Implementasi Omnichannel pada Industri Pariwisata: Sistem CRM Terbaik

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 22 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.

"Perusahaan yang beroperasi dalam sektor pariwisata bisa memanfaatkan teknologi Omnichannel untuk meningkatkan sistem CRM. Baca selengkapnya di artikel ini."

Indonesia menawarkan beragam destinasi wisata dari Sabang hingga Merauke, menjadikannya sebagai negara yang kaya akan objek wisata. Fenomena ini memperkuat industri pariwisata sebagai salah satu sektor yang paling menjanjikan di Indonesia. Para pelaku bisnis dalam industri ini, mulai dari pemilik hotel atau resor, agen perjalanan, hingga pemandu wisata, menjadikan kepuasan pelanggan dan pemberian layanan sebagai parameter kesuksesan bisnis mereka. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk memberikan servis terbaik adalah dengan memanfaatkan perangkat lunak Customer Relationship Management atau CRM. 

Apa itu CRM Software?

Customer Relationship Management atau CRM merupakan alat bantu yang dimanfaatkan perusahaan untuk menjaga hubungan dan meningkatkan komunikasi dengan pelanggan. Dengan menjaga interaksi yang positif, pebisnis dapat memperkuat loyalitas pelanggan yang juga berdampak pada peningkatan penjualan dan profitabilitas. Untuk membangun sistem CRM terbaik, perusahaan kini lebih banyak mengimplementasikan teknologi omnichannel. Konsep ini mengacu pada penggabungan berbagai jenis perangkat lunak menjadi satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu. Integrasi sistem dalam CRM di sini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan dan dukungan kepada pelanggan suatu merek.

Salah satu contoh aplikasi CRM Omnichannel dari Indonesia adalah Sociomile Omnichannel. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan penyedia solusi bisnis, Ivosights. Dengan sistem Omnichannel, Sociomile berhasil menggabungkan 13 saluran digital dan suara dalam satu dashboard. Beberapa contoh saluran digital dalam aplikasi CRM ini termasuk Facebook, WhatsApp, E-Mail, Instagram, Line, dan lain-lain. Selain itu, Sociomile juga dilengkapi dengan fitur bot dan call center untuk meningkatkan kinerja.

Manfaat Implementasi CRM Terbaik pada Industri Pariwisata

  • Membuat Perusahaan Memenuhi Customer Satisfaction

Implementasi CRM Omnichannel membuat karyawan dapat merespon segala macam keluhan, pertanyaan, hingga saran dari pelanggan secara maksimal. Dengan sistem integrasi 13 kanal digital dan voice, karyawan tidak perlu berpindah antar kanal digital dalam memberikan respon tersebut. Sehingga, waktu yang dihabiskan cenderung jauh lebih sedikit, sementara kinerja yang diberikan jauh lebih maksimal. Efisiensi tersebut berguna untuk menjamin kepuasan pelanggan atau customer satisfaction.

  • Mengurangi Beban Kerja Karyawan

Beban kerja yang terlalu berat dapat membuat kinerja karyawan menurut. Akan tetapi, apabila Anda mengimplementasikan CRM Omnichannel, Anda dapat mengatur alur dan beban kerja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Hal ini memungkinkan dikarenakan CRM Omnichannel dilengkapi fitur custom workflow. Tak hanya itu, dasbor tersebut juga memiliki fleksibilitas tinggi sehingga karyawan dapat mengaksesnya dari mana saja, termasuk dari rumah.

  • Sistem Pemantauan Dasbor yang Mudah

CRM Omnichannel pada umumnya memiliki fitur laporan harian, mingguan, serta bulanan. Laporan ini berisi pemantauan kinerja agen secara langsung, sekaligus data percakapan yang masuk pada software. Fitur tersebut dapat memudahkan perusahaan untuk memantau aktivitas pelanggan dan mengidentifikasi bagian yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan dari perusahaan mereka.

Baca Juga: Manfaat dan Contoh Penerapan CRM Bagi Perusahaan 

Implementasi Omnichannel: Sistem CRM Terbaik pada Industri Pariwisata

Perusahaan yang bergerak di industri hospitality dan pariwisata dapat menerapkan sistem CRM Omnichannel dengan dalam beberapa aspek, yaitu sebagai berikut:

  • Sistem Kanal Digital yang Terintegrasi

Sistem kanal digital yang terintegrasi pada CRM Omnichannel dapat dimanfaatkan untuk berbagai aspek operasional pada bisnis yang bergerak di bidang pariwisata. Seperti menyediakan informasi mengenai fasilitas, produk, jenis layanan, dan lain-lain. Pelanggan dapat menyampaikan berbagai pertanyaan, saran, atau permasalahan dengan efektif dan langsung mendapatkan respon yang cepat dengan software tersebut.

  • Strategi Pemasaran yang Dipersonalisasi

Bisnis di bidang pariwisata dapat membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan preferensi dan kebiasaan pelanggan yang terdeteksi pada CRM Omnichannel. Software ini juga memiliki fitur bernama Automatic Scheduled Content yang dapat digunakan untuk mengatur konten pemasaran dengan terstruktur dan efisien.

  • Integrasi dengan Social Media Listening Tools

Selain mengoptimalkan contact center, perusahaan di bidang pariwisata dapat menjaga reputasi brand dengan sistem integrasi CRM dengan Social Media Listening Tools. Tools tersebut berguna untuk mengetahui sentimen masyarakat terkait brand, mengetahui aktivitas kompetitor, mendeteksi krisis digital, hingga mendeteksi persebaran geografis pelanggan.

  • Penyebaran Informasi secara Masif dan Langsung

CRM Omnichannel memiliki fitur broadcast yang dapat digunakan pebisnis untuk menyebarkan informasi secara massal. Informasi ini dapat berupa tawaran paket berlibur, produk terbaru, hingga informasi penting lainnya. Dengan menggunakan fitur tersebut, perusahaan dapat memperbesar jangkauan pelanggan dan informasi juga akan tersampaikan dengan efisien. 

  • Bot yang Aktif 24 Jam

CRM Omnichannel dilengkapi dengan fitur bot yang memungkinkan pelanggan mendapatkan informasi tanpa perlu melakukan percakapan digital dengan manusia, melainkan dengan mesin atau artificial intelligence (AI). Perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata dapat menggunakan fitur bot untuk menyiapkan Frequently Asked Question atau pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan. Sehingga, sistem komunikasi akan jauh lebih mudah. Fitur bot itu juga dapat diakses selama 24 jam. 

  • Penerimaan Feedback dari Pelanggan

Memahami tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan layanan yang disediakan adalah salah satu faktor kunci dalam memajukan bisnis serta meningkatkan kualitas layanan. Dengan menerapkan sistem CRM Omnichannel yang handal, perusahaan dapat dengan lancar menghimpun testimonial atau bahkan melaksanakan survei guna mendapatkan feedback dari pelanggan.

Baca Juga: Tools Apa Saja yang Dapat Disambungkan ke CRM? Cek Disini!

CRM Omnichannel dari Ivosights: Solusi Komunikasi Efektif pada Industri Pariwisata

Sociomile adalah suatu sistem CRM Omnichannel yang berupa contact center yang mengintegrasikan berbagai macam saluran digital dalam satu dasbor dan didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) bernama Sociobot. Platform ini tidak hanya mempermudah akses karyawan ke pusat kontak secara efisien, tetapi juga menjadi solusi bagi perusahaan untuk membangun interaksi dan hubungan yang positif dengan pelanggan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi Ivosights untuk melangkah menuju bisnis dengan operasional yang efisien!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami