Memahami 4 Karakterisasi Pada Customer Oriented

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 17 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer oriented. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer oriented. Shutterstock.

"Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang menempatkan pelanggan sebagai fokus utama dalam bisnis dan berkomitmen memenuhi kebutuhan pelanggan"

Dalam bisnis, orientasi pada pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Seperti yang Anda ketahui, orientasi pada pelanggan atau customer oriented merupakan metode pendekatan yang berorientasi pada pelanggan di mana perusahaan menempatkan pelanggan tersebut dari awal hingga akhir dalam proses penjualan. Hal itu diperlukan, karena perusahaan yang baik adalah perusahaan yang menempatkan pelanggan sebagai fokus utama dalam bisnis dan berkomitmen memenuhi kebutuhan pelanggan. Berikut ini beberapa karakteristik pada customer oriented yang perlu Anda ketahui.

#1 Pelayanan Bersifat Customer-First

Dengan memahami karakteristik ini, perusahaan dapat memastikan bahwa agen customer service maupun customer relation officer menjalankan tugasnya dengan baik sesuai tanggung jawabnya. Tujuannya, agar pelanggan merasa puas dengan layanan yang mereka dapatkan. Terlepas dari tujuan dan target perusahaan untuk menjual produk ataupun jasa yang berujung pada peningkatan penjualan (sales growth), dengan adanya peningkatan kepuasan pelanggan hal ini akan berdampak pada perolehan keuntungan perusahaan.

#2 Memiliki Empati yang Tinggi

Jika perusahaan bisa merasakan apa yang pelanggan rasakan, maka hal ini akan berdampak kepuasan pelanggan. Berdasarkan studi, mayoritas pelanggan akan lebih mudah tertarik pada bisnis yang memiliki visi dan misi yang jelas serta empati yang sesuai dengan apa yang mereka rasakan. Empati disini juga menjadi faktor salah satu terwujudnya customer success.

#3 Follow Up

Karakteristik pada Customer Oriented selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu Follow Up. Perusahaan yang berorientasi pada pelanggan selalu melakukan tindak lanjut dengan pelanggan atau yang disebut dengan follow up, karena perusahaan yang baik umumnya ingin terus menjaga komunikasi dan hubungan dengan pelanggan. Interaksi dengan pelanggan ini dapat menjadi strategi relationship marketing yang jitu. Tujuannya, agar pelanggan memiliki keterikatan dengan perusahaan atau customer engagement. Loyalitas pelanggan pun akan tercipta. Selain itu, dengan adanya follow up diharapkan akan adanya feedback yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

#4 Ingin Memudahkan Pelanggan

Perusahaan yang berorientasi dengan pelanggan tentu memiliki tujuan memberikan kemudahan bagi pelanggan. Hal tersebut akan berpengaruh pada tingkat kepuasan pelanggan yang dimana mereka akan merasa terbantu dengan adanya kemudahan customer journey.

Itu dia beberapa karakteristik yang terdapat pada bisnis yang berorientasi pelanggan atau customer oriented. Karakteristik pada customer oriented ini berpacu pada kepuasan pelanggan yang meliputi pelayanan yang bersifat customer-first, mempunyai empati yang tinggi, melakukan tindakan follow up, dan selalu memiliki pemikiran untuk memudahkan aktivitas atau kegiatan pelanggan. Mari bergabung dengan Sociomile untuk membantu dalam perkembangan bisnis Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami