Kenali Jenis-Jenis IP Telephony Disini!

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 07 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony memiliki beberapa jenis yang akan membantu kegiatan Anda sesuai fungsi masing-masing. Yuk, kenali beberapa jenisnya disini"

Internet memiliki banyak manfaat dan fungsi yang akan memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai macam hal. Saat ini, internet sudah menjadi sumber terbaik dalam menggantikan hal-hal di dunia nyata, seperti berbelanja, melakukan temu virtual, hingga hal-hal penting seperti belajar dan bekerja secara daring. Singkatnya, manusia saat ini sudah belajar beradaptasi dengan hal-hal ini dan mulai mengambil alih agar kegiatan sehari-hari dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan pengeluaran yang banyak. Komunikasi yang terjalin antar sesama juga semakin dimudahkan karena adanya teknologi yang membuat kemungkinan manusia untuk melakukan panggilan suara dan video tanpa penghalang apapun.

IP Telephony dan Fungsinya

IP Telephony mengacu pada sistem telepon apa pun yang menggunakan koneksi internet untuk mengirim dan menerima data suara. Tidak seperti telepon biasa yang menggunakan telepon rumah untuk mengirimkan sinyal analog, IP Telephony terhubung ke internet melalui router dan modem. IP Telephony pertama yang tersedia untuk umum tiba di pasaran pada awal tahun 1995. Namun, dibandingkan dengan sistem telepon standar, kualitas audionya rendah dan harganya sangat mahal.

Sejak itu, teknologi telepon berbasis internet telah berkembang pesat. IP Telephony sekarang menawarkan kualitas suara HD, biaya operasional lebih murah, dan fitur telepon bisnis canggih dan kebutuhan akan investasi di muka hampir tidak ada artinya. 

Dalam cara kerjanya, IP Telephony bekerja dengan memindai & mendeteksi sinyal suara analog individu dan mengubahnya menjadi sinyal digital. Kemudian, sinyal digital ini ditransmisikan melintasi garis besar dalam bentuk data. Dalam istilah yang lebih sederhana, IP Telephony bekerja dengan mengambil percakapan telepon dan merutekannya melalui sistem IP Telephony melalui kabel jaringan ke jaringan, lalu keluar, dan kemudian ke koneksi internet.

Baca Juga: Catat! Tanda-tanda Bisnis Anda Sudah Membutuhkan IP Telephony

Sebagai gantinya, kita dapat mengatakan bahwa IP Telephony menggunakan "protokol internet" untuk terhubung dan berkomunikasi melalui mode digital di internet. Dengan sistem ini, Anda dapat memilih teknologi ini daripada sistem telepon tradisional untuk meningkatkan komunikasi. Sederhananya, memanfaatkan koneksi internet, perangkat keras terkait (sistem telepon), dan aplikasi yang membuat komunikasi lebih efektif.

Lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa fungsi IP Telephony:

  •  Telepon sebagai Layanan

IP Telephony memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan sistem telepon Anda dengan aplikasi bisnis canggih lainnya seperti database pelanggan, email terintegrasi, dan bahkan operasi SMS. Teknologi IP memberi karyawan dan pelanggan alat yang mereka butuhkan untuk berinteraksi secara lebih efisien satu sama lain, yang menghasilkan hasil bisnis yang lebih besar dan peningkatan kepuasan pelanggan.

  • Mobilitas dan Skalabilitas

Jika kantor jarak jauh menjadi pertimbangan bagi perusahaan Anda, solusi IP Telephony harus dimiliki. Alih-alih memasang beberapa sistem telepon fisik, Anda cukup masuk ke antarmuka web sistem Anda dan menambahkan baris lain. Tanpa memerlukan perangkat keras telepon, kantor jarak jauh Anda dapat bergerak sepenuhnya dalam hitungan detik. Perusahaan dapat meningkatkan dan menurunkan skala komunikasi mereka dengan solusi IP.

  • Integrasi dengan Infrastruktur Saat Ini

Sistem IP Telephony juga dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem lama dan perangkat keras yang ada termasuk mesin faks, alarm, dan pembaca kartu kredit. Karena IP Telephony berintegrasi dengan aplikasi bisnis Anda, demikian juga sistem lawas Anda. Saat faks diperlukan, Anda dapat mengirim dan menerima faks melalui email. Saat Anda perlu mengirimkan data kartu kredit, Anda akan melihat peningkatan kecepatan melalui sistem telepon yang terhubung jaringan. Sistem IP menjaga hampir semuanya tetap sama sambil meningkatkan fungsionalitas dan produktivitas dalam proses bisnis utama Anda.

  • Transmisi Konten Multimedia

Sistem IP Telephony menawarkan lebih dari koneksi suara ke suara. Faktanya, sistem IP Telephony dilengkapi untuk menangani panggilan konferensi, panggilan video, dan rapat lainnya dimana streaming audio dan video secara bersamaan sangat penting. POTS dan sistem PBX lama tidak dapat menangani kebutuhan modern perusahaan global yang menjalankan bisnis lintas batas negara bagian dan negara. Sistem IP Telephony yang komprehensif menghilangkan redundansi perangkat lunak dan perangkat keras dengan menggabungkan semua kebutuhan konferensi ini menjadi satu solusi.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan IP Telephony di Masa Pandemi

  • Biaya Lebih Rendah Secara Signifikan

Pemasangan dan pemeliharaan sistem IP dapat dilakukan melalui insinyur jaringan internal, atau melalui mitra bisnis, jika Anda tidak ingin tanggung jawab untuk menyewa, dan mengelolanya. Sistem IP juga tidak memerlukan pembaruan perangkat keras atau fitur eksklusif. Jalur T-1 tradisional mengharuskan organisasi perusahaan untuk membayar saluran, bahkan saat tidak digunakan. Dengan trunking SIP (protokol inisiasi sesi), Anda hanya membayar untuk data yang Anda gunakan. Dan melalui trunking SIP Anda mendapatkan fitur audio, video, dan telekonferensi pribadi tanpa perlu membayar untuk saluran tambahan.

Anda juga dapat melakukan panggilan telepon internasional dan jarak jauh di sebagian kecil dari harga yang terkait dengan penggunaan POTS. Faktanya, panggilan telepon jarak jauh dan internasional menyumbang hampir setengah dari perkiraan biaya untuk perusahaan yang saat ini menggunakan VoIP.

Jenis-Jenis IP Telephony

  • IP PBX (Internet Protocol Private Branch Exchange)

Internet Protocol Private Branch Exchange (IP PBX) adalah sistem PBX yang dibangun di atas arsitektur berbasis IP untuk mengirimkan dan mengelola layanan komunikasi suara. IP PBX menyediakan telepon IP dan layanan peralihan antara jaringan telepon IP dan sistem jaringan telepon yang dialihkan publik (PSTN).

  • Softphone

Softphone adalah salah satu bentuk IP Telephony yang dimana Anda harus menginstal aplikasi di dalam ponsel atau laptop yang Anda miliki. Beberapa contoh aplikasi softphone adalah Skype, Line, dan Cisco Webex.

  • Hosted IP PBX

Hosted PBX adalah sistem telepon PBX virtual berbasis cloud yang menghadirkan layanan telepon yang aman dan andal untuk bisnis atau organisasi melalui koneksi Internet Anda alih-alih pengontrol panggilan atau server yang dikelola secara pribadi yang Anda miliki dan operasikan sendiri.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai IP Telephony, fungsi, dan jenisnya. Jika Anda ingin mengatur dan memasang jaringan Telephony untuk bisnis Anda, percayakan pada Ivosights! Kami memiliki layanan Sociomile yang akan membantu Anda dalam bidang ini. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami