Influencer: Keuntungan, Kekurangan, dan Tips Memilihnya

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 29 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Influencer. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Influencer. Shutterstock.

"Influencer memiliki banyak keuntungan yang berguna untuk bisnis. Simak kekurangan dan tips untuk memilih agar bisnis lebih lancar"

Influencer merupakan bagian dari masyarakat yang saat ini keberadaannya bisa mempengaruhi minat, sikap, dan ketertarikan masyarakat terhadap suatu hal. Influencer juga sangat diandalkan oleh orang-orang karena mereka memfokuskan terhadap suatu bidang sehingga konten atau hal-hal yang mereka lakukan menjadi suatu standar. Dalam artikel ini, kamu akan mendapat beberapa penjelasan singkat mengenai keuntungan, kekurangan, dan tips untuk memilih influencer agar bisnis yang kamu jalani bisa jauh lebih laku dan lancar.

Penjelasan Mengenai Influencer

Influencer merupakan seseorang yang memiliki fokus terhadap bidang tertentu dan ahli dalam hal tersebut. Mereka biasanya memiliki pengikut tetap dan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam bidang yang mereka geluti. Influencer memiliki power tersendiri dalam beberapa hal karena mereka mampu mengendalikan kepercayaan dan pemikiran pengikutnya terhadap apa yang mereka lakukan.

Influencer biasanya terdiri dari berbagai macam bidang, beberapa diantaranya adalah bidang kecantikan, makanan, olahraga, hingga elektronik. Bukan hanya artis, influencer saat ini juga bisa berasal dari kalangan orang biasa. Influencer memiliki pengaruh karena beberapa hal, seperti; pengikut yang banyak, omongan mereka yang bisa dipercaya, hingga pamor mereka yang terus naik lantaran banyak dibicarakan oleh masyarakat.

Baca Juga:Tips Memilih Influencer untuk Bisnis Saat Ramadan

Keuntungan Influencer untuk Bisnis

  • Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness bagi sebuah bisnis adalah hal yang sangat penting. Hal ini karena menentukan pengetahuan masyarakat terhadap bisnis tersebut agar dikenal dan dipercaya. Lebih lanjut, brand awareness juga akan menimbulkan perbincangan di kalangan masyarakat sehingga mampu menjadikan bisnis tersebut jauh lebih laku dan meningkatkan penjualan serta keuntungan. Untuk itu, penggunaan ini bisa meningkatkan brand awareness pada bisnis Anda.

  • Menambah Peluang untuk Pelanggan Setia Baru

Influencer memiliki setidaknya ribuan pengikut yang dimana jika Anda membutuhkan jasa mereka untuk mempromosikan produk atau barang dari bisnis Anda, akan ada penambahan peluang untuk pelanggan setia baru dari para pengikut mereka. Untuk itu, tidak ada salahnya menggunakan jasa influencer untuk kepentingan bisnis.

  • Meningkatkan Reputasi Bisnis

Influencer memiliki kemampuan untuk sebuah bisnis kecil agar bisa meningkatkan reputasi bisnis tersebut. Para pengikut ersebut biasanya akan membeli atau tertarik terhadap produk yang sedang dipromosikan oleh influencer tersebut sehingga hal ini bisa meningkatkan reputasi bisnis.

  • Dikenal oleh Masyarakat

Kebanyakan influencer memiliki reputasi yang luas dan dikenal oleh masyarakat. Hal ini bisa Anda manfaatkan agar bisnis Anda dikenal oleh masyarakat.

Kekurangan Influencer untuk Bisnis

  • Promosi Bisnis yang Kurang

Salah satu kekurangan memakai influencer adalah promosi bisnis yang terkadang kurang sehingga tidak menarik banyak peminat.

  • Peningkatan Penjualan Tidak Bisa Dipastikan

Hal lain yang menjadi kekurangan dari penggunaan influencer adalah peningkatan penjualan yang tidak bisa dipastikan. Hal ini karena keinginan para pengikut dari influencer tersebut tidak bisa dikendalikan.

  • Topik Konten yang Terbatas

Terkadang, para influencer memiliki topik terbatas untuk promosi sebuah brand. Hal ini tentunya sedikit merugikan pemilik bisnis karena video promosi yang dilakukan menjadi kurang menarik.

  • Kesalahan Influencer Bisa Membuat Citra Brand Buruk

Bukan sekali dua kali kesalahan influencer membuat sebuah citra brand menjadi buruk. Stigma yang ada di kalangan masyarakat terhadap influencer yang sudah memiliki citra buruk juga akan merambat ke semua produk atau barang yang mereka promosikan.

Tips Memilih Influencer untuk Bisnis

  • Gunakan Digital Monitoring

Digital monitoring akan membantu Anda dalam menentukan influencer yang akan Anda pakai jasanya. Kegiatan ini juga akan membantu Anda untuk memilih influencer yang tepat dan sesuai dengan bisnis yang dijalani.

  • Lihat Reputasi Influencer

Reputasi influencer harus dijadikan pertimbangan utama agar bisnis yang Anda jalani terkena dampak positifnya. Hindarilah memilih influencer yang memiliki reputasi yang buruk dan dihindari oleh masyarakat.

  • Sesuaikan Budget

Tidak semua influencer memiliki harga yang terjangkau untuk setiap promosi yang akan mereka lakukan. Untuk itu, sesuaikan budget untuk bisnis Anda.

Yuk, Gunakan Ripple10 untuk Digital Monitoring Agar Bisa Memilih Influencer Terbaik untuk Bisnis saat Ramadan!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami