5 Fungsi dan Kekurangan Influencer untuk Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 16 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Influencer. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Influencer. Shutterstock.

"Influencer memiliki banyak manfaat untuk bisnis tetapi juga memiliki kekurangan. Simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini"

Influencer marketing menjadi semakin populer di kalangan bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Namun, seperti halnya metode pemasaran lainnya, influencer marketing memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima fungsi dan kekurangan influencer untuk bisnis, sehingga membantu Anda dalam mempertimbangkan apakah strategi ini cocok untuk bisnis Anda.

Penjelasan Influencer

Seorang influencer adalah individu yang memiliki kepopuleran dan pengaruh besar di media sosial, khususnya di platform seperti Instagram, TikTok, YouTube, atau Twitter. Mereka memiliki ribuan hingga jutaan pengikut yang aktif dan terlibat dengan konten yang mereka bagikan, yang membuat mereka dianggap sebagai sumber informasi yang dipercayai oleh pengikut mereka. Dalam dunia bisnis, influencer sering dimanfaatkan sebagai bagian dari strategi pemasaran untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Karena pengikut influencer mempercayai mereka sebagai sumber informasi, rekomendasi dan endorsement dari influencer dapat membantu bisnis menjangkau khalayak yang lebih luas dan menarik perhatian calon konsumen.

Fungsi Influencer untuk Bisnis

  • Membantu Meningkatkan Kesadaran Merek

Dengan memanfaatkan pengaruh dan jangkauan influencer, bisnis dapat meningkatkan kesadaran merek mereka dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripada melalui iklan konvensional.

Baca Juga: Yuk, Approach Influencer dengan WhatsApp Business

  • Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Pengikut influencer mempercayai rekomendasi dan endorsement yang diberikan oleh mereka, sehingga dapat membantu membangun kepercayaan konsumen terhadap merek atau produk tertentu.

  • Meningkatkan Penjualan

Dengan mempromosikan produk atau layanan kepada audiens yang relevan dan terlibat, influencer dapat membantu meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis.

  • Membangun Hubungan dengan Konsumen

Influencer dapat membantu membangun hubungan yang lebih personal dengan konsumen, dengan memberikan konten yang berharga, menjawab pertanyaan dan memberikan dukungan.

  • Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Dengan bekerja dengan influencer dari berbagai industri atau niche, bisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan menarik perhatian konsumen yang berbeda.

Kekurangan Influencer untuk Bisnis

  • Tidak Selalu Efektif

Meskipun influencer dapat membantu meningkatkan kesadaran merek, membangun kepercayaan dan meningkatkan penjualan, tidak ada jaminan bahwa kampanye influencer akan berhasil setiap saat.

  • Biaya yang Tinggi

Beberapa influencer yang sangat populer dapat mematok harga yang sangat mahal untuk promosi merek atau produk. Biaya yang tinggi ini dapat menjadi sulit bagi bisnis kecil atau baru untuk menangani.

  • Kurangnya Kontrol

Meskipun bisnis dapat memberikan panduan tentang konten yang ingin mereka promosikan, influencer memiliki kebebasan untuk membuat konten sesuai dengan gaya dan pesan merek mereka sendiri. Hal ini dapat menyebabkan pesan yang berbeda dari yang diharapkan oleh bisnis.

Baca Juga: Influencer: Keuntungan, Kekurangan, dan Tips Memilihnya

  • Risiko Reputasi

Jika influencer terlibat dalam kontroversi atau melakukan sesuatu yang negatif, bisnis yang terkait dengan mereka juga dapat terkena dampak negatif.

  • Tingkat Terlibat yang Rendah

Meskipun influencer memiliki ribuan hingga jutaan pengikut, tidak selalu berarti pengikut tersebut akan terlibat dalam konten yang mereka bagikan atau membeli produk yang mereka promosikan.

Dapatkan Influencer yang Tepat dengan Digital Monitoring!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami