbisnis

  • Memiliki Banyak Pengguna

Salah satu alasan utama mengapa media sosial sangat cocok untuk berbisnis adalah karena memiliki banyak pengguna. Saat ini, media sosial memiliki banyak keberagaman umur yang memakainya sehingga bisa disesuaikan dengan berbagai macam audiens untuk bisnis. Hal ini sangat menguntungkan karena dengan menggunakan media sosial, kegiatan berbisnis mampu menarik banyak pelanggan setia baru.

  • Pasar yang Besar untuk Berbagai Macam Bisnis

Pengguna media sosial sangat beraneka ragam, mulai dari memiliki umur yang berbeda-beda, selera yang bermacam-macam, hingga memiliki asal dari banyak tempat. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa media sosial sangat cocok untuk berbisnis karena memiliki pasar yang besar untuk berbagai macam bisnis.

Baca Juga: Pahami Fitur Early Alert Notification pada Aplikasi Digital Monitoring

  • Mudah Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan salah satu hal yang penting bagi sebuah bisnis jika ingin diketahui oleh publik dan dipercaya jika memiliki banyak produk atau barang yang baru. Untuk itu, menggunakan media sosial merupakan hal yang tepat untuk membangun dan meningkatkan brand awareness agar bisnis yang dijalani bisa jauh lebih dikenal oleh masyarakat.

  • Memiliki Banyak Influencer 

Influencer memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah promosi bisnis. Memiliki kepercayaan dan power yang cukup untuk mengendalikan minat pengikutnya, influencer menjadi hal yang diandalkan oleh bisnis. Media sosial memiliki banyak influencer yang bisa dijadikan sebagai promotor yang bisa disesuaikan dengan budget atau pengeluaran bisnis.

  • Memiliki Fitur-Fitur yang Berfungsi Meningkatkan Penjualan

Media sosial memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Beberapa diantaranya adalah tagar, trend terbaru, dan profile views.

3 Rekomendasi Media Sosial untuk Berbisnis

  • TikTok

Rekomendasi pertama untuk media sosial yang cocok untuk berbisnis adalah TikTok. Aplikasi berbentuk video sesuai preferensi yang kita inginkan muncul di beranda ini memiliki berbagai macam fitur yang sangat bermanfaat untuk berjualan, salah satunya adalah Anda bisa memasukkan bisnis atau jualan Anda pada profil akun bisnis sehingga pengikut ataupun orang-orang yang mengunjungi akun Anda bisa mengetahui bahwa Anda memiliki usaha. Selain itu, TikTok juga memiliki banyak tren yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis.

  • Instagram

Instagram juga memiliki banyak peluang untuk meningkatkan bisnis karena di media sosial yang satu ini selain memiliki tagar agar postingan bisnis dilihat banyak orang, ada banyak influencer yang menggunakan aplikasi ini sehingga bisa juga dimanfaatkan untuk peluang promosi bisnis.

  • Facebook

Facebook masih juga memegang tahta salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan aplikasi media sosial yang satu ini untuk peluang bisnis yang lebih laku dan lancar. Anda juga bisa memasukkan bisnis Anda kesini karena Facebook memiliki fitur untuk berjualan.

Cara Mengetahui Media Sosial yang Cocok untuk Berbisnis saat Ramadan

  • Lakukan Digital Monitoring

Digital monitoring merupakan hal yang paling utama untuk dipikirkan jika ingin bisnis yang dijalani bisa aman dan terkendali. Pemilihan media sosial yang cocok untuk bisnis bisa dilakukan dengan digital monitoring.

  • Sesuaikan dengan Target Audiens

Sesuaikan target audiens bisnis Anda dengan media sosial mana yang cocok. Anda harus mempertimbangkan apakah jika Anda memilih untuk melakukan promosi bisnis di sebuah platform media sosial akan memiliki banyak peminat atau tidak.

Baca Juga: Istilah dalam Digital Monitoring, Wajib Tahu!

  • Pilih Media Sosial yang Memiliki Potensi Menguntungkan bagi Bisnis saat Ramadan

Bisnis saat Ramadan merupakan suatu hal yang sangat menguntungkan jika memilih media sosial yang tepat. Untuk itu, pilihlah media sosial yang memiliki potensi menguntungkan bagi bisnis saat Ramadan.

  • Lihat Media Sosial Mana yang Sering Menjadi Perbincangan saat Ramadan

Saat Ramadan, ada beberapa media sosial yang sering menjadi perbincangan, salah satunya adalah TikTok. Untuk itu, pilihlah media sosial yang sering menjadi perbincangan saat Bulan Ramadan agar bisnis menjadi lebih untung.

Gunakan Ripple10 untuk Digital Monitoring yang Lebih Baik!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami