Perbedaan Key Opinion Leader dan Influencer yang Perlu Anda Ketahui

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 10 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Key opinion leader. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Key opinion leader. Shutterstock

"Key opinion leader dan Influencer keduanya memiliki tujuan untuk mempromosikan produk dan jasa dari perusahaan. Namun, ingin tahu letak perbedaan keduanya?"

KOL atau Key Opinion Leader dan influencer seringkali digunakan secara bergantian dalam konteks pemasaran melalui media digital. Kedua istiliah ini seringkali dianggap sama padahal keduanya memiliki perbedaan yang perlu dipahami lebih lanjut lagi. Dengan memahami perbedaan antara key opinion leader dan influencer, Anda dapat mengetahui mana yang lebih cocok untuk membantu perusahaan Anda melakukan pemasaran produk sesuai dengan tujuaan dan strategi perusahaan. Berikut perbedaan yang perlu kalian ketahui mengenai key opinion leader dan Influencer

Pengertian Key Opinion Leader dan Influencer

Key opinion leader adalah individu yang dianggap sebagai pakar dalam suatu industri dan bidang tertentu, seperti ahli kecantikan, dokter, atau ahli digital marketing. Key opinion leader memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas terkait bidan yang mereka kuasai. Pengaruhnya juga cukup besar dalam komunitas dan audiens di bidang tersebut. Key opinion leader seringkali dipilih oleh brand untuk membantu menginformasikan dan memberikan pandangan ahli terkait produk dan layanan brand.

Sedangkan influencer adalah individu yang memiliki pengikut dan audiens besar di media sosial atau platform digital lainnya. Mereka memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian dan perilaku konsumen. Influencer seringkali bekerja sama dengan merek untuk mempromosikan produk atau jasa. Tujuannya untuk membantu meningkatkan brand awarenes, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan.

Baca Juga: Influencer: Keuntungan, Kekurangan, dan Tips Memilihnya

Perbedaan antara Key Opinion Leader dan Influencer

Key opinion leader dan Influencer merupakan dua hal yang berbeda dalam dunia digital marketing. Berikut perbedaan antara key opinion leader dan Influencer yang perlu Anda ketahui: 

  • Pengetahuan dan Kredibilitas

Key opinion leader biasanya memiliki keahlian khusus dan pengalaman luas dalam industri dan bidang tertentu. Mereka dapat dikatakan sebagai pakar dalam bidang keahlian mereka sehingga mempunyai kredibilitas yang tinggi. Oleh karena itu, key opinion leader memiliki pengetahuan yang lebih tinggi dan mampu memberikan pandangan yang berkualitas mengenai produk dan layanan yang mereka pasarkan. Sedangkan influencer biasanya tidak memiliki keahlian khusus dalam dalam industri tertentu, tetapi mereka memiliki pengikut yang banyak serta mampu memasarkan produk dengan cara yang kreatif.

  • Fokus

Key opinion leader memiliki fokus memberikan pandangan atau informasi mengenai produk dan layanan perusahaan. Sedangkan influencer berfokus mempromosikan produk melalui konten yang menarik. Key opinion leader biasanya akan bekerja sama dengan merek untuk memberikan perspektif yang lebih dalam dan objektif mengenai produk mereka. Influencer akan memfokuskan promosi konten yang dikemas secara menghibur.

  • Jenis Konten

Jenis konten yang dibuat key opinion leader biasanya bersifat edukatif, informatif, dan dikemas secara mendalam. Mereka akan membagikan konten setelah melakukan analisis dan sesuai dengan fakta yang ada. Influencer biasanya membuat konten yang menarik perhatian serta menghibur sehingga pesan yang disampaikan pun lebih mudah diingat oleh followers mereka.

  • Audiens

Key opinion leader biasanya memiliki audiens yang lebih kecil fokusnya hanya pada target pasar tertentu. Mereka mampu membantu merek menjangkau target pasar yang spesifik dengan pengaruhnya. Sedangkan influencer cenderung memiliki audiens yang lebih besar dan umum. Mereka mampu membantu merek menjangkau audiens yang besar. Tetapi sayangnya influencer tidak memiliki target pasar tertentu dan segmentasi pengaruhnya tidak kuat

  • Cara berkomunikasi

Key opinion leader biasanya melakukan komunikasi satu arah dengan audiens mereka, sedangkan influencer melakukan komunikasi dua arah agar lebih dekat dengan followers-nya karena adanya interaksi secara langsung melalui sosial media.

  • Tarif

Terkait dengan tarif yang dipasang, mereka biasanya memasang tarif yang rendah bahkan bisa tidak dibayar sama sekali. Karena key opinion leader biasanya juga memiliki agenda tersendiri seperti ingin melakukan campaign yang memang searah dengan produk yang perusahaan tawarkan untuk dipromosikan. Sedangkan influencer memiliki tarif yang bervariasi dengan terikat perjanjian kerja untuk mempromosikan brand tersebut.

Baca Juga: Yuk, Perkuat Bisnis dengan Kolaborasi, Salah Satunya dengan Influencer

  • Media komunikasi

Key opinion leader biasanya menggunakan media komuniksi televisi, radio, dan media cetak untuk mempromosikan produk. Tetapi tidak menutup kemungkinan mereka menggunakan sosial media untuk mempromosikan produk. Sedangkan influencer menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dan media sosial untuk mempromosikan produk.

Pantau Performa Key Opinion Leader dan Influencer Anda dengan Ripple10!

Itulah perbedaan antara key opinion leader dan Influencer yang perlu Anda ketahui. Meskipun berbeda, tetapi kedua hal ini mampu membantu brand Anda untuk semakin dikenal masyarakat dengan caranya masing-masing. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan jasa key opinion leader dan Influencer, Anda juga dapat menggunakan platform Ripple10 untuk memantau performa key opinion leader dan Influencer Anda!

Ripple10 dari Ivosights merupakan platform yang mampu memberikan analisis mengenai performa key opinion leader dan influencer secara mudah dan efektif. Anda dapat mengukur efektivitas kampanye dan mengumpulkan data mengenai brand anda dari berbagai platform sosial media. Tertarik untuk menggunakan Ripple10? Segera hubungi Ivosights sekarang juga untuk penawaran yang lebih menarik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami