Tingkatkan Efisiensi Bisnis dengan Integrasi Media Monitoring Tools ke CRM

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 03 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Media Monitoring Tools. Shutterstock.

"Integrasi media monitoring tools dengan CRM dapat memudahkan operasi kerja perusahaan, meningkatkan efisiensi, dan membantu mencapai kesuksesan bisnis"

Ada banyak sekali hal yang harus dilakukan suatu perusahaan untuk dapat mencapai kesuksesan bisnis. Salah satunya adalah menggunakan berbagai teknologi canggih untuk membantu operasi bisnis mereka. Dua jenis teknologi yang sering digunakan untuk hal ini adalah media monitoring tools dan CRM (Customer Relationship Management). Namun, tahukah Anda bahwa media monitoring tools dan CRM tidak hanya bisa digunakan secara terpisah, melainkan bisa diintegrasikan? Simak artikel ini untuk mengetahui cara-cara integrasi media monitoring tools dengan CRM!

Apa Itu Media Monitoring Tools?

Media monitoring tools atau alat monitor media adalah suatu perangkat lunak yang dirancang untuk melacak, mengumpulkan, dan menganalisis informasi dari berbagai media mengenai topik, merek, atau peristiwa tertentu. Media monitoring tools digunakan untuk memahami bagaimana pandangan publik terhadap suatu topik dan dapat digunakan oleh bisnis untuk membentuk strategi pemasaran yang efektif.

Manfaat Penggunaan Media Monitoring Tools untuk Bisnis

  • Memahami Pelanggan dengan Lebih Mendalam

Media monitoring tools dapat membantu bisnis memahami pelanggan mereka secara lebih mendalam. Media monitoring tools dapat mengumpulkan data pelanggan dari berbagai kanal dan situs web. Selain itu, beberapa media monitoring tools juga dilengkapi oleh fitur analisis audiens yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan analisis terkait audiens mereka. Dengan data ini, perusahaan dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta mendapatkan data segmentasi pelanggan. Hal ini akan membantu perusahaan memahami pelanggan mereka dengan lebih baik.

  • Memantau Sentimen Pelanggan

Media monitoring tools juga dapat membantu perusahaan memantau sentimen atau pandangan pelanggan terhadap merek dagang mereka. Dengan fitur sentiment analysis, media monitoring tools memungkinkan perusahaan untuk mengetahui bagaimana pandangan atau opini pelanggan terhadap produk, jasa, dan merek dagang mereka. Sentimen pelanggan yang positif adalah hal yang harus dijaga agar perusahaan dapat mempertahankan brand reputation yang baik.

  • Memonitor Tren dan Peluang

Media monitoring tools juga dapat memudahkan perusahaan untuk melakukan monitor tren dan peluang. Perusahaan dapat mengakses fitur-fitur seperti trend analysis dan fitur untuk riset pasar yang ada di media monitoring tools. Dengan fitur-fitur ini, perusahaan dapat memantau tren yang sedang naik dan juga perubahan pasar. Perusahaan kemudian dapat menggunakan data ini untuk mengidentifikasi peluang bisnis yang cocok bagi mereka.

  • Memonitor Aktivitas Kompetitor

Media monitoring tools juga memungkinkan perusahaan untuk memonitor aktivitas kompetitor mereka. Kebanyakan media monitoring tools hadir dengan fitur competitor analysis yang memungkinkan perusahaan untuk memantau kampanye pesaing bisnis. Dengan mengetahui aktivitas pesaing, perusahaan dapat menyesuaikan strategi bisnis mereka agar dapat mempertahankan posisi di dunia bisnis yang kompetitif.

  • Membangun dan Menjaga Brand Awareness

Manfaat terakhir dari penggunaan media monitoring tools pada bisnis adalah memungkinkan perusahaan untuk membangun dan menjaga brand awareness. Dengan media monitoring tools, perusahaan dapat memantau berbagai percakapan online terkait merek mereka beserta sentimen dan tanggapan publik mengenai hal itu. Perusahaan dapat memastikan bahwa brand mereka tetap dibicarakan di dunia daring dalam konteks yang positif. Hal ini akan membantu mengenalkan dan menyebarluaskan merek dagang ke publik.

Baca Juga: Kenali Social Media Monitoring Tools: Definisi, Manfaat, dan Fungsi

Cara Integrasi Media Monitoring Tools dengan CRM

  • Mengidentifikasi kata Kunci dan Mention yang Relevan

Untuk mendapatkan data dengan media monitoring tools, pengguna perlu memasukkan kata kunci yang tepat. Perusahaan dapat memanfaatkan data hubungan pelanggan dari CRM untuk mengetahui kata kunci yang relevan dengan merek mereka dan memasukkan kata kunci tersebut ke dalam media monitoring tools untuk mendapatkan insight yang dibutuhkan. Di sisi lain, perusahaan juga dapat menggunakan data dari media monitoring tools untuk penguatan hubungan pelanggan dan memantaunya melalui CRM.

  • Melakukan Segmentasi Pelanggan

Perusahaan juga dapat melakukan segmentasi pelanggan dengan media monitoring tools dan CRM. Media monitoring tools memungkinkan perusahaan untuk memahami pelanggan dengan lebih baik, mengelompokkan mereka berdasarkan perilaku, kebutuhan, keinginan, dan sentimen. Data ini dapat diintegrasikan dengan CRM untuk membentuk profil pelanggan yang tersegmentasi. Selain itu, data hasil pencarian di media monitoring tools ini juga dapat menjadi bahan untuk melakukan komunikasi yang efektif dan relevan dengan pelanggan. Lebih dari itu, perusahaan juga dapat menggunakan media monitoring tools untuk mengetahui data seputar influencer atau siapapun yang sering membicarakan merek mereka. Mereka kemudian dapat menggunakan CRM untuk menghubungi influencer ini dan melakukan kolaborasi untuk kampanye promosi yang lebih baik.

  • Menanggapi Krisis dengan Cepat

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengintegrasikan media monitoring tools dengan CRM adalah integrasi untuk manajemen krisis yang cepat. Perusahaan dapat menggunakan media monitoring tools untuk memantau sentimen pelanggan terhadap merek dagang mereka. Dengan begitu, perusahaan dapat dengan mudah mengidentifikasi jika ada sentimen negatif yang muncul pada pencarian media monitoring tools. Setelah mengidentifikasi masalah, perusahaan dapat melakukan proses penyelesaian masalah sesegera mungkin. Hal ini termasuk membantu pelanggan menyelesaikan masalah dan menanggapi keluhan mereka dengan melakukan komunikasi dan interaksi yang baik. Dalam konteks ini, perusahaan dapat memanfaatkan CRM untuk menampung dan menangani keluhan pelanggan.

  • Menguatkan Komunikasi dan Interaksi dengan Pelanggan

Integrasi antara media monitoring tools dan CRM juga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kekuatan hubungan pelanggan mereka, meningkatkan kualitas komunikasi dan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan. Dengan media monitoring tools, perusahaan dapat mengetahui percakapan pelanggan di dunia digital yang relevan dengan produk atau layanan yang mereka tawarkan. Perusahaan juga dapat menggunakan media monitoring tools untuk melakukan segmentasi pelanggan dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan baik. Data-data ini dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dan interaksi dengan pelanggan yang tepat sasaran, seperti mengirimkan pesan promosi produk ke audiens yang tepat. Perusahaan dapat menggunakan data dari media monitoring tools untuk melakukan pengelolaan hubungan pelanggan yang sesuai melalui CRM.

Dapatkan Media Monitoring Tools Terbaik: Ripple10 dari Ivosights!

Penggunaan media monitoring tools dan CRM merupakan bentuk upaya mengembangkan bisnis di era digital ini. Integrasi antara keduanya ternyata memiliki banyak manfaat yang dapat membantu memudahkan operasi bisnis suatu perusahaan secara optimal. Jika Anda mencari media monitoring tools yang dapat membantu operasi bisnis Anda, Ripple10 adalah jawabannya! Ripple10 adalah media monitoring tools terdepan di Indonesia dengan berbagai fitur inovatif dan juga kemampuan integrasi dengan platform CRM. Hubungi Ivosights sekarang juga dan dapatkan Ripple10, media monitoring tools terdepan dengan kemampuan integrasi CRM yang optimal!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami