Seberapa Efektif Penggunaan Influencer? Simak Disini!

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 03 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Influencer. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Influencer. Shutterstock.

"Ada berbagai macam cara yang dilakukan oleh bisnis agar tetap berkembang dan laku. Simak seberapa efektifnya penggunaan influencer disini"

Influencer memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah promosi yang dilakukan oleh sebuah bisnis. Hal ini karena mereka memiliki fungsi agar produk atau hal yang ditawarkan oleh bisnis tersebut bisa laku dan dikenal oleh masyarakat. Banyak bisnis dari berbagai bidang mulai menggunakan influencer ini untuk mengembangkan bisnis mereka di media sosial. Namun, seberapa efektifnya penggunaan influencer ini? Yuk, simak penjelasannya disini.

Mengenal Influencer

Influencer merupakan seseorang yang memiliki fokus terhadap bidang tertentu dan ahli dalam hal tersebut. Mereka biasanya memiliki pengikut tetap dan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam bidang yang mereka geluti. Influencer memiliki power tersendiri dalam beberapa hal karena mereka mampu mengendalikan kepercayaan dan pemikiran pengikutnya terhadap apa yang mereka lakukan.

Media sosial adalah tempat yang menjadi lahan utama para influencer ini meluaskan bidang-bidang yang mereka kuasai. Hal ini menjadikan sebuah keuntungan yang cukup besar bagi pemilik bisnis karena produk, barang, atau layanan jasa yang mereka miliki bisa terkenal dan cukup luas untuk para pengguna media sosial. Selain itu, para influencer juga akan membuat para pengikut mereka mengetahui mengenai barang dari suatu bisnis sehingga kesempatan barang tersebut untuk laku menjadi sangat besar.

Baca Juga: Tips Memilih Influencer untuk Bisnis Saat Ramadan

Influencer dan Kelebihannya untuk Bisnis

  • Jauh Lebih Murah

Dibandingkan dengan membuat iklan di televisi atau menggunakan jasa lain untuk mempromosikan barang, penggunaan influencer jauh lebih murah untuk digunakan sebagai promotor untuk sebuah barang atau produk. Namun, ada juga beberapa influencer yang memiliki rate harga yang cukup tinggi sehingga pemilik bisnis harus memperhatikan ini sebelumnya.

  • Mempromosikan dengan Cara Mereka Sendiri

Satu hal yang menjadi kelebihan lain dari penggunaan jasa influencer adalah mereka bisa mempromosikan barang dengan cara mereka sendiri. Ini bisa menjadi satu keuntungan yang cukup besar bagi pemilik bisnis karena kekreatifan yang orang-orang tersebut miliki terkadang menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pelanggan.

  • Meningkatkan Reputasi Bisnis

Keuntungan lain dari penggunaan influencer adalah meningkatkan reputasi bisnis agar lebih mudah dipercaya dan dikenal luas oleh masyarakat. Influencer memiliki ‘power’ untuk menunjukkan ke masyarakat bahwa produk yang mereka gunakan merupakan barang yang bagus sehingga mereka harus membeli produk tersebut. Hal ini tentu saja meningkatkan reputasi bisnis agar semakin memperluas keuntungan.

Cara Mengukur Keefektifan Penggunaan Influencer dalam Mempromosikan Barang

  • Memiliki Tingkat Keuntungan yang Tinggi

Hal pertama yang harus dilihat untuk mengukur keefektifan penggunaan influencer untuk bisnis adalah apakah orang tersebut memiliki tingkat keuntungan yang tinggi jika mereka dibayar untuk mempromosikan barang. Selalu lihat apakah jumlah suka, komentar, dan views saat mereka sedang mempromosikan barang sama tingginya dengan konten-konten yang lain.

  • Seberapa Besar Pengaruh Influencer Tersebut di Masyarakat

Akan sangat percuma jika influencer yang ingin Anda ajak kerjasama tidak memiliki pengaruh yang cukup besar di masyarakat. Hal ini juga menjadikan sebuah titik dan cara mengukur yang tepat seberapa efektif penggunaan influencer bagi bisnis Anda.

Baca Juga: Influencer: Keuntungan, Kekurangan, dan Tips Memilihnya

  • Lihat Review dari Brand-Brand Lain

Salah satu cara mengukur tingkat keefektifan penggunaan influencer adalah dengan melihat review yang diberikan oleh brand-brand lain. Apakah influencer tersebut memiliki dampak yang besar untuk bisnis dan memiliki tingkat keuntungan yang besar atau tidak.

Yuk, Gunakan Digital Monitoring Ripple10 untuk Memilih Influencer Terbaik Bagi Bisnis Anda!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami