IP Telephony dan Perannya untuk Masyarakat

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 08 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony memiliki peran yang besar untuk masyarakat. Yuk, simak penjelasannya disini"

IP Telephony memang sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Orang-orang saat ini sangat bergantung pada teknologi yang satu ini karena sangat memudahkan mereka untuk berkomunikasi dengan satu sama lain tanpa perlu berhadapan langsung. Akses yang diberikan oleh teknologi inovatif ini juga sangat berguna untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa IP Telephony, mungkin saat ini kita masih belum bisa melakukan panggilan suara dan telepon dengan sangat mudah dan harus melakukan panggilan suara dengan telepon konvensional yang kuno dan membutuhkan biaya yang besar. IP Telephony digunakan dalam berbagai macam bidang, yuk, simak penjelasannya disini!

Peran IP Telephony

  • Bidang Pendidikan

Kita semua disini tentu mengalami masa-masa kekhawatiran yang kelam pada saat pandemi Covid-19 menyerang. Semua hal menjadi harus dilakukan secara daring dan ada banyak ketertinggalan yang harus dihadapi oleh masyarakat pada saat itu. Sekolah dan kampus semua harus ditutup, dan pelajar harus melakukan libur yang tidak tahu kapan akan berakhir. Ini semua karena banyak hal dilakukan secara langsung dan bertatap muka sehingga saat pandemi berlangsung, ada banyak adaptasi yang harus dilakukan agar keadaan normal yang baru bisa diaplikasikan dalam masyarakat.

Bidang pendidikan saat itu termasuk ke dalam salah satu instansi yang terkena dampak terhebat saat pandemi. Bukan hanya karena sekolah dan kampus harus ditutup, tetapi melainkan karena banyaknya materi dan pelajaran yang harus disusul bagi tenaga pengajar agar mereka dapat mengejar ketertinggalan yang sudah dialami oleh para pelajar. Keadaan ini sangat kacau karena sudah lama sekali semenjak sekolah harus dilakukan di rumah dan keadaan darurat seperti Covid-19 menjadi hal yang tidak dapat dihindari.

Baca Juga: Catat! Tanda-tanda Bisnis Anda Sudah Membutuhkan IP Telephony

Sulitnya akses untuk kembali bersekolah juga membuat sekolah tidak dapat dibuka. Penyebaran virus yang begitu cepat juga membuat banyak pihak dan orang tua murid menjadi was-was agar anak-anak mereka tidak tertular oleh virus yang saat itu mematikan.

Namun, IP Telephony menjadi solusi yang berguna bagi masyarakat untuk bidang pendidikan. Hal ini karena IP Telephony memiliki banyak aplikasi yang mendukung jaringan ini untuk melakukan panggilan video dengan jumlah dan kapasitas yang besar sehingga berguna untuk dijadikan sebagai platform belajar mengajar. Selain itu, banyak fitur dan fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk disesuaikan dengan keadaan kelas, seperti papan tulis, pengirim, pesan, dan lain-lain. Peserta yang masuk kedalam room dalam aplikasi juga bisa berinteraksi dengan murid atau tenaga pengajar dengan menyalakan mikrofon atau mengirim pesan. Lebih lanjut, aplikasi yang menggunakan IP Telephony juga bisa diunduh dengan ponsel ataupun laptop sehingga bisa diatur sesuai dengan kapasitas barang elektronik sendiri-sendiri. Singkatnya, IP Telephony sangat berguna untuk bidang pendidikan dan berjasa untuk melanjutkan kelas maupun pertemuan yang mengandalkan tenaga pengajar.

  • Bisnis

Bisnis tentu saja memerlukan jaringan dan internet yang memudahkan pekerja dalam melakukan tugasnya. Sistem telepon lawas cenderung mengharuskan penggunanya untuk mengumpulkan seluruh muatan kabel di seluruh kantor. Ini adalah salah satu kelemahan terbesar dari saluran telepon tradisional. Itu juga salah satu kekurangan yang dapat diperbaiki oleh IP Telephony. Dengan sistem telepon berbasis internet, yang Anda perlukan untuk melakukan panggilan telepon hanyalah koneksi internet yang berfungsi.

Selain itu, ini mungkin alasan yang paling sering dikutip mengapa perusahaan dan bisnis beralih ke sistem IP Telephony. Singkatnya begini, jika ada peluang yang bisa mereka lakukan untuk menghemat uang, sebagian besar bisnis dan perusahaan akan mengambilnya. Meskipun perubahan ke IP Telephony mengharuskan setiap meja di kantor memiliki IP Telephony, sistem ini dapat diterapkan bahkan tanpa perangkat semacam itu, mengingat sebagian besar penyedia layanan VoIP juga menawarkan telepon lunak yang dapat dipasang di telepon pintar dan komputer.

Terlepas dari bagaimana Anda memilih untuk mengatasi masalah perangkat, intinya adalah bahwa mengubah ke layanan IP Telephony akan menghemat ratusan, bahkan milyaran uang setiap tahun jika dibandingkan dengan solusi bisnis yang digunakan pada zaman dahulu.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Menggunakan IP Telephony

  • Komunikasi Sehari-hari

Komunikasi sehari-hari tentu sangat dipermudah dengan adanya keberadaan IP Telephony. Saat ini, kehadiran aplikasi-aplikasi yang memiliki jaringan IP Telephony sangat beragam dan dibutuhkan oleh banyak orang. Ketergantungan yang positif ini tentu akan memudahkan banyak pihak untuk melakukan panggilan suara maupun video yang akan mendekatkan banyak pihak dalam satu waktu.

Terlebih, komunikasi sehari-hari yang didukung oleh IP Telephony juga memberikan banyak alasan mengapa orang harus melakukan sosialisasi yang baik dengan sesama agar mereka dapat menyelesaikan masalah dan memperbaikinya secepatnya. IP Telephony juga memiliki banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk berkomunikasi, beberapa diantaranya adalah Skype, Line, dan Cico Webex.

IP Telephony sangat memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Teknologi yang satu ini memiliki tempat yang spesial agar masyarakat bisa mendekatkan orang-orang terdekat yang jauh sehingga mampu menciptakan interaksi tanpa batas dan halangan. Itulah beberapa peran IP Telephony untuk masyarakat dalam bidang pendidikan, bisnis, hingga komunikasi sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Andalkan Ivosights!

Ivosights memiliki solusi bagi Anda yang ingin bisnisnya lancar dan berjalan dengan baik menggunakan layanan IP Telephony. Kami dapat membantu Anda dalam pengurusan pemasangan Telephony. Tunggu apalagi? Hubungi call center kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami