Jenis-Jenis Marketing Campaign untuk Mempromosikan Bisnis Perusahaan

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 12 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Marketing campaign. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Marketing campaign. Shutterstock

"Marketing campaign adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produk mereka dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, minat, dan pembelian"

Pada era digital saat ini, promosi produk dan jasa kini tidak hanya dilakukan melalui iklan konvensional seperti televisi, radio, dan koran. Marketing campaign kini dapat diterapkan melalui media sosial, email, dan search engine yang tersedia di internet. Sebagai salah satu strategi pemasaran yang memiliki efektivitas tinggi, marketing campaign memiliki berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan target market dan tujuan campaign bisnis perusahaan. Jasa pun tidak hanya dilakukan melalui iklan konvensional seperti televisi, radio, atau koran saja. Marketing campaign juga bisa dilakukan melalui media sosial, email, atau mesin pencari di internet. Sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif, marketing campaign memiliki berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan tujuan dan target pasar dari suatu bisnis perusahaan. Dengan memilih jenis marketing campaign yang tepat dan mengoptimalkannya dengan baik, perusahaan dapat meningkatkan visibilitas dan kesadaran merek, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan bahkan meningkatkan penjualan produk atau jasa.

Pengertian Marketing Campaign

Marketing campaign atau kampanye pemasaran adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, minat, dan pembelian dari target pasar. Sebuah kampanye pemasaran dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti iklan televisi, radio, surat kabar, majalah, media sosial, atau email.

Dalam marketing campaign, perusahaan memiliki tujuan yang spesifik seperti meningkatkan penjualan, memperkenalkan produk baru, meningkatkan brand awareness, atau mempertahankan posisi pasar. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan akan membuat strategi pemasaran yang tepat dan memilih media yang efektif untuk menjangkau target pasar.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kampanye pemasaran yang efektif antara lain adalah pemilihan target pasar yang tepat, penyusunan pesan yang jelas dan menarik, memilih media yang tepat, memonitor dan mengevaluasi hasil kampanye, serta melakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas sesuai dengan kebutuhan pasar.

Baca Juga: Kenali Campaign: Pengertian, Manfaat dan Fungsinya!

Jenis-Jenis Marketing Campaign

  • Media Tradisional

Jenis marketing campaign yang menggunakan media tradisional  menerapkan cara konvensional yang masih relevan hingga saat ini. Campaign melalui media tradisonal tentu akan menggunakan televisi, radio, iklan di media cetak, billboard, dan berbagai cara lain. Dengan menggunakan media tradisional, jangkauan iklan kepada pelanggan akan tersampaikan secara luas. Tetapi campaign jenis ini juga memiliki kekurangan yaitu biaya yang dikeluarkan sangatlah mahal. Sehingga perusahaan perlu mengeluarkan budget lebih untuk menggunakan kampanye ini.

  • Brand Awareness Increased

Campaign brand awareness increased berfokus kepada membangun dan memperkuat pengetahuan publik terhadap eksistensi produk dan jasa dari bisnis perusahaan. Baik perusahaan berskala kecil hingga perusahaan berskala besar harus meningkatkan brand awareness mereka. Tujuannya yaitu untuk menjaga popularitas dari brand perusahaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan aktif di media sosial perusahaan, baik itu Instagram, Twitter, Tiktok, atau media lainnya. Hal ini akan membantu pelanggan mengetahui keberadaan bisnis perusahaan dan mereka bisa mempertimbangkan untuk membeli produk bisnis perusahaan.

  • Brand Launch

Dalam brand launch campaign, perusahaan akan mempromosikan brand yang mereka kelola untuk meningkatkan kesadaran calon pelanggannya. Perusahaan harus memasang iklan, menawarkan diskon menarik, serta menyebarkan informasi di media sosial agar pelanggan tertarik mencoba produk dari brand perusahaan.

  • Seasonal

Apabila perusahaan ingin mencoba menerapkan seasonal push campaign, ketahuilah kalau marketing campaign ini biasanya cocok digunakan di musim-musim tertentu saja. Perusahaan harus menerapkan perencanaan matang dan eksekusi yang baik agar campaign ini dapat sukses di masyarakat. Salah satu contoh dari seasonal campaign adalah diskon dan promo buka puasa ketika bulan Ramadan tiba.

  • Product Launch

Jenis marketing campaign yang satu tidak jauh berbeda dengan brand launch. Bedanya yang ditonjolkan dalam campaign ini yaitu menyampaikan informasi mengenai peluncuran produk baru sesuai dengan target pasar yang perusahaan tuju. Pelanggan nantinya akan mengetahui mengenai produk tersebut sehingga membuat mereka tertarik untuk membeli dan menggunakannya

Baca Juga: Cek Keberhasilan Campaign Marketing dengan Digital Monitoring Tools!

  • Email Marketing

Dengan perusahaan menggunakan email marketing campaign, hubungan bisnis dan pelanggan dapat berlangsung harmonis. Perusahaan hanya tinggal mengirimkan email kepada pelanggan untuk menawarkan dan memberikan informasi seputar penjualan, diskon, kupon, dan lain-lain.

  • Contest Marketing Campaign

Contest marketing campaign merupakan salah satu jenis campaign yang perusahaan terapkan dengan cara memberikan kontes atau kuis kecil-kecilan untuk mempromosikan produk mereka. Contoh sederhananya adalah bisnis yang mengadakan kontes dengan syarat memposting ulang di insta story media sosial masing-masing. Marketing campaign ini dapat meningkatkan brand awareness pelanggan terhadap produk perusahaan.

Gunakan Aplikasi Digital Monitoring Terbaik untuk Pantau Marketing Campaign!

Marketing campaign merupakan salah satu strategi penting dalam mempromosikan bisnis perusahaan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan perilaku konsumen yang semakin kompleks, pengelolaan marketing campaign tidak lagi cukup hanya dengan mengandalkan pengalaman dan intuisi semata. Diperlukan alat bantu untuk memantau dan mengoptimalkan hasil dari campaign yang dilakukan. Misalnya dengan penyedia jasa comprehensive analytics untuk memberikan rekomendasi strategi campaign yang tepat berdasarkan pengolahan data percakapan digital.

Ripple10 dengan fitur comprehensive analytics-nya mampu membantu perusahaan dalam mengetahui sentimen publik terhadap brand, mengetahui topik perbincangan publik di media sosial, hingga mengelola data percakapan publik untuk dianalisis. Hal ini akan mempermudah perusahaan dalam menentukan marketing campaign terbaik untuk meningkatkan penjualan produk, Ivosights sebagai penyedia layanan customer engagement terbaik dapat membantu perusahaan dalam melakukan digital monitoring untuk strategi bisnis. Hubungi Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami