Tips Memilih Influencer untuk Bisnis Saat Ramadan

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 21 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Influencer. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Influencer. Shutterstock.

"Influencer memiliki peranan penting dalam mempromosikan suatu bisnis. Yuk, intip beberapa tips memilih influencer untuk bisnis saat Ramadan"

Saat mempromosikan produk atau barang, pemilik bisnis biasanya melangsungkan iklan yang akan disebarkan, seperti di televisi, media sosial, hingga koran. Promosi yang dilakukan tersebut bertujuan untuk menyebarkan produk kepada masyarakat lewat iklan serta bertujuan untuk memberikan sebuah ‘pengumuman’ kepada masyarakat. Selain membuat iklan, di zaman yang sudah modern ini, pemilik bisnis juga mengandalkan influencer untuk mempromosikan produk mereka. Saat Ramadan, influencer bisa memberikan peluang besar agar bisnis jauh lebih laku. Yuk, simak tips memilih influencer untuk bisnis saat Ramadan!

Keuntungan Menggunakan Influencer untuk Bisnis

Dilansir dari Brightedge, influencer adalah orang yang dianggap ahli dalam suatu bidang khusus yang memiliki pengikut tetap. Dalam kehidupan nyata, orang-orang mempercayai pendapat mereka, dan dengan demikian dukungan mereka memiliki bobot dan dampak yang cukup besar. Ada minat yang tumbuh pada para ahli yang memiliki pengaruh dan kehadiran sosial yang besar melalui media sosial. Yuk, simak keuntungan menggunakan influencer untuk bisnis.

  • Memiliki Keahlian dalam Mempromosikan Barang

Influencer memiliki banyak keahlian, salah satunya adalah mempromosikan barang. Ini adalah salah satu keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan influencer untuk keperluan bisnis. Dengan dipromosikannya barang atau produk yang Anda jual akan menambah banyak peluang untuk mendapatkan pelanggan setia baru. Ditambah, influencer akan mempromosikan barang kepada pengikut mereka sehingga akan berdampak pada keinginan secara individual untuk mengikuti sang influencer dalam memakai atau membeli sebuah produk.

Baca Juga: Cara Memahami Audiens dengan Digital Monitoring Report

  • Populer Di Kalangan Masyarakat

Salah satu keuntungan bagi bisnis jika menggunakan influencer adalah kepopulerannya di kalangan masyarakat. Hal ini akan sangat menguntungkan karena kepopuleran tersebut bisa menambah penghasilan untuk bisnis Anda jika mempromosikan produk atau barang kepada influencer tersebut. 

  • Memiliki Dampak yang Besar untuk Bisnis

Alasan lain penggunaan influencer untuk bisnis adalah memiliki dampak yang cukup besar bagi keuntungan dan larisnya sebuah produk atau barang. Hal ini disebabkan karena banyak influencer yang dikenal dan populer di masyarakat hingga produk yang diiklankan lewat para influencer akan memiliki dampak besar untuk bisnis. Selain melariskan penjualan, influencer juga memiliki peluang untuk membuat bisnis yang Anda jalani dikenal di kalangan masyarakat sehingga mampu menaikkan brand awareness terhadap brand.

  • Membuat Banyak Peluang Produk Jadi Laku Terjual

Beberapa influencer memiliki kemampuan persuasif yang luar biasa sehingga membuat banyak orang tertarik terhadap produk yang sedang mereka promosikan. Ini bisa saja karena kepopuleran influencer tersebut atau karena kreativitas yang mereka miliki dalam mempromosikan sebuah barang atau produk sehingga pelanggan bisa dengan mudah untuk terpengaruh.

Tips Memilih Influencer untuk Bisnis Saat Ramadan

  • Lakukan Digital Monitoring

Digital monitoring merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan sebelum memilih influencer untuk bisnis Anda. Saat Ramadan, akan ada banyak influencer yang populer dan dibicarakan masyarakat karena konten mereka yang menarik saat bulan puasa. Dengan melakukan digital monitoring, Anda dapat dengan mudah memantau influencer apa saja yang memiliki peluang untuk membuat bisnis Anda lebih laku saat Ramadan.

Baca Juga: Ini Cara Lakukan Digital Monitoring di Twitter, Wajib Tahu!

  • Sesuaikan dengan Media Sosial yang Ingin Dijadikan Lahan Promosi

Setiap media sosial memiliki influencernya masing-masing. Anda perlu memperhatikan dimana media sosial tersebut yang akan memberikan dampak positif terhadap bisnis yang Anda jalani. Pilihlah media sosial yang sekiranya bisa memberikan banyak peluang untuk mendapatkan pelanggan setia baru sehingga bisnis Anda dapat lebih banyak mendapat perhatian dan produk bisa lebih laku terjual.

  • Sesuaikan Budget Pengeluaran

Perlu diperhatikan bahwa setiap influencer memiliki rate harga yang berbeda-beda. Anda perlu menyesuaikan budget yang dimiliki sehingga bisa melakukan kontrak dengan influencer yang sesuai. Biasanya, setiap influencer memiliki rate harga berbeda untuk setiap postingan, mulai dari foto, video, hingga Instagram Stories. Untuk itu, pilihlah influencer yang memiliki rate harga yang sesuai dengan budget bisnis yang Anda miliki.

  • Melihat Reputasi Influencer

Masyarakat tentu lebih percaya terhadap influencer yang memiliki reputasi yang baik dan bagus selama ini. Mereka tentu tidak akan mau membeli barang atau produk yang dipromosikan oleh influencer bermasalah. Untuk itu, dalam menjual produk saat Ramadan, diperlukan untuk melihat reputasi influencer terlebih dahulu.

Yuk, Gunakan Ripple10 untuk Memantau Performa Influencer Bisnis Anda!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami