Inilah 3 Jenis Perangkat Pendukung IP Telephony!

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 19 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock

"Ada beberapa perangkat yang mendukung penggunaan IP Telephony dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari."

Di zaman dulu, ketika berkomunikasi hanya dapat dilakukan secara langsung dengan bertatap muka. Namun, sekarang terdapat banyak sekali inovasi yang mengubah cara kita berkomunikasi, salah satunya adalah IP Telephony. Dengan IP Telephony, dapat berkomunikasi secara verbal tanpa harus berdekatan. Sistem ini memiliki beberapa perangkat pendukung untuk melakukan komunikasi online secara verbal. Perangkat-perangkat inilah yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya ketika sedang melakukan bisnis. Dengan adanya IP Telephony, komunikasi sehari-hari dan bahkan komunikasi untuk bisnis menjadi semakin mudah.

Pengertian IP Telephony

IP Telephony atau Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang mendukung komunikasi suara, video, serta data melalui jaringan internet dan menggunakan Internet Protocol (IP). Dalam IP Telephony, suara pengguna akan dikonversi menjadi paket data digital yang dikirim melalui jaringan IP. Panggilan telepon menggunakan koneksi internet dan dukungan IP Telephony membuat komunikasi lebih efisien dan hemat biaya.

Baca juga: Jangan Bingung! Ini Contoh Sederhana Penjelasan Apa Itu IP Telephony

Perangkat Pendukung Kinerja Sistem IP Telephony

Berikut ini adalah perangkat pendukung IP Telephony yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis Anda:

  • IP Phones

IP Phones adalah perangkat telepon yang terhubung langsung ke jaringan IP. Pembeda IP Phones dengan jaringan telepon konvensional adalah adanya koneksi internet yang terhubung. IP Phones menyediakan fitur-fitur seperti panggilan suara, konferensi, dan transfer panggilan yang bisa memudahkan kinerja bisnis.

Dalam kehidupan sehari-hari, IP Phones juga dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk berkomunikasi secara efisien melalui internet. Lebih simpelnya lagi, IP Phones adalah telepon yang menggunakan koneksi internet.

  • Softphones

Softphones adalah aplikasi perangkat lunak yang dapat di-install pada komputer, tablet, atau handphone. Softphones memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara dan video melalui komputer atau perangkat seluler. 

Dalam bisnis, softphones bisa digunakan agar pekerja jarak jauh tetap terhubung dengan tim mereka. Perangkat ini juga memudahkan mereka untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Dalam kehidupan sehari-hari, softphones memberikan fleksibilitas untuk berkomunikasi dari mana saja selama terhubung ke internet.

  • Private Branch Exchange (PBX)

PBX adalah sistem telepon internal yang digunakan untuk mengatur dan mengarahkan panggilan telepon. Dalam IP Telephony, diterapkan IP PBX untuk menggantikan PBX tradisional. IP PBX ini menggunakan IP Telephony untuk mengelola panggilan internal dan eksternal suatu bisnis.

Dengan IP PBX, bisnis akan mendapatkan berbagai fitur seperti panggilan internal gratis, panggilan konferensi, dan fitur kolaborasi lainnya. IP PBX juga dapat diintegrasikan dengan platform bisnis lainnya, seperti CRM (Customer Relationship Management).

Baca juga: IP Telephony dan Perannya untuk Masyarakat

Menjaga Keamanan Perangkat IP Telephony

Perangkat IP Telephony juga harus dijaga keamanannya untuk melindungi data dan informasi bisnis. Berikut adalah beberapa langkah untuk menjaga keamanan perangkat IP Telephony:

  • Menggunakan protokol keamanan

Pastikan perangkat IP Telephony menggunakan protokol keamanan seperti Secure Real-time Transport Protocol (SRTP) dan Transport Layer Security (TLS). Protokol ini memberikan enkripsi data dan melindungi panggilan dari pemantaun dan manipulasi oleh pihak tidak berwenang.

  • Menggunakan firewall

Pasang firewall yang dapat memantau dan mengontrol lalu lintas IP Telephony. Firewall dapat membatasi akses yang tidak sah dan melindungi jaringan dari ancaman keamanan.

  • Pembaruan perangkat lunak

Lakukan pembaruan perangkat lunak IP Telephony secara teratur. Dengan memperbarui perangkat lunak, bisnis dapat memperbaiki apabila ada kerentanan keamanan dan menjaga perangkat tetap aman.

  • Pengaturan sandi yang kuat

Pastikan perangkat IP Telephony dilindungi dengan kata sandi yang kuat dan unik untuk menjaga keamanan akses perangkat. Anda juga bisa mengubah kata sandi secara berkala untuk mencegah akses yang tidak sah.

  • Pelatihan pengguna

Berikanlah pelatihan kepada para pengguna tentang praktik keamanan yang baik. Edukasi tentang pentingnya menjaga kerahasiaan informasi sensitif dan memperhatikan tanda-tanda serangan keamanan. Pelatihan ini akan membantu mencegah insiden keamanan yang tidak diinginkan.

Dapatkan Sistem Call Center Telephony dengan Layanan Sociomile !

Dari pembahasan di atas, disimpulkan bahwa IP Telephony telah membawa perubahan terhadap cara berkomunikasi dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari. Dengan perangkat pendukung seperti IP Phones, Softphones, dan IP PBX komunikasi akan menjadi lebih efisien dan hemat biaya. Namun, penting juga bagi Anda untuk menjaga keamanan perangkat-perangkat ini dengan menerapkan langkah-langkah keamanan yang tepat. Selain perangkat yang terlindungi, data dan informasi bisnis juga aman dari ancaman keamanan.

Anda juga harus memerhatikan penyedia layanannya juga untuk memastikan keamanan, efektivitas, dan keunggulan IP Telephony. Salah satu layanan call center yang menggunakan IP Telephony adalah Sociomile. Selain keamanannya terjamin, Sociomile menggunakan server lokal yang sudah memenuhi syarat OJK untuk call center pada bisnis keuangan. Tidak hanya itu, bahkan layanan ini sudah mengintegrasikan 13 kanal digital ke dalam satu dashboard utama. Dapatkan Sociomile hanya di Ivosight dan nikmati fitur-fitur unggulan yang ditawarkan lainnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami